Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Dua Boccoe

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Dua Boccoe ”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang guru dalam mengelola kelas terhadap pencapaian tujuan pembelajaran di SMP Negeri 2 Dua Boccoe..
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peranan guru dalam pengelolaan kelas terhadap pencapaian tujuan pembelajaran di SMP Negeri 2 Dua Boccoe tidak terlepas dari peran guru dalam proses kegiatan: 1). Perencanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan: guru menyusun rencana pembelajaran, program mengajar di konsultasikan dengan kepala sekolah, penataan ruang kelas. 2). Memotivasi siswa meliputi: menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, siswa selalu diberi latihan-latihan soal, sekolah menyediakan fasilitas belajar yang memadai. 3). Membangun iklim pembelajaran yang meliputi: membangun kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran, guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, guru berusaha menyederhanakan materi pelajaran yang sulit, menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai, dan diselingi rasa humor. 4). Evaluasi proses pembelajaran yang meliputi: pada awal pembelajaran guru melaksanakan pertes begitu juga setelah pembahasan materi diadakan post tes, melaksanakan ulangan harian pemberian tugas dan ulangan akhir, menilai kemampuan siswa baik dari segi efektif, kognitif dan psikomotorik.
Tujuan pembelajaran yaitu: 1). Kognitif yang meliputi: pengetahuan tentang materi yang dipelajari, memahami materi pelajaran, menganalisa materi pelajaran, menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan.2). afektif yang meliputi: penerimaan, apresiasi (sikap menghargai), (internalisasi pendalaman), karaktirasasi. 3). Psikomotorik yang meliputi: keterampilan bergerak dan bertindak, kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal.
A.Simpulan
1.Peranan guru dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Dua Boccoe dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dalam pengelolaan kelas dilakukan guru dengan berbagai kegiatan yang meliputi: 1). Dalam Perencanaan pembelajaranseperti,; menyusun rencana program pembelajaran dan penataan ruang kelas. 2). Memotivasi siswa seperti; menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan fasilitas sekolah memadai yang menunjang proses pembelajaran. 3). membangun iklim pembelajaran seperti; membangun kerja sama siswa dalam pembelajaran, berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai dan diselingi rasa humor.
2.Tujuan pembelajaran di SMP Negeri 2 Dua Boccoe yaitu dilihat dari segi, 1). Kognitif meliputi; pengetahuan tentang materi yang dipelajari, memahami materi pelajaran, menganalisa materi pelajaran, menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan. 2). Afektif meliputi; penerimaan, apresiasi (sikap saling menghargai), internalisasi (pendalaman), karakterisasi. 3). Psiomotorik meliputi; keterampilan bergerak dan bertindak, kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal.
B.Saran
1.Para guru dan tenaga kependidikan untuk terus meningkatkan keprofesionalannya dalam melaksanakan profesinya sebagai guru khususnya dalam pengelolaan kelas guna pencapaian tujuan pembelajaran / pendidikan yang maksimal.
2.Bagi pemerintah kabupaten bone yang menangani masalah rekrutmen tenaga pengajar, disarankan agar dalam mengangkat tenaga pengajar hendaknya meperhatikan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing calon pendidik. Karena hal ini membantu dalam pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.
3.Untuk Peserta didik, agar selalu meningkatkan semangat belajarnya guna pencapaian prestasi belajar demi tercapainya cita-cita yang di inginkan.
Ketersediaan
ST20170119119/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

119/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top