Peranan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Melibatkan Stakeholder Dalam Pengelolaan Sekolah Di SMPN 1 Cenrana Kab.Bone
Tasmawati/02. 13. 3053 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Peranan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Melibatkan Stakeholder Dalam Pengelolaan Sekolah Di SMPN 1Cenrana Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaknitentangkompetensi sosial kepala sekolah, bentuk- bentuk keterlibatan stakeholder, dan kontribusi sosial kepala sekolah dalam melibatkan stakeholderdalam pengelolaan sekolah di SMPN 1 Cenrana Kab. Bone
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan penelitian asosiatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan adanya, komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para stakeholder yang baik dan terbuka, dan mau mendengarkan masukan dari para stakeholder.Selain itu kepala sekolah mampu melibatkan guru, staff, dan orang tua siswa dalam pengambilan keputusan, serta kepala sekolah mampu meberdayakan stakeholder yang ada di SMPN 1Cenrana.Bentuk- bentuk keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan sekolah di SMPN 1 Cenrana, yaitu, komite sekolah/ badan pembantu sekolah, yang mewakili orang tua siswa yang lainya dalam hal ini rapat komite, partisipasi dalam kegiatan sekolah, salah satu bantuk partisipasinya adalah menghadiri undangan baik itu undagan rapat, atau undangan lainya dari pihak sekolah. Kompetensisosialkepala SMPN 1 Cenrana telah berkontribusi positifdalammelibatkanstakeholder dalampengelolaansekolah. Hal tersebut dapatdilihatdengan adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan para stakeholder baik stakeholder internal maupun stakeholder eksternal, selain komunikasi yang baik kepala sekolah dan para stakeholder selalu berbagi informasi satu sama lain. Selain itu hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melibatkan stakeholder baik stakeholder internal, maupun stakeholder eksternal, dalam pengelolaan sekolah seperti dalam pengambilan keputusan kepala sekolah terlebih dahulu melakukan rapat dengan para stakeholder tersebut.
A.Simpulan
1.Kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan adanya, komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para stakeholder yang baik dan terbuka, dan mau mendengarkan masukan dari para stakeholder. Selain itu, kepala sekolah mampu melibatkan guru, staff, dan orang tua siswa dalam pengambilan keputusan, serta kepala sekolahmampu meberdayakanstakeholder yang ada di SMPN 1Cenrana.
2.Bentuk- bentuk keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan sekolah di SMPN 1 Cenrana, yaitu, komite sekolah/ badan pembantu sekolah, yang mewakili orang tua siswa yang lainya dalam hal ini rapat komite, partisipasi dalam kegiatan sekolah, salah satu bantuk partisipasinya adalah menghadiri undangan baik itu undagan rapat, atau undangan lainya dari pihak sekolah.
3.Kontribusi kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dalam melibatkan stakeholder dalam pengelolaan sekolah telah berkontribusi positif hal tersebut dapat dapat dilihat dengan adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan para stakeholder baik stakeholder internal maupun stakeholder eksternal. Selain komunikasi yang baik kepala sekolah dan para stakeholder selalu berbagi informasi satu sama lain, selain itu hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melibatkan stakeholder baik stakeholder internal, maupunstakeholder eksternal,dalam pengelolaan sekolah seperti dalam pengambilan keputusan kepala sekolah terlebih dahulu melakukan rapat dengan para stakeholder tersebut.
B.Implikasi
1.Kepala sekolah mempertahankan komunikasi yang baik dengan para guru dan staff serta orang tus siswa karena hal ini dapat memudahkan kepala sekolah dalam melakukan tugas dan tanggungjawabnya selaku kepala sekolah yang memegang kendali dari sekolah tersebut.
2.Dalam pengelolaan sekolah kepala sekolah, harus selalu mampu melibatkan para stakeholder baik stakeholder internal, maupun stakeholder eksternah, baik itu, dari segi pengambilan keputusan maupun dari segi pengelolaan terkait sekolah tersebut, hal ini dilakukan demi kemajuan dan perkembangan sekolah tersebut.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan penelitian asosiatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan adanya, komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para stakeholder yang baik dan terbuka, dan mau mendengarkan masukan dari para stakeholder.Selain itu kepala sekolah mampu melibatkan guru, staff, dan orang tua siswa dalam pengambilan keputusan, serta kepala sekolah mampu meberdayakan stakeholder yang ada di SMPN 1Cenrana.Bentuk- bentuk keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan sekolah di SMPN 1 Cenrana, yaitu, komite sekolah/ badan pembantu sekolah, yang mewakili orang tua siswa yang lainya dalam hal ini rapat komite, partisipasi dalam kegiatan sekolah, salah satu bantuk partisipasinya adalah menghadiri undangan baik itu undagan rapat, atau undangan lainya dari pihak sekolah. Kompetensisosialkepala SMPN 1 Cenrana telah berkontribusi positifdalammelibatkanstakeholder dalampengelolaansekolah. Hal tersebut dapatdilihatdengan adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan para stakeholder baik stakeholder internal maupun stakeholder eksternal, selain komunikasi yang baik kepala sekolah dan para stakeholder selalu berbagi informasi satu sama lain. Selain itu hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melibatkan stakeholder baik stakeholder internal, maupun stakeholder eksternal, dalam pengelolaan sekolah seperti dalam pengambilan keputusan kepala sekolah terlebih dahulu melakukan rapat dengan para stakeholder tersebut.
A.Simpulan
1.Kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan adanya, komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para stakeholder yang baik dan terbuka, dan mau mendengarkan masukan dari para stakeholder. Selain itu, kepala sekolah mampu melibatkan guru, staff, dan orang tua siswa dalam pengambilan keputusan, serta kepala sekolahmampu meberdayakanstakeholder yang ada di SMPN 1Cenrana.
2.Bentuk- bentuk keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan sekolah di SMPN 1 Cenrana, yaitu, komite sekolah/ badan pembantu sekolah, yang mewakili orang tua siswa yang lainya dalam hal ini rapat komite, partisipasi dalam kegiatan sekolah, salah satu bantuk partisipasinya adalah menghadiri undangan baik itu undagan rapat, atau undangan lainya dari pihak sekolah.
3.Kontribusi kompetensi sosial kepala SMPN 1 Cenrana dalam melibatkan stakeholder dalam pengelolaan sekolah telah berkontribusi positif hal tersebut dapat dapat dilihat dengan adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan para stakeholder baik stakeholder internal maupun stakeholder eksternal. Selain komunikasi yang baik kepala sekolah dan para stakeholder selalu berbagi informasi satu sama lain, selain itu hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melibatkan stakeholder baik stakeholder internal, maupunstakeholder eksternal,dalam pengelolaan sekolah seperti dalam pengambilan keputusan kepala sekolah terlebih dahulu melakukan rapat dengan para stakeholder tersebut.
B.Implikasi
1.Kepala sekolah mempertahankan komunikasi yang baik dengan para guru dan staff serta orang tus siswa karena hal ini dapat memudahkan kepala sekolah dalam melakukan tugas dan tanggungjawabnya selaku kepala sekolah yang memegang kendali dari sekolah tersebut.
2.Dalam pengelolaan sekolah kepala sekolah, harus selalu mampu melibatkan para stakeholder baik stakeholder internal, maupun stakeholder eksternah, baik itu, dari segi pengambilan keputusan maupun dari segi pengelolaan terkait sekolah tersebut, hal ini dilakukan demi kemajuan dan perkembangan sekolah tersebut.
Ketersediaan
| ST20170116 | 116/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
116/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
