Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di SD Negeri 51 Abbanuang Kec.Awangpone Kab. Bone
Muh. Syaifuddin sarjun/02. 13. 3043 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru SD Negeri 51 Abbanuang Kec.Awangpone Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni peranan kepala sekolah di SD Negeri 51 Abbanuang Kec. Awangpone, Kab. Bone dan kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 51 Abbanuang Kec. Awangpone, Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peranan kepala sekolah di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone tidak lepas dari peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dapat dikatakan baik. dilihat dari beberapa peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, 1) melakukan kerja sama yang baik dengan guru. 2) dapat mengembangkan kriteria guru. 3) memberikan tugas dan kegiatan yang baik kepada guru. 4) meningkatkan mutu pendidikan disekolah.
Kompetensi kepribadian guru di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat dari cara guru menanamkan visi dan misi kepada para peserta didik serta memberikan arahan sesuai ajaran islam. Selain itu, guru menjaga wibawa agar selalu atau tetap dihormati oleh siswa di sekolah tersebut. Kemudian membangun kerjasama yang baik dengan siswa agar tercipta hubungan yang sehat dan serasi antara guru dan pendidik/guru serta memperhatikan kebutuhan siswa demi kenyamanan bersama.
A.Simpulan
1.Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dapat dikatakan baik. dilihat dari beberapa peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, 1) melakukan kerja sama yang baik dengan guru. 2) dapat mengembangkan kriteria guru. 3) memberikan tugas dan kegiatan yang baik kepada guru. 4) meningkatkan mutu pendidikan disekolah.
2.Kompetensi kepribadian guru di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone. Hal ini dapa dikatakan baik dilihat dari cara guru menanamkan visi dan misi kepada para peserta didik serta memberikan arahan sesuai ajaran islam. Selain itu, guru menjaga wibawa agar selalu atau tetap dihormati oleh siswa di sekolah tersebut. Kemudian membangun kerjasama yang baik dengan siswa agar tercipta hubungan yang sehat dan serasi antara guru dan pendidik/guru serta memperhatikan kebutuhan siswa demi kenyamanan bersama.
B.Implikasi
1.Kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan kerja sama yang baik supaya tujuan yang ingin dicapai bisa berjalan dengan lancar.
2.Bagi pemerintah kabupaten bone yang menangani masalah rekrutmen tenaga pengajar, disarankan agar dalam mengangkat tenaga pengajar hendaknya meperhatikan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing calon pendidik. Karena hal ini membantu dalam pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peranan kepala sekolah di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone tidak lepas dari peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dapat dikatakan baik. dilihat dari beberapa peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, 1) melakukan kerja sama yang baik dengan guru. 2) dapat mengembangkan kriteria guru. 3) memberikan tugas dan kegiatan yang baik kepada guru. 4) meningkatkan mutu pendidikan disekolah.
Kompetensi kepribadian guru di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat dari cara guru menanamkan visi dan misi kepada para peserta didik serta memberikan arahan sesuai ajaran islam. Selain itu, guru menjaga wibawa agar selalu atau tetap dihormati oleh siswa di sekolah tersebut. Kemudian membangun kerjasama yang baik dengan siswa agar tercipta hubungan yang sehat dan serasi antara guru dan pendidik/guru serta memperhatikan kebutuhan siswa demi kenyamanan bersama.
A.Simpulan
1.Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dapat dikatakan baik. dilihat dari beberapa peranan yang dilakukan kepala sekolah meliputi, 1) melakukan kerja sama yang baik dengan guru. 2) dapat mengembangkan kriteria guru. 3) memberikan tugas dan kegiatan yang baik kepada guru. 4) meningkatkan mutu pendidikan disekolah.
2.Kompetensi kepribadian guru di SDN 51 Abbanuang Kec. Awangpone Kab. Bone. Hal ini dapa dikatakan baik dilihat dari cara guru menanamkan visi dan misi kepada para peserta didik serta memberikan arahan sesuai ajaran islam. Selain itu, guru menjaga wibawa agar selalu atau tetap dihormati oleh siswa di sekolah tersebut. Kemudian membangun kerjasama yang baik dengan siswa agar tercipta hubungan yang sehat dan serasi antara guru dan pendidik/guru serta memperhatikan kebutuhan siswa demi kenyamanan bersama.
B.Implikasi
1.Kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan kerja sama yang baik supaya tujuan yang ingin dicapai bisa berjalan dengan lancar.
2.Bagi pemerintah kabupaten bone yang menangani masalah rekrutmen tenaga pengajar, disarankan agar dalam mengangkat tenaga pengajar hendaknya meperhatikan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing calon pendidik. Karena hal ini membantu dalam pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.
Ketersediaan
| ST20170108 | 108/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
108/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
