Urgensi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Bone
Sulkarnain/02.15.3075 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang sistem pengelolaan sarana dan prasarana dan urgensi
pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di MAN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian
kualiatif (qualitatif research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan pedagogik,
management, psychological serta sosiology. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke
hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Sistem pengelolaan sarana dan
prasarana di MAN 1 Bone sudah sesuai dengan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana,
proses pengelolaan sarana dan prasarana di madrasah ini dari perencanaan, pengadaaan,
penyaluran, inventarisasi, penataan, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan, pengendalian
dan pelaporan, sarana yang ada disekolah di inventarisasikan kemudian langsung disalurkan,
kemudian penggunaannyapun sudah sesuai dengan jadwal masing-masing, dilihat dari sistem
perawatannya dilakukan secara rutin, dan masalah penghapusan, sekolah akan menyimpan
barang-barang yang tidak digunakan di dalam gudang, apabila memungkinkan masih bisa
digunakan, maka pihak sekolah akan memperbaiki kemudian digunakan kembali. Kedua,
Dalam meningkatkan proses pembelajaran di MAN 1 Bone dilihat dari faktor internal, faktor
eksternal, model pembelajaran dan startegi pembelajaran dapat dikatakan bahwa berjalan
dengan baik, terbukti dengan kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan standar sarana
dan prasarana, memanfaatkan sarana dan prasarana yang baik, mengingat sarana dan prasaran
memiliki peranan penting dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan dalam
meningkatkan proses pembelajaran yang ada di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Sistem pengelolaan sarana dan prasarana di MAN 1 Bone sudah sesuai
dengan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana, proses pengelolaan
sarana dan prasarana di madrasah ini dari perencanaan, pengadaaan,
penyaluran, inventarisasi, penataan, pemeliharaan, penyimpanan,
penghapusan, pengendalian dan pelaporan, sarana yang ada disekolah di
inventarisasikan kemudian langsung disalurkan, kemudian
penggunaannyapun sudah sesuai dengan jadwal masing-masing, dilihat dari
sistem perawatannya dilakukan secara rutin, dan masalah penghapusan,
sekolah akan menyimpan barang-barang yang tidak digunakan di dalam
gudang, apabila memungkinkan masih bisa digunakan, maka pihak sekolah
akan memperbaiki kemudian digunakan kembali.
2. Dalam meningkatkan proses pembelajaran di MAN 1 Bone dilihat dari
faktor internal, faktor eksternal, model pembelajaran dan strategi
pembelajaran dapat dikatakan bahwa berjalan dengan baik, terbukti dengan
kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan standar sarana dan
prasarana, memanfaatkan sarana dan prasarana yang baik, mengingat sarana
dan prasaran memiliki peranan penting dalam menunjang tercapainya tujuan
pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran yang ada di sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi pengelolaan sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka saran yang akan
peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk kepala bagian sarana dan prasarana agar kiranya lebih bisa
berkomunikasi kepada kepala sekolah dan komite dalam pemenuhan sarana
dan prasarana yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam
pemendiknas tentang standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki
sekolah tingkat SMA/MA.
2. Bagi guru diharapkan agar memanfaatan sarana dan prasarana dengan
sebaik-baiknya sesuai fungsinya sehingga dapat menunjang jalannya proses
pembelajaran.
3. Kesadaran sebagai personil sekolah terutama siswa harus memiliki rasa
tanggungjawab yang besar kepada sarana dan prasarana yang di sekolah.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang sistem pengelolaan sarana dan prasarana dan urgensi
pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di MAN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian
kualiatif (qualitatif research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan pedagogik,
management, psychological serta sosiology. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke
hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Sistem pengelolaan sarana dan
prasarana di MAN 1 Bone sudah sesuai dengan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana,
proses pengelolaan sarana dan prasarana di madrasah ini dari perencanaan, pengadaaan,
penyaluran, inventarisasi, penataan, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan, pengendalian
dan pelaporan, sarana yang ada disekolah di inventarisasikan kemudian langsung disalurkan,
kemudian penggunaannyapun sudah sesuai dengan jadwal masing-masing, dilihat dari sistem
perawatannya dilakukan secara rutin, dan masalah penghapusan, sekolah akan menyimpan
barang-barang yang tidak digunakan di dalam gudang, apabila memungkinkan masih bisa
digunakan, maka pihak sekolah akan memperbaiki kemudian digunakan kembali. Kedua,
Dalam meningkatkan proses pembelajaran di MAN 1 Bone dilihat dari faktor internal, faktor
eksternal, model pembelajaran dan startegi pembelajaran dapat dikatakan bahwa berjalan
dengan baik, terbukti dengan kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan standar sarana
dan prasarana, memanfaatkan sarana dan prasarana yang baik, mengingat sarana dan prasaran
memiliki peranan penting dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan dalam
meningkatkan proses pembelajaran yang ada di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Sistem pengelolaan sarana dan prasarana di MAN 1 Bone sudah sesuai
dengan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana, proses pengelolaan
sarana dan prasarana di madrasah ini dari perencanaan, pengadaaan,
penyaluran, inventarisasi, penataan, pemeliharaan, penyimpanan,
penghapusan, pengendalian dan pelaporan, sarana yang ada disekolah di
inventarisasikan kemudian langsung disalurkan, kemudian
penggunaannyapun sudah sesuai dengan jadwal masing-masing, dilihat dari
sistem perawatannya dilakukan secara rutin, dan masalah penghapusan,
sekolah akan menyimpan barang-barang yang tidak digunakan di dalam
gudang, apabila memungkinkan masih bisa digunakan, maka pihak sekolah
akan memperbaiki kemudian digunakan kembali.
2. Dalam meningkatkan proses pembelajaran di MAN 1 Bone dilihat dari
faktor internal, faktor eksternal, model pembelajaran dan strategi
pembelajaran dapat dikatakan bahwa berjalan dengan baik, terbukti dengan
kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan standar sarana dan
prasarana, memanfaatkan sarana dan prasarana yang baik, mengingat sarana
dan prasaran memiliki peranan penting dalam menunjang tercapainya tujuan
pendidikan dalam meningkatkan proses pembelajaran yang ada di sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi pengelolaan sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka saran yang akan
peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk kepala bagian sarana dan prasarana agar kiranya lebih bisa
berkomunikasi kepada kepala sekolah dan komite dalam pemenuhan sarana
dan prasarana yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam
pemendiknas tentang standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki
sekolah tingkat SMA/MA.
2. Bagi guru diharapkan agar memanfaatan sarana dan prasarana dengan
sebaik-baiknya sesuai fungsinya sehingga dapat menunjang jalannya proses
pembelajaran.
3. Kesadaran sebagai personil sekolah terutama siswa harus memiliki rasa
tanggungjawab yang besar kepada sarana dan prasarana yang di sekolah.
Ketersediaan
| STAR20190162 | 162/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
162/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
