Urgensi Bimbingan Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge
Hayati/02. 13. 3157 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Bimbingan Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Urgensi Bimbingan Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge. Bagaimana pelaksanaan bimbingan wali kelas di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kab. Bone dan Bagaimana konstribusi bimbingan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, display data, dan conclusion drawing, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 2 Tellu Siattinge tidak terlepas dari peran seluruh warga sekolah dalam proses kegiatan: 1. proses kegiatan bimbingan wali kelas di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge terlaksana dengan baik. Dapat di lihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh wali kelas terhadap siswa, seperti: a) Pemberian motivasi. b) Membuat tata tertib kelas. c) Membangun iklim kelas. 2. Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge telah sesuai dengan berbagai keriteria yang diharapkan, seperti: Sikap ketaatan yang meliputi kegiatan: bersungguh sungguh menjalankan peraturan dengan tanggung jawab dan mampu menunjukkan tindakan disiplin pada waktu proses belajar. Sikap kesetian: menunjukkan sikap berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telah dilakukan dan mengetahui kewajiban dan dapat menempatkan dirinya disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak. Sikap ketertiban: mampu mengetahui batasan sikap jika berada di sekolah atau dirumah, menghargai peraturan yang dibuat sekolah dan berupaya menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman dan nyaman.
A.Simpulan
1.Pelaksanaan bimbingan wali kelas di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge terlaksana dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan langsung oleh wali kelas terhadap siswa, seperti kegiatan: a. Pemberian motivasi yang meliputi bimbingan, nasehat, menjadi contoh teladan bagi para siswa, mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. b. Membuat tata tertib kelas yang meliputi kegiatan: siswa harus bersikap sopan santun dan saling menghargai, berdo'a, siswa tetap belajar di ruang kelas walaupun guru mata pelajaran berhalangan hadir, siswa harus menjaga (7K) kelas. c. Membangun iklim kelas yang meliputi kegiatan: membangun kerja sama dengan siswa, saling pengertian antara murid dan wali kelas mengenai peran masing-masing, wali kelas bersikap adil terhadap seluruh siswa bimbinganya.
2.Konstribusi bimbingan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge telah sesuai dengan berbagai keriteria yang diharapkan, seperti: Sikap ketaatan yang meliputi kegiatan: bersungguh sungguh menjalankan peraturan dengan tanggung jawab dan mampu menunjukkan tindakan disiplin pada waktu proses belajar. Sikap kesetian: menunjukkan sikap berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telah dilakukan dan mengetahui kewajiban dan dapat menempatkan dirinya disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak. Sikap ketertiban: mampu mengetahui batasan-batasan sikap jika berada di sekolah atau dirumah, menghargai peraturan yang dibuat sekolah dan berupaya menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman dan nyaman.
B.Saran
1.Hendakanya seorang wali kelas melaksanakan berbagai kegiatan bimbingan dan pengarahan terhadap peserta didik serta berkonsultasi dengan guru lain, sebagai upaya membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pendidikan di sekolah.
2.Hendaknya para siswa sering mengadakan konsultasi langsung dengan wali kelas ketika menghadapi suatu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, display data, dan conclusion drawing, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 2 Tellu Siattinge tidak terlepas dari peran seluruh warga sekolah dalam proses kegiatan: 1. proses kegiatan bimbingan wali kelas di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge terlaksana dengan baik. Dapat di lihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh wali kelas terhadap siswa, seperti: a) Pemberian motivasi. b) Membuat tata tertib kelas. c) Membangun iklim kelas. 2. Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge telah sesuai dengan berbagai keriteria yang diharapkan, seperti: Sikap ketaatan yang meliputi kegiatan: bersungguh sungguh menjalankan peraturan dengan tanggung jawab dan mampu menunjukkan tindakan disiplin pada waktu proses belajar. Sikap kesetian: menunjukkan sikap berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telah dilakukan dan mengetahui kewajiban dan dapat menempatkan dirinya disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak. Sikap ketertiban: mampu mengetahui batasan sikap jika berada di sekolah atau dirumah, menghargai peraturan yang dibuat sekolah dan berupaya menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman dan nyaman.
A.Simpulan
1.Pelaksanaan bimbingan wali kelas di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge terlaksana dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan langsung oleh wali kelas terhadap siswa, seperti kegiatan: a. Pemberian motivasi yang meliputi bimbingan, nasehat, menjadi contoh teladan bagi para siswa, mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. b. Membuat tata tertib kelas yang meliputi kegiatan: siswa harus bersikap sopan santun dan saling menghargai, berdo'a, siswa tetap belajar di ruang kelas walaupun guru mata pelajaran berhalangan hadir, siswa harus menjaga (7K) kelas. c. Membangun iklim kelas yang meliputi kegiatan: membangun kerja sama dengan siswa, saling pengertian antara murid dan wali kelas mengenai peran masing-masing, wali kelas bersikap adil terhadap seluruh siswa bimbinganya.
2.Konstribusi bimbingan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge telah sesuai dengan berbagai keriteria yang diharapkan, seperti: Sikap ketaatan yang meliputi kegiatan: bersungguh sungguh menjalankan peraturan dengan tanggung jawab dan mampu menunjukkan tindakan disiplin pada waktu proses belajar. Sikap kesetian: menunjukkan sikap berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telah dilakukan dan mengetahui kewajiban dan dapat menempatkan dirinya disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak. Sikap ketertiban: mampu mengetahui batasan-batasan sikap jika berada di sekolah atau dirumah, menghargai peraturan yang dibuat sekolah dan berupaya menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman dan nyaman.
B.Saran
1.Hendakanya seorang wali kelas melaksanakan berbagai kegiatan bimbingan dan pengarahan terhadap peserta didik serta berkonsultasi dengan guru lain, sebagai upaya membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pendidikan di sekolah.
2.Hendaknya para siswa sering mengadakan konsultasi langsung dengan wali kelas ketika menghadapi suatu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20170099 | 99/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
99/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
