Peranan Shalat Dhuha Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik(studi kasus MI Darul Hikmah Macege Kec.Tenete Riattang Barat)
Sandi/02.12.1065 - Personal Name
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan yang
penulis lakukan di MI Darul Hikmah Macege maka penulis dapat mengemukakan
simpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan salat duha di MI Darul Hikmah Macege dilaksanakan di pagi
hari kira-kira pukul 07.10 di masjid sekolah yang dilaksanakan secara
berjama’ah, sebagai kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua peserta
didik sebelum proses belajar mengajar dimulai. Salat duha dikerjakan
dengan 2 raka’at atau 1 kali salam, yang diawasi langsung oleh kepala
madrasah. Kemudian setelah melaksanakan salat duha secara berjama’ah
dilanjutkan dengan tadarrus bersama sebelum dimulai proses belajar
mengajar.
2. Pelaksanaan alat duha di MI Darul Hikmah Macege memberikan dampak
yang sangat besar terhadap peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik,
seperti peserta didik lebih rajin datang tepat waktu dan pulang tepat waktu
dan semakin taat melakanakan ibadah wajib maupun sunnah bukan hanya
di lingkungan sekolah tapi juga dirumah.
56
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah: Pembina, manager, administrator serta
supervisor seharusnya lebih memperhatikan lagi proses peribadatan salat
duha yang dilakukan oleh peserta didik yang ada di madrasah dan
alangkah baiknya jika kegiatan ini tetap dipertahankan dan dikembangkan
dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Kepada guru: khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam diharapkan
agar bisa selalu memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik
dalam melaksanakan kegiatan salat duha, sehingga tidak ada unsur
paksaan dalam diri peserta didik untuk mengikuti kegiatan ini dan
hendaknya kegiatan salat duha ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh
peserta didik dan oleh semua dewan guru.
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan yang
penulis lakukan di MI Darul Hikmah Macege maka penulis dapat mengemukakan
simpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan salat duha di MI Darul Hikmah Macege dilaksanakan di pagi
hari kira-kira pukul 07.10 di masjid sekolah yang dilaksanakan secara
berjama’ah, sebagai kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua peserta
didik sebelum proses belajar mengajar dimulai. Salat duha dikerjakan
dengan 2 raka’at atau 1 kali salam, yang diawasi langsung oleh kepala
madrasah. Kemudian setelah melaksanakan salat duha secara berjama’ah
dilanjutkan dengan tadarrus bersama sebelum dimulai proses belajar
mengajar.
2. Pelaksanaan alat duha di MI Darul Hikmah Macege memberikan dampak
yang sangat besar terhadap peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik,
seperti peserta didik lebih rajin datang tepat waktu dan pulang tepat waktu
dan semakin taat melakanakan ibadah wajib maupun sunnah bukan hanya
di lingkungan sekolah tapi juga dirumah.
56
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah: Pembina, manager, administrator serta
supervisor seharusnya lebih memperhatikan lagi proses peribadatan salat
duha yang dilakukan oleh peserta didik yang ada di madrasah dan
alangkah baiknya jika kegiatan ini tetap dipertahankan dan dikembangkan
dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Kepada guru: khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam diharapkan
agar bisa selalu memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik
dalam melaksanakan kegiatan salat duha, sehingga tidak ada unsur
paksaan dalam diri peserta didik untuk mengikuti kegiatan ini dan
hendaknya kegiatan salat duha ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh
peserta didik dan oleh semua dewan guru.
Ketersediaan
| ST20170308 | 308/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
308/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
