Peranan Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Salat Jamaah pada Siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana Kec.Cenrana Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas peranan guru PAI dalam meningkatkan motivasi salat
jamaah pada siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana yang bertujuan untuk
mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi salat jamaah pada siswa
MTs Mursyidul Awwam Cenrana. Di samping itu juga bertujuan untuk mengetahui
langkah-langkah yang ditempuh oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi salat
jamaah pada siswa MTS Mursyidul Awwam Cenrana. Untuk memperoleh data
tentang masalah ini dilakukan dengan cara interview (wawancara), observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Selanjutnya dalam melalukan analisis data digunakan tiga pendekatan
yaitu teologis normatif, paedagogies dan psikologis.
Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi salat berjamaah pada siswa di
MTs Mursyidul Awwam Cenrana adalah cukup baik karena rata-rata siswa mengikuti
salat berjamaah di masjid dan bagi siswa yang tidak sempat mengikuti salat
berjamaah di sekolah tetap diberi kesempatan untuk melaksanakan dengan cara
memberikan absensi kegiatan salat berjamaah di rumah.
Langkah-langkah yang ditempuh guru PAI untuk meningkatkan motivasi
salat jamaah pada siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana, yaitu pertama,
memberikan penghargaan berupa hadiah bagi siswa yang tidak ada absennya pada
salat berjamaah. Kedua, memberikan tugas agar siswa yang bersangkutan dapat
terlibat dalam pelaksanaan salat berjamaah dengan cara azan bagi laki-laki. Ketiga,
menumbuhkan kesadaran diri siswa akan penting dan manfaatnya salat berjamaah
dalam kehidupan sehari-hari di dunia maupun kehidupan kelak di akhirat, sehingga
siswa yang tidak sempat melaksanakan salat berjamaah di sekolah dapat
melaksanakan di rumah. Keempat, menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dalam
melaksanakan salat berjamaah. Kelima, menumbuhkan semangat dalam
melaksanakan salat berjamaah agar salat berjamaah adalah kebutuhan bagi dirinya.
Keenam, mengecek siswa yang tidak melaksanakan salat dzuhur secara berjamaah
dengan cara menggunakan absensi setiap tingkatan dan diabsen langsung oleh
masing-masing wali kelas dan guru PAI yang relevan dengan mata pelajaran. Ketujuh,
memberikan sanksi bagi siswa yang tidak ikut melaksanakan salat dzuhur berjamaah.
Kedelapan, memberikan evaluasi kepada siswa dengan memasukkan bagian penilaian
kepatuhan siswa tersebut ke dalam lembar penilaian guru mata pelajaran dan
melakukan perhitungan jumlah absensi siswa sebagai penambahan nilai.
A. Simpulan
1. Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi salat berjamaah pada siswa di
MTs Mursyidul Awwam Cenrana adalah cukup baik karena rata-rata siswa
mengikuti salat berjamaah di masjid dan bagi siswa yang tidak sempat
mengikuti salat berjamaah di sekolah tetap diberi kesempatan untuk
melaksanakan dengan cara memberikan absensi kegiatan salat berjamaah di
rumah.
2. Langkah-langkah yang di tempuh guru PAI untuk meningkatkan motivasi salat
jamaah pada siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana, yaitu:
a. Memberikan penghargaan berupa hadiah
b. Memberikan tugas agar siswa yang bersangkutan dapat terlibat dalam
pelaksanaan salat berjamaah dengan cara azan bagi laki-laki.
c. Menumbuhkan kesadaran diri siswa akan penting dan manfaatnya salat
berjamaah dalam kehidupan sehari-hari di dunia maupun kehidupan kelak di
akhirat.
d. Menjelaskan tujuan yang hendak di capai dalam melaksanakan salat
berjamaah
e. Menumbuhkan semangat.
f. Mengecek siswa yang tidak melaksanakan salat dzuhur secara berjamaah
g. Memberikan sanksi bagi siswa yang tidak ikut melaksanakan salat dzuhur
berjamaah.
h. Memberikan evaluasi.
B. Saran
1. Guru
a. Guru PAI membuat program pembinaan salat berkelanjutan di kelas-kelas
dan bekerjasama dengan wali kelas dan wali murid dalam pemantauan salat
siswa, serta mendesain program pembinaan keaktifan salat siswa yang lebih
menarik dan mengena kepada siswa, serta mengoptimalkan pengawasan
salat pada siswa baik ketika di sekolah maupaun di rumah.
b. Guru PAI memberikan apresiasi pada siswa yang salatnya sudah aktif dan
memberikan pembinaan yang berkesinambungan pada siswa yang belum
bisa menjalankan salat dengan aktif pula.
2. Siswa
a. Hendaknya para siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana senantiasa
mengamalkan salat berjamaah secara berkelanjutan, di manapun dan
kapanpun mereka berada.
b. Hendaknya para siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana berusaha untuk
disiplin waktu dalam mengikuti salat berjamaah.
Ketersediaan
ST20160246246/2016Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

246/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top