Pengaruh komunikasi pembelajaran guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone
Nurhikma/02.12.3150 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh komunikasi pembelajaran guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikomunikasi pembelajaran guru, peningkatan motivasi belajar siswa dan pengaruh komunikasi pembelajaran guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone.rnUntuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode Field Research(lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, penyebaranangket dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif (statistik) untuk mendeskripsikan penelitian komunikasi pembelajaran guru, peningkatan motivasi belajar siswa dan pengaruh komunikasi pembelajaran guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone.Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi pembelajaran guru di SMA PGRI Watampone adalah cukup baik.rnHal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 27 responden. Rata-rata dari jawaban responden adalah 61.Angka 61berada pada kategori cukup baik.Sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watamponeadalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada27responden.Rata-rata jawaban responden adalah 82.Angka 82 berada pada kategori cukup baik.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara komunikasi pembelajaran guru (variabel X) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,59. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,59, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40 –0,70 yang masuk dalam kategori sedang atau cukup. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi pembelajaran guru dan peningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone.rnImplikasi dari penelitian ini adalah hendaknya dari pihak SMA PGRI Watampone agar selalu memperhatikan pengelolaan komunikasi dalam proses pembelajaran sehingga komunikasi dalam proses pembelajaran kedepannya mengalami peningkatan yang signifikan dan masuk dalam kategori yang lebih baik lagi.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik rnkesimpulan sebagai berikut:1.Bentukmanajemen Komunikasi pembelajaran guru di SMA PGRI Watampone baik rndalam bentuk verbal maupun non verbal dapat dikatakan cukup baik. Karena rata-rata jawaban angket para responden diperoleh berada pada kategori cukup baik. Kemudian bentuk rnPeningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watamponedapat dikatakan cukup baik. Karena rata-ratajawaban angket para rnresponden diperoleh nilai 82. Angka 82 berada pada kategorirnbaik.2.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara manajemen komunikasi pembelajaran guru (variabel X) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (variabelY) dengan kuat 383.hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,59. Dari nilai Rxy yang diperoleh rnsebanyak 0,59, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40 –0,70 yang masuk dalam kategori sedang atau cukup. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 rnditerima, Dengan hasil analisis dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan sirngnifikan antara komunikasi pembelajaran guru dengan rnpeningkatan motivasi belajar siswa di SMA PGRI Watampone.76rnB. SaranrnBerdasarkan simpulan di atas maka dapat disarankan sebagai berikut:rn1.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengenai pengaruh komunikasi pembelajaran guru terhadap peningkatan motivasibelajar siswa di rnSMA PGRI Watampone, berada dalam kategori cukup baik, maka saran saya sebagai penulis, semoga komunikasi pembelajaran guru yang senantiasa dilakukan setiap harinya disekolah khususnya di dalam kelas saat proses pembelajaran sedang berlangsung kiranya dapat ditingkatkan agar siswa lebih rntertarik dan lebih termotivasi untuk belajar sehingga peningkatan motivasi rnbelajar siswa pun kedepannya dapat masuk dalam kategori yang lebih baik lagi.rn2.Semoga hasil penelitian (skripsi) ini dapat berguna bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi yang melakukan penelitian yang berhubungan tentang manajemen komunikasi pembelajaran guru dan peningkatan motivasi belajar siswarnrnrn
Ketersediaan
| ST20160173 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
173/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
