Peran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perbuatan Syirik pada Peserta Didik di MTs Al-Ihsan Kajuara
Asjulfianti/02.13.1116 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perbuatan Syirik Pada Peserta Didik di MTs Al-Ihsan Kajuara. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana konsep perbuatan syirik dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara, bagaimana bentuk-bentuk pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara dalam pencegahan kemusyirikan serta bagaimana kontribusi pembelajaran akidah akhlak dalam mencegah perbuatan syirik pada peserta didik di MTs Al-Ihsan Kajuara.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.rnBerdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa konsep perbuatan syirik dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara sesuai dengan konsep syirik dalam Islam yang menjadikan al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman dalam pembelajaran akidah akhlak. Bentuk pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara diterapkan dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam memberikan materi mengenai syirik sebagai bekal pemahaman bagi peserta didik. Akidah akhlak sebagai mata pelajaran yang ada di sekolah memiliki peran yang sangat besar. Melalui pembelajaran akidah akhlak peserta didik dapat diberikan pemahaman mengenai akhlak yang salah satunya perilaku syirik. Pembelajaran akidah akhlak merupakan sarana yang paling tepat untuk mampu mencegah perbuatan syirik pada peserta didik. Sehingga melalui pembelajaran akidah akhlak diharapkan mampu menjadikan peserta didik yang berakhlak baik yang tentunya jauh dari perilaku syirik. rnSimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rnKonsep perbuatan syirik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara sesuai dengan konsep syirik dalam Islam yang menegaskan bahwa syirik merupakan kezholiman yang sangat besar atau dikatakan dengan suatu perbuatan yang mengandung dosa paling besar yang menyebabkan pelakunya tidak mendapatkan ampunan dari Allah swt.rnBentuk–bentuk pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ihsan Kajuara dalam pencegahan kemusyirikan dilakukan dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran dalam menyampaikan materi tentang syirik pada mata pelajaran akidah akhlak dengan memberikan tugas merangkum kepada peserta didik sebagai salah satu upaya yang dilakukan pendidik untuk mengetahui sampai dimana pemahaman peserta didik mengenai syirik sehingga mampu mencegah kemusyirikan pada peserta didik di MTs Al-Ihsan Kajuara.rnKontribusi pembelajaran akidah akhlak dalam mencegah perbuatan syirik pada peserta didik di MTs Al-Ihsan Kajuara dapat dikatakan sangatlah besar, karena melalui pembelajaran akidah akhlak peserta didik dapat diberikan pemahaman mengenai perbuatan syirik sebagai bekal ilmu pengetahuan yang memberikan kesadaran kepada peserta didik untuk bisa menghindari perbuatan syirik. rnImplikasi rnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rnSebagai salah satu mata pelajaran di lembaga formal atau sekolah, akidah akhlak haruslah senantiasa dipertahankan dan kalau perlu ditingkatkan karena mata pelajaran akidah akhlak merupakan salah satu wadah dan sarana untuk menjadikan peserta didik menjadi generasi yang berakhlak baik. rnKepada para peserta didik diharapkan agar lebih mempelajari, memahami dan mengamalkan suatu pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran akidah akhlak agar dapat tertanam pemahaman mengenai perbuatan syirik yang nantinya mampu mencegah peserta didik dari perilaku syirik. rnSetelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada semua pihak khususnya para guru dan peserta didik agar tertanam akhlakul karimah (akhlak yang baik atau terpuji) yang bebas dari perbuatan syirik atau menduakan Allah swt.
Ketersediaan
| ST20170078 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
78/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
