Urgensi Kepemimpinan Guru terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sibulue
Ayu Lestari/02.12.3014 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang urgensi kepemimpinan guru terhadap
minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kepemimpinan guru, minat belajar siswa dan urgensi kepemimpinan
guru terhadap mianat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue.
Adapun pokok masalah yang akan di bahas dalam skripsi ini, yaitu tentang
kepemimpinan guru, minat belajar siswa serta urgensi kepemimpinan guru
terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field Research (Penelitian Lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi,
, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualititatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang kepemimpinan guru, minat
belajar dan urgensi kepemimpinan guru terhadap minat belajar siswa. Selanjutnya,
dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua
faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan guru di SMA Negeri 1
Sibulue sudah termasuk efektif dan efesien karena selain berperan dalam
memimpin siswanya guru juga memimpin dan membantu rekan sejawatnya, serta
dapat pula memimpin dan mendukung komunitas pendidikan yang lebih luas.
Minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue termasuk dalam kategori yang
cukup baik, karena adanya faktor pendukung dan motivasi, Juga dikarenakan
dorongan dari dalam diri siswa itu sendiri seperti siswa yang belajar mandiri dan
aktif dalam proses pembelajaran. urgensi kepemimpinan guru sangat besar dalam
meningkatkan minat belajar siswa bahkan guru menjadi yang terdepan dalam
memberikan dorongan kepada siswa untuk terus belajar .
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam kepemimpinan guru di SMA Negeri 1 Sibulue, ada tiga
komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain yaitu:
pengembangan individu, pengembangan tim, Pengembangan
organisasi.
2. Minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue dapat dikatakan kategori
cukup baik ini terlihat dari hasil penelitian bahwa sudah banyak siswa
yang disiplin belajar, rajin mengikuti proses pembelajaran, belajar
mandiri saat guru tidak masuk mengajar, mengerjakan dan
mengumpulkan tugas yang diberikan guru tepat waktu, memanfaatkan
waktu luang untuk membaca buku- buku pelajaran di perpustakaan,
selalu belajar meskipun tidak ada ulangan.
3. Pentinya kepemimpinan guru sangat besar dan urgen dalam
meningkatkan minat belajar siswa bahkan guru menjadi yang terdepan
dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk terus belajar.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
akan diuraikan saran- saran. Adapun saran- saran yang dimaksudkan penulis
dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru mata pelajaran pada umumnya untuk lebih
menumbuhkan dan meningkatkan pembelajaran dengan sebaik- baiknya
agar tidak membosankan yakni menggunakan metode yang bervariasi
serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
disampaikan.
2. Diharapkan kerjasama antara guru dan siswa dalam meningkatkan minat
belajar
3. Diharapkan kepada guru untuk memberikan teladan dan motivasi
kepada siswa dalam semua aspek pembelajaran.
minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kepemimpinan guru, minat belajar siswa dan urgensi kepemimpinan
guru terhadap mianat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue.
Adapun pokok masalah yang akan di bahas dalam skripsi ini, yaitu tentang
kepemimpinan guru, minat belajar siswa serta urgensi kepemimpinan guru
terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field Research (Penelitian Lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi,
, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualititatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang kepemimpinan guru, minat
belajar dan urgensi kepemimpinan guru terhadap minat belajar siswa. Selanjutnya,
dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua
faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan guru di SMA Negeri 1
Sibulue sudah termasuk efektif dan efesien karena selain berperan dalam
memimpin siswanya guru juga memimpin dan membantu rekan sejawatnya, serta
dapat pula memimpin dan mendukung komunitas pendidikan yang lebih luas.
Minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue termasuk dalam kategori yang
cukup baik, karena adanya faktor pendukung dan motivasi, Juga dikarenakan
dorongan dari dalam diri siswa itu sendiri seperti siswa yang belajar mandiri dan
aktif dalam proses pembelajaran. urgensi kepemimpinan guru sangat besar dalam
meningkatkan minat belajar siswa bahkan guru menjadi yang terdepan dalam
memberikan dorongan kepada siswa untuk terus belajar .
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam kepemimpinan guru di SMA Negeri 1 Sibulue, ada tiga
komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain yaitu:
pengembangan individu, pengembangan tim, Pengembangan
organisasi.
2. Minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Sibulue dapat dikatakan kategori
cukup baik ini terlihat dari hasil penelitian bahwa sudah banyak siswa
yang disiplin belajar, rajin mengikuti proses pembelajaran, belajar
mandiri saat guru tidak masuk mengajar, mengerjakan dan
mengumpulkan tugas yang diberikan guru tepat waktu, memanfaatkan
waktu luang untuk membaca buku- buku pelajaran di perpustakaan,
selalu belajar meskipun tidak ada ulangan.
3. Pentinya kepemimpinan guru sangat besar dan urgen dalam
meningkatkan minat belajar siswa bahkan guru menjadi yang terdepan
dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk terus belajar.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
akan diuraikan saran- saran. Adapun saran- saran yang dimaksudkan penulis
dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru mata pelajaran pada umumnya untuk lebih
menumbuhkan dan meningkatkan pembelajaran dengan sebaik- baiknya
agar tidak membosankan yakni menggunakan metode yang bervariasi
serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
disampaikan.
2. Diharapkan kerjasama antara guru dan siswa dalam meningkatkan minat
belajar
3. Diharapkan kepada guru untuk memberikan teladan dan motivasi
kepada siswa dalam semua aspek pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20160212 | 212/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
212/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
