Eksistensi Perpustakaan Sekolah dalam implementasi cinta ilmu dalam Pendidikan Islam (studi kasus di MAN 1 Watampone)
Muhammad Syarif/02.12.1022 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan perpustakaan madrasah untuk
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone yang bertujuan untuk mengetahui
manfaat perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone. Di samping itu juga
bertujuan untuk mengetahui konstribusi pemanfaatan perpustakaan madrasah dalam
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Untuk memperoleh data tentang
masalah ini dilakukan dengan teknik interview (wawancara), observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.
Selanjutnya dalam melalukan analisis data digunakan tiga pendekatan yaitu
paedagogies, psikologis dan teologis normatif.
Pemanfaatan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone, yaitu Pertama,
memberikan layanan terbuka bagi siswa agar langsung memilih buku yang
dikehendaki yang ada di perpustakaan. Kedua. pengelolaan perpustakaan madrasah di
MAN 1 Watampone sudah baik. Ketiga, menghimpun bahan pustaka yang meliputi
buku dan non buku. Keempat, memelihara koleksi buku yang ada di pepustakaan
MAN 1 Watampone. Kelima, melestarikan pemanfaatan koleksi perpustakaan di
MAN 1 Watampone. Keenam, menyajikan buku-buku yang ada di MAN 1
Watampone.
Pemanfaatan
perpustakaan
madrasah
telah
berkonstribusi
untuk
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Hal tersebut dapat dibuktikan
bahwa perpustakaan dapat menfasilitasi siswa dan guru dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran karena perpustakaan telah melengkapi koleksi pustaka yang
sesuai dengan kurikulum dan memberikan program-program inovatif, sehingga dapat
memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan, yang
akhirnya dapat meningkatkan minat kunjung dan minat baca siswa.
A. Simpulan
1. Pemanfaatan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone, yaitu:
a. Memberikan layanan terbuka bagi siswa agar langsung memilih buku yang
dikehendaki yang ada di perpustakaan.
b. Pengelolaan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone sudah baik.
c. Menghimpun bahan pustaka yang meliputi buku dan non buku
d. Memelihara koleksi buku yang ada di pepustakaan MAN 1 Watampone
e. Melestarikan pemanfaatan koleksi perpustakaan di MAN 1 Watampone
f. Menyajikan buku-buku yang ada di MAN 1 Watampone
2. Pemanfaatan perpustakaan madrasah telah berkonstribusi untuk menumbuhkan
cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa
perpustakaan dapat menfasilitasi siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran karena perpustakaan telah melengkapi koleksi pustaka yang sesuai
dengan kurikulum dan memberikan program-program inovatif, sehingga dapat
memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan, yang
akhirnya dapat meningkatkan minat kunjung dan minat baca siswa.
B. Saran
1. Pengelolah Perpustakaan
a. Perlunya tambahan koleksi buku keagaman karena merupakan ciri sekolah yang
berlatar belakang Islam.
b. Perlunya kesesuaian dengan kurikulum koleksi buku yang ada di perpustakaan
MAN 1 Watampone
2. Guru
a. Guru selalu memberikan tugas kepada siswa untuk mencari materi yang
berkaitan dengan pelajaran yang dapat mencari buku di perpustakaan.
b. Proses pembelajaran bukan hanya berlangsung di dalam kelas tetapi
perpustakaan dapat juga dijadikan ruang belajar.
3. Siswa
a. Menjadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan sekaligus pusat
informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas belajar.
b. Tanamkanlah selalu dalam diri minat kunjung dan minat baca di perpustakaan.
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone yang bertujuan untuk mengetahui
manfaat perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone. Di samping itu juga
bertujuan untuk mengetahui konstribusi pemanfaatan perpustakaan madrasah dalam
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Untuk memperoleh data tentang
masalah ini dilakukan dengan teknik interview (wawancara), observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.
Selanjutnya dalam melalukan analisis data digunakan tiga pendekatan yaitu
paedagogies, psikologis dan teologis normatif.
Pemanfaatan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone, yaitu Pertama,
memberikan layanan terbuka bagi siswa agar langsung memilih buku yang
dikehendaki yang ada di perpustakaan. Kedua. pengelolaan perpustakaan madrasah di
MAN 1 Watampone sudah baik. Ketiga, menghimpun bahan pustaka yang meliputi
buku dan non buku. Keempat, memelihara koleksi buku yang ada di pepustakaan
MAN 1 Watampone. Kelima, melestarikan pemanfaatan koleksi perpustakaan di
MAN 1 Watampone. Keenam, menyajikan buku-buku yang ada di MAN 1
Watampone.
Pemanfaatan
perpustakaan
madrasah
telah
berkonstribusi
untuk
menumbuhkan cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Hal tersebut dapat dibuktikan
bahwa perpustakaan dapat menfasilitasi siswa dan guru dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran karena perpustakaan telah melengkapi koleksi pustaka yang
sesuai dengan kurikulum dan memberikan program-program inovatif, sehingga dapat
memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan, yang
akhirnya dapat meningkatkan minat kunjung dan minat baca siswa.
A. Simpulan
1. Pemanfaatan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone, yaitu:
a. Memberikan layanan terbuka bagi siswa agar langsung memilih buku yang
dikehendaki yang ada di perpustakaan.
b. Pengelolaan perpustakaan madrasah di MAN 1 Watampone sudah baik.
c. Menghimpun bahan pustaka yang meliputi buku dan non buku
d. Memelihara koleksi buku yang ada di pepustakaan MAN 1 Watampone
e. Melestarikan pemanfaatan koleksi perpustakaan di MAN 1 Watampone
f. Menyajikan buku-buku yang ada di MAN 1 Watampone
2. Pemanfaatan perpustakaan madrasah telah berkonstribusi untuk menumbuhkan
cinta ilmu di MAN 1 Watampone. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa
perpustakaan dapat menfasilitasi siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran karena perpustakaan telah melengkapi koleksi pustaka yang sesuai
dengan kurikulum dan memberikan program-program inovatif, sehingga dapat
memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan, yang
akhirnya dapat meningkatkan minat kunjung dan minat baca siswa.
B. Saran
1. Pengelolah Perpustakaan
a. Perlunya tambahan koleksi buku keagaman karena merupakan ciri sekolah yang
berlatar belakang Islam.
b. Perlunya kesesuaian dengan kurikulum koleksi buku yang ada di perpustakaan
MAN 1 Watampone
2. Guru
a. Guru selalu memberikan tugas kepada siswa untuk mencari materi yang
berkaitan dengan pelajaran yang dapat mencari buku di perpustakaan.
b. Proses pembelajaran bukan hanya berlangsung di dalam kelas tetapi
perpustakaan dapat juga dijadikan ruang belajar.
3. Siswa
a. Menjadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan sekaligus pusat
informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas belajar.
b. Tanamkanlah selalu dalam diri minat kunjung dan minat baca di perpustakaan.
Ketersediaan
| STAR20160277 | 277/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
277/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
