Peranan Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Etika Berbusana Muslimah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
Jusmiati/02.12.1046 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peranan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Etika Berbusana Muslimah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone”. Ada 2
masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu proses pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone dan konstribusi pembelajaran akidah akhlak
dalam etika berbusana muslimah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.
Memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode pengumpulan
data melalui field research, yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa proses pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone sudah berjalan dengan lancar. Guru
memberikan materi dengan cara memberikan pemahaman kepada peserta didik
dengan memberikan contoh sesuai dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta
didik mudah memahami materi yang telah diajarkan terutama materi tentang etika
berbusana muslimah. Begitu pula dengan pembelajaran akidah akhlak sangat
berperan dalam etika berbusana peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
di mana guru selalu berusaha untuk menerapkan etika berbusana muslimah
khususnya dalam pembelajaran akidah akhlak dan juga melibatkan mata pelajaran
lain yang relevan dengan etika berbusana muslimah supaya peserta didik tidak hanya
mendapat ilmu dari pembelajaran akidah akhlak tetapi dalam pembelajaran lain
peserta didik dapat memperoleh ilmu yang cukup tentang etika berbusana muslimah.
Adapun konstribusi pembelajaran akidah akhlak dalam etika berbusana muslimah
adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang etika dalam berbusana
muslimah, menutup aurat dengan benar sesuai dengan aturan dalam Islam yakni
sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis, Peserta didik juga dapat memahami berbagai
macam akidah dan akhlak dalam Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. proses pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
sudah berjalan dengan lancar. Guru memberikan materi dengan cara
memberikan pemahaman kepada peserta didik yaitu memberikan contoh
sesuai dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik mudah
memahami materi yang telah diajarkan terutama materi tentang etika
berbusana muslimah. Pembelajaran akidah akhlak sangat berperan dalam etika
berbusana peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone di mana guru
selalu berusaha untuk menerapkan etika berbusana muslimah khususnya
dalam pembelajaran akidah akhlak dan juga melibatkan mata pelajaran lain
yang relevan dengan etika berbusana muslimah supaya peserta didik tidak
hanya mendapat ilmu dari pembelajaran akidah akhlak tetapi dalam
pembelajaran lain peserta didik dapat memperoleh ilmu yang cukup tentang
etika berbusana muslimah.
2. konstribusi pembelajaran akidah akhlak dalam etika berbusana muslimah
adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang etika dalam
berbusana muslimah, menutup aurat dengan benar sesuai dengan aturan dalam
Islam yakni sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis, Peserta didik juga dapat
memahami berbagai macam akidah dan akhlak dalam Islam.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Mengingat bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone merupakan wadah
pembinaan generasi penerus Islam, maka proses pembelajaran harus lebih
ditingkatkan lagi dan berusaha untuk mempergunakan waktu dengan sebaik
mungkin supaya peserta didik memahami materi dengan baik dan benar
sebelum lanjut kepembahasan selanjutnya, jangan terburu-buru, mengingat
bahwa kurikulum yang dipakai adalah kurikulum 2013 harus merampung
semua materi sebelum ujian semester.
2. Diharapkan agar peserta didik lebih memperhatikan lagi etika dalam
berbusana muslimah dan mengamalkan ilmu yang didapat selama menempuh
pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, agar menjadi penerus
bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah. Serta diharapkan dalam
meningkatkan sistem pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone,
pemerintah memberikan perhatian besar terhadap sarana dan prasarana
sehingga memudahkan para pendidik dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran akidah akhlak khususnya dalam etika berbusana muslimah.
Etika Berbusana Muslimah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone”. Ada 2
masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu proses pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone dan konstribusi pembelajaran akidah akhlak
dalam etika berbusana muslimah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.
Memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode pengumpulan
data melalui field research, yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa proses pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone sudah berjalan dengan lancar. Guru
memberikan materi dengan cara memberikan pemahaman kepada peserta didik
dengan memberikan contoh sesuai dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta
didik mudah memahami materi yang telah diajarkan terutama materi tentang etika
berbusana muslimah. Begitu pula dengan pembelajaran akidah akhlak sangat
berperan dalam etika berbusana peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
di mana guru selalu berusaha untuk menerapkan etika berbusana muslimah
khususnya dalam pembelajaran akidah akhlak dan juga melibatkan mata pelajaran
lain yang relevan dengan etika berbusana muslimah supaya peserta didik tidak hanya
mendapat ilmu dari pembelajaran akidah akhlak tetapi dalam pembelajaran lain
peserta didik dapat memperoleh ilmu yang cukup tentang etika berbusana muslimah.
Adapun konstribusi pembelajaran akidah akhlak dalam etika berbusana muslimah
adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang etika dalam berbusana
muslimah, menutup aurat dengan benar sesuai dengan aturan dalam Islam yakni
sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis, Peserta didik juga dapat memahami berbagai
macam akidah dan akhlak dalam Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. proses pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
sudah berjalan dengan lancar. Guru memberikan materi dengan cara
memberikan pemahaman kepada peserta didik yaitu memberikan contoh
sesuai dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik mudah
memahami materi yang telah diajarkan terutama materi tentang etika
berbusana muslimah. Pembelajaran akidah akhlak sangat berperan dalam etika
berbusana peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone di mana guru
selalu berusaha untuk menerapkan etika berbusana muslimah khususnya
dalam pembelajaran akidah akhlak dan juga melibatkan mata pelajaran lain
yang relevan dengan etika berbusana muslimah supaya peserta didik tidak
hanya mendapat ilmu dari pembelajaran akidah akhlak tetapi dalam
pembelajaran lain peserta didik dapat memperoleh ilmu yang cukup tentang
etika berbusana muslimah.
2. konstribusi pembelajaran akidah akhlak dalam etika berbusana muslimah
adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang etika dalam
berbusana muslimah, menutup aurat dengan benar sesuai dengan aturan dalam
Islam yakni sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis, Peserta didik juga dapat
memahami berbagai macam akidah dan akhlak dalam Islam.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Mengingat bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone merupakan wadah
pembinaan generasi penerus Islam, maka proses pembelajaran harus lebih
ditingkatkan lagi dan berusaha untuk mempergunakan waktu dengan sebaik
mungkin supaya peserta didik memahami materi dengan baik dan benar
sebelum lanjut kepembahasan selanjutnya, jangan terburu-buru, mengingat
bahwa kurikulum yang dipakai adalah kurikulum 2013 harus merampung
semua materi sebelum ujian semester.
2. Diharapkan agar peserta didik lebih memperhatikan lagi etika dalam
berbusana muslimah dan mengamalkan ilmu yang didapat selama menempuh
pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, agar menjadi penerus
bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah. Serta diharapkan dalam
meningkatkan sistem pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone,
pemerintah memberikan perhatian besar terhadap sarana dan prasarana
sehingga memudahkan para pendidik dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran akidah akhlak khususnya dalam etika berbusana muslimah.
Ketersediaan
| ST20160232 | 232/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
232/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
