Urgensi Pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Lona Rilau Kel.Toro, Kec.T.R.Timur, Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang bagaimana urgensi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak (Studi di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui proses pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. 3) untuk mengetahui kontribusi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis memakai pendekatan teologis normatif, psikologis, paedagogis dan sosiologis. Metode yang digunakan adalah library research (kepustakaan) dan metode Field research (lapangan) dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis lalu disimpulkan dengan cara kualitatif dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau sudah berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan beberapa upaya yang dilakukan orang tua seperti menyekolahkan anak ke sekolah agama, memberikan teladan/contoh yang baik kepada anak secara nyata, dan mengajarkan anak membaca Al-Qur’an, membiasakan anak melaksanakan shalat dengan mengajak shalat berjamaah di rumah atau di masjid, membiasakan anak berkata jujur, serta memberikan ceramah-ceramah agama. Kemudian metode yang yang digunakan orang tua dalam membina akhlak anak yaitu keteladanan, pembiasaan, pemberian hadiah, pemberian perhatian dan kasih sayang, nasehat, serta hukuman. Adapun kendala-kendala yang dihadapi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau yaitu, 1) sifat dan perilaku anak yang beragam, 2) kurangnya kesadaran anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan orang tua dalam membina akhlak anak, 3) masalah waktu dan masalah ekonomi, 4) pergaulan anak yang tidak dapat dikontrol oleh orang tua, 5) adanya pengaruh lingkungan dan perkembangan IPTEK jaman sekarang. Sedangkan kontribusi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau yaitu 1) memberikan buku pendidikan agama kepada anak, 2) mengajarkan anak membaca Al-Qur’an di rumah, 3) mengajarkan membaca dan mengahafal kitab barasanji, 4) memasukkan anak di sekolah Madrsah As’Adiyah, 5) memberikan nafkah yang halal kepada anak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Proses pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone sudah berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan beberapa upaya yang dilakukan orang tua seperti menyekolahkan anak ke sekolah agama (Madrsah/Pesantren), memberikan teladan/contoh yang baik kepada anak secara nyata, mengajarkan anak membaca Al-Qur’an, membiasakan anak melaksanakan shalat dengan mengajak shalat berjamaah di rumah atau di masjid, membiasakan anak berkata jujur, serta memberikan ceramah-ceramah agama. Kemudian metode yang yang digunakan orang tua dalam membina akhlak anak yaitu metode keteladanan, pembiasaan, pemberian hadiah, pemberian perhatian dan kasih sayang, nasehat, serta hukuman.
2. Kendala-kendala yang dihadapi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone yaitu, 1) sifat dan perilaku anak yang beragam, 2) kurangnya kesadaran anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan orang tua dalam membina akhlak anak, 3) masalah waktu dan masalah ekonomi, 4) pergaulan anak yang tidak dapat dikontrol oleh orang tua, 5) adanya pengaruh lingkungan dan perkembangan IPTEK jaman sekarang.
3. Kontribusi pendidikan Islam di lingkungan keluarga dalam pembinaan akhlak mulia anak di Dusun Lona Rilau Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone yaitu 1) memberikan buku pendidikan agama kepada anak, 2) mengajarkan anak membaca Al-Qur’an di rumah, 3) mengajarkan membaca dan mengahafal kitab barasanji, 4) memasukkan anak di sekolah Madrsah As’Adiyah, 5) memberikan nafkah yang halal kepada anak.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada orang tua, hendaknya memberikan pendidikan dan penanaman agama Islam kepada anak-anaknya sedini mungkin, terutama pada pendidikan akhlak. Orang tua juga hendaknya tingkatkan terus ibadah dan ketaatan kepada Allah dengan mengajak anak-anak untuk selalu patuh dan taat terhadap perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Serta para orang tua juga diharapkan untuk selalu memberikan contoh sikap atau perilaku yang baik kepada anaknya, sehingga anak akan meniru dan mengikuti sikap dan tingkah laku yang baik.
2. Diharapkan kepada orang tua agar selalu meluangkan waktu untuk dapat mengajarkan anak pendidikan agama Islam terutama pendidikan akhlak di rumah, meskipun anak telah mempelajarinya dari guru agama di sekolah karena guru di sekolah hanya membantu orang tua mendidik anaknya. Jadi orang tua tetap mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan agama Islam kepada anaknya di rumah.
3. Diharapkan kepada orang tua, hendaknya tidak terlalu keras dalam mengajarkan dan mendidik anak. Gunakan cara atau metode yang tepat dalam mengajarkan pendidikan agama Islam di rumah, sesuai dengan ajaran Islam yaitu dengan nasehat-nasehat, perkataan yang baik, lemah lembut, dan mengajak dialog atau diskusi untuk memecahkan masalah.
Ketersediaan
ST20160193193/2016Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

193/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Akhlak Mulia

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top