Strategi Promosi dalam Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap Paket Indihome (Studi Pada Pt Telkom Watampone)
Misna Suriansyah/01.11.3139 - Personal Name
Penelitian ini merupakan sebuah penlitian lapangan (field research) dan tergolong dalam penelitian eksploratif (penjajakan) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT Telkom Watampone. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome pada PT Telkom Watampone serta untuk mengetahui bagaimana upaya PT Telkom Watampone dalam mempromosikan paket indihome sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, lembar wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, kemudia data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode deduktif, induktif dan kolaboratif yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode descriptive analysis.
Hasil dalam penelitian setelah dianalisis maka dapat disimpulkan yaitu untuk meningkatkan minat masyarakat maka PT Telkom Watampone melakukan berbagai upaya yaitu menerapkan upaya personal selling, mass selling, promosi penjualan,public relation, dan direct marketing. Berdasakan hasil wawancara staff bagian sales, strategi yang diterapkan dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu mendatangi masyarakat secara langsung dan memberikan brosur serta memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya, mempromosikan melalui media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat ramai dalam satu waktu, membuat sebuah iklan dimedia cetak maupun dimedia elektronik, serta menerapkan berbagai promo.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan berdasar pada rumusan masalah maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Strategi promosi PT Telkom Watampone dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu dengan mendatangi masyarakat secara langsung dan memberikan brosur serta memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya, mempromosikan melalui media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat ramai dalam satu waktu, membuat sebuah iklan dimedia cetak maupun elektronik dan melakukan promosi penjualan.
Ditinjau dari perspektif islam, maka harus sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam. Nabi Muhammad SAW juga menggunakan promosi dalam berdagang. Konsepnya tidak terlepas dari nilai moral dan etika serta estetika ke Islaman. Dalam Islam dilarang keras melakukan penipuan, kebohongan, dan mengingkari janji. Oleh karena itu dalam melaksanakan promosi, pebisnis harus menghindari tidakan kebohongan, janji palsu, iklan porno, serta publikasi produk yang menghalalkan segala cara sehingga masyarakat dapat percaya dan langsung tertarik dengan produk tersebut.
B.Saran
Adapun saran penulis terhadap PT Telkom Watampone dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu:
1.Diharapkan kepada PT Telkom Watampone, memperluas jaringan internetnya, agar masyarakat dipelosok juga dapat menikmati kemudahan yang ada pada paket indihome.
2.Diharapkan agar PT Telkom Watampone konsisten terhadap harga-harga ataupun promo yang ditawarkan kepada masyarakat.
3.Diharapkan kepada pegawai dan seluruh staff PT Telkom Watampone agar melayani masyarakat dengan sepenuh hati.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, lembar wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, kemudia data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode deduktif, induktif dan kolaboratif yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode descriptive analysis.
Hasil dalam penelitian setelah dianalisis maka dapat disimpulkan yaitu untuk meningkatkan minat masyarakat maka PT Telkom Watampone melakukan berbagai upaya yaitu menerapkan upaya personal selling, mass selling, promosi penjualan,public relation, dan direct marketing. Berdasakan hasil wawancara staff bagian sales, strategi yang diterapkan dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu mendatangi masyarakat secara langsung dan memberikan brosur serta memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya, mempromosikan melalui media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat ramai dalam satu waktu, membuat sebuah iklan dimedia cetak maupun dimedia elektronik, serta menerapkan berbagai promo.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan berdasar pada rumusan masalah maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Strategi promosi PT Telkom Watampone dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu dengan mendatangi masyarakat secara langsung dan memberikan brosur serta memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya, mempromosikan melalui media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat ramai dalam satu waktu, membuat sebuah iklan dimedia cetak maupun elektronik dan melakukan promosi penjualan.
Ditinjau dari perspektif islam, maka harus sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam. Nabi Muhammad SAW juga menggunakan promosi dalam berdagang. Konsepnya tidak terlepas dari nilai moral dan etika serta estetika ke Islaman. Dalam Islam dilarang keras melakukan penipuan, kebohongan, dan mengingkari janji. Oleh karena itu dalam melaksanakan promosi, pebisnis harus menghindari tidakan kebohongan, janji palsu, iklan porno, serta publikasi produk yang menghalalkan segala cara sehingga masyarakat dapat percaya dan langsung tertarik dengan produk tersebut.
B.Saran
Adapun saran penulis terhadap PT Telkom Watampone dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap paket indihome yaitu:
1.Diharapkan kepada PT Telkom Watampone, memperluas jaringan internetnya, agar masyarakat dipelosok juga dapat menikmati kemudahan yang ada pada paket indihome.
2.Diharapkan agar PT Telkom Watampone konsisten terhadap harga-harga ataupun promo yang ditawarkan kepada masyarakat.
3.Diharapkan kepada pegawai dan seluruh staff PT Telkom Watampone agar melayani masyarakat dengan sepenuh hati.
Ketersediaan
| SS20170106 | 107/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
107/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
