Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Efektivitas Mengajar Guru Di Sd Inpres 12/79 Laccori
Nasrullah/02.12.3143 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas mengajar guru di SD Inpres 12/79 Laccori. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SD inpres 12/79 laccori, 2) mengetahui efektivitas mengajar guru di SD inpres 12/79 laccori, dan 3) mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas mengajar guru di SD inpres 12/79 laccori.rnUntuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode Field research dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan menyebarkan angket kepada 9 responden guru. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi produk momen. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan uji signifikansi antara dua variabel menggunakan statistik uji berdistribusi t. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah di SD Inpres 12/79 Laccori dapat dikatakan sangat baik dengan perolehan nilai skor rata-rata 110,22. Berdasarkan rentang interval dari 86 sampai 120, angka 110,22 berada pada kelas interval sangat baik (>108); 2) efektivitas mengajar Guru di SD Inpres 12/79 Laccori juga dapat dikatakan sangat baik dengan perolehan nilai nilai skor rata-rata 94,44. Berdasarkan rentang interval dari 89 sampai 99, angka 94,44 berada pada kelas interval sangat baik (>95); 3) Dari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) dengan epektivitas mengajar guru (variabel Y) di SD Inpres 12/79 Laccori. Dan menurut hasil uji signifikansi korelasi hubungan tersebut adalah positif dan nyata/signifikan.rnSimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rnKepemimpinan Kepala Sekolah di SD Inpres 12/79 Laccori dapat dikatakan baik, karena rata-rata jawaban angket para responden diperoleh nilai 110,22. Angka 110,22 berada pada kategori sanagt baik (>108)rnEfektivitas Mengajar Guru di SD Inpres 12/79 Laccori dapat dikatakan baik, karena rata-rata jawaban angket para responden di peroleh nilai 94,44. Angka 94,44 berada pada kategori sangat baik (>95).rnDari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) dengan efektivitas mengajar guru (variabel Y) di SD Inpres 12/79 Laccori. Menurut hasil uji signifikansi korelasi hubunngan tersebut adalah positif dan nyata/signifikan.rnSaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rnBagi kepala sekolah, hendaknya menjalankan tugasnya sebagai kepala sekolah yang baik dan bijaksana, dan memperhatikan seluruh keadaan sekolah baik guru dan siswanya.rnBagi guru, hendaknya menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana yang telah diatur serta maningkatkan efektivitas mengajar dalam proses pembelajaran sehingga terciptanya siswa yang berprestasi. rnUntuk mencapai mutu pendidikan yang optimal, hendaknya untuk pihak sekolah agar lebih mengembangkan dan meningkatkan motivasi dalam bekerja sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.rnBagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas mengajar guru di SD Inpres 12/79 Laccori.rnrn
Ketersediaan
| ST20170080 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
80/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
