Peranan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Sifat Optimis Menerima Takdir Pada Peserta Didik di SMA Negeri 12 Bone
Wahyuddin/02.13.1101 - Personal Name
Penelitian ini membahas masalah bagaimana peranan pendidikan Islam dalam pembinaan sifat optimis menerima takdir pada peserta didik di SMA Negeri 12 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya pembinaan sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone dan untuk memaparkan kontribusi peranan pendidikan Islam dalam membina sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone. Untuk memperoleh jawaban terhadap masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif dalam melakukan pengelolaan data penelitian. Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu jenis penelitian bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi dan tindakan laku dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan mengunakan pendekatan sosiologis dan paedagogik, kemudian pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisis data digunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menjadi pribadi yang optimis bukan berarti mengharapkan segala sesuatu terjadi dengan sendirinya. Tapi menjadi optimis artinya mengharapkan yang terbaik, yakin yang terbaik itu akan terjadi, tapi pada waktu yang sama ia mengerahkan kemampuan puncak untuk mengejarnya hingga sesuatu yang baik tersebut terjadi. Upaya Pembinaan Sifat Optimis Menerima Takdir di SMA Negeri 12 Bone yaitu dengan melatih peserta didik bersyukur, mendidik peserta didik agar tidak mencari kesenangan, mengajarkan peserta didik untuk fokus dengan langkah kecil, siswa diajarkan agar belajar menghadapi rasa takut dan khawatir, melatih peserta didik agar bersiap menghadapi keburukan, berharap memperoleh kebaikan. Kontribusi peranan pendidikan islam dalam membina sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone Salah satu peranan pendidikan Islam di sekolah dalam menanamkan sifat optimis yaitu menyempurnakan ikhtiar dengan tawakal. Tawakal artinya menyerahkan segala keputusan atas apa pun yang akan terjadi kepada Allah semata. Seorang yang beriman kepada takdir akan memahami kekuasaan Allah swt. atas segala peristiwa yang terjadi di dunia ini.
A.Simpulan
1.Menjadi pribadi yang optimis bukan berarti mengharapkan segala sesuatu terjadi dengan sendirinya. Tapi menjadi optimis artinya mengharapkan yang terbaik, yakin yang terbaik itu akan terjadi, tapi pada waktu yang sama ia mengerahkan kemampuan puncak untuk mengejarnya hingga sesuatu yang baik tersebut terjadi. Upaya Pembinaan Sifat Optimis Menerima Takdir di SMA Negeri 12 Bone yaitu dengan melatih peserta didik bersyukur, mendidik peserta didik agar tidak mencari kesenangan, mengajarkan peserta didik untuk fokus dengan langkah kecil, siswa diajarkan agar belajar menghadapi rasa takut dan khawatir, melatih peserta didik agar bersiap menghadapi keburukan, berharap memperoleh kebaikan.
2.Kontribusi peranan pendidikan islam dalam membina sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone Salah satu peranan pendidikan Islam di sekolah dalam menanamkan sifat optimis yaitu menyempurnakan ikhtiar dengan tawakal. Tawakal artinya menyerahkan segala keputusan atas apa pun yang akan terjadi kepada Allah semata. Seorang yang beriman kepada takdir akan memahami kekuasaan Allah swt. atas segala peristiwa yang terjadi di dunia ini.
B.Saran
Berdasarkan pengamatan penulis dalam melakukan penelitian, penulis ingin mengajukan saran-saran sebagai berikut:
1.Untuk para guru, khususnya guru yang mengajar pendidikan agama Islam yang berada di SMAN 12 Bone, agar lebih meningkatkan usahanya dalam membina sifat optimis siswa dalam menerima takdir.
2.Kepala sekolah sebagai pimpinan perlu memberikan semangat dan dorongan kepada para guru untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengajar serta melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran secara kontinu agar mutu pendidkan khususnya bidang pendidikan agama dapat ditingkatkan.
3.Kepada siswa untuk dapat menambah pengetahuan khususnya pengetahuan Agama Islam dan dapat memanfaatkan sumber belajar dan fasilitas yang disediakan dan tetap memfokuskan diri pada kegiatan belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menjadi pribadi yang optimis bukan berarti mengharapkan segala sesuatu terjadi dengan sendirinya. Tapi menjadi optimis artinya mengharapkan yang terbaik, yakin yang terbaik itu akan terjadi, tapi pada waktu yang sama ia mengerahkan kemampuan puncak untuk mengejarnya hingga sesuatu yang baik tersebut terjadi. Upaya Pembinaan Sifat Optimis Menerima Takdir di SMA Negeri 12 Bone yaitu dengan melatih peserta didik bersyukur, mendidik peserta didik agar tidak mencari kesenangan, mengajarkan peserta didik untuk fokus dengan langkah kecil, siswa diajarkan agar belajar menghadapi rasa takut dan khawatir, melatih peserta didik agar bersiap menghadapi keburukan, berharap memperoleh kebaikan. Kontribusi peranan pendidikan islam dalam membina sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone Salah satu peranan pendidikan Islam di sekolah dalam menanamkan sifat optimis yaitu menyempurnakan ikhtiar dengan tawakal. Tawakal artinya menyerahkan segala keputusan atas apa pun yang akan terjadi kepada Allah semata. Seorang yang beriman kepada takdir akan memahami kekuasaan Allah swt. atas segala peristiwa yang terjadi di dunia ini.
A.Simpulan
1.Menjadi pribadi yang optimis bukan berarti mengharapkan segala sesuatu terjadi dengan sendirinya. Tapi menjadi optimis artinya mengharapkan yang terbaik, yakin yang terbaik itu akan terjadi, tapi pada waktu yang sama ia mengerahkan kemampuan puncak untuk mengejarnya hingga sesuatu yang baik tersebut terjadi. Upaya Pembinaan Sifat Optimis Menerima Takdir di SMA Negeri 12 Bone yaitu dengan melatih peserta didik bersyukur, mendidik peserta didik agar tidak mencari kesenangan, mengajarkan peserta didik untuk fokus dengan langkah kecil, siswa diajarkan agar belajar menghadapi rasa takut dan khawatir, melatih peserta didik agar bersiap menghadapi keburukan, berharap memperoleh kebaikan.
2.Kontribusi peranan pendidikan islam dalam membina sifat optimis menerima takdir di SMA Negeri 12 Bone Salah satu peranan pendidikan Islam di sekolah dalam menanamkan sifat optimis yaitu menyempurnakan ikhtiar dengan tawakal. Tawakal artinya menyerahkan segala keputusan atas apa pun yang akan terjadi kepada Allah semata. Seorang yang beriman kepada takdir akan memahami kekuasaan Allah swt. atas segala peristiwa yang terjadi di dunia ini.
B.Saran
Berdasarkan pengamatan penulis dalam melakukan penelitian, penulis ingin mengajukan saran-saran sebagai berikut:
1.Untuk para guru, khususnya guru yang mengajar pendidikan agama Islam yang berada di SMAN 12 Bone, agar lebih meningkatkan usahanya dalam membina sifat optimis siswa dalam menerima takdir.
2.Kepala sekolah sebagai pimpinan perlu memberikan semangat dan dorongan kepada para guru untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengajar serta melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran secara kontinu agar mutu pendidkan khususnya bidang pendidikan agama dapat ditingkatkan.
3.Kepada siswa untuk dapat menambah pengetahuan khususnya pengetahuan Agama Islam dan dapat memanfaatkan sumber belajar dan fasilitas yang disediakan dan tetap memfokuskan diri pada kegiatan belajar.
Ketersediaan
| ST20170140 | 140/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
140/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
