Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo
Saharuddin 02.12.3142 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja guru
terhadap efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo. Hal penting yang
dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mendeskrispsikan motivasi kerja guru di SD
Inpres 12/79 Barebbo, 2) untuk mendeskrispsikan proses pembelajaran di SD Inpres
12/79 Barebbo, dan 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field research dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan menyebarkan angket
kepada 36 responden siswa dan 9 responden guru. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kuantitatif (statistik). Selanjutnya, dalam menganalisis data,
penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik
uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi kerja guru di SD Inpres
12/79 Barebbo dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 93,53. Berdasarkan
rentang interval dari 80 sampai 103, angka 93,53 berada pada kelas interval baik (91-
97); 2) proses pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo juga dapat dikatakan baik
dengan perolehan nilai 92,98. Berdasarkan rentang interval dari 70 sampai 113,
angka 92,53 berada pada kelas interval baik (92-102); 3) Berdasarkan hasil analisis
secara deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara motivasi kerja guru
terhadap efektivitas pembelajaran. Hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,395.
Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,63, maka selanjutnya dikonsultasikan pada
tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40 – 0,70 yang masuk dalam kategori sedang
atau cukup. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara motivasi kerja guru terhadap efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79
Barebbo.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Motivasi kerja guru di SD Inpres 12/79 Barebbo dapat dikatakan baik, karena rata-
rata jawaban angket para responden di peroleh nilai 93,53. Angka 93,53 berada
pada kategori baik (91-103).
2. Proses pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo dapat dikatakan baik, karena
rata-rata jawaban angket para responden di peroleh nilai 92,98. Angka 92,98
berada pada kategori baik (92-102).
3. Dari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara motivasi
kerja guru (variabel X) terhadap efektivitas pembelajaran (variabel Y) dengan
kuat, hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,63. Dari nilai Rxy yang diperoleh
sebanyak 0,63, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang
besarnya antara 0,40 – 0,70. Maka pengaruh motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo adalah sedang atau cukup.
Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, hendaknya menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
sebagaimana yang telah diatur serta maningkatkan motivasi kerja dalam
proses pembelajaran sehingga terciptanya siswa yang berprestasi.
2. Untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal, hendaknya untuk pihak
sekolah agar lebih mengembangkan dan meningkatkan motivasi dalam
bekerja sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan motivasi kerja guru di SD
Inpres 12/79 Barebbo.
terhadap efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo. Hal penting yang
dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mendeskrispsikan motivasi kerja guru di SD
Inpres 12/79 Barebbo, 2) untuk mendeskrispsikan proses pembelajaran di SD Inpres
12/79 Barebbo, dan 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field research dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan menyebarkan angket
kepada 36 responden siswa dan 9 responden guru. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kuantitatif (statistik). Selanjutnya, dalam menganalisis data,
penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik
uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi kerja guru di SD Inpres
12/79 Barebbo dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 93,53. Berdasarkan
rentang interval dari 80 sampai 103, angka 93,53 berada pada kelas interval baik (91-
97); 2) proses pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo juga dapat dikatakan baik
dengan perolehan nilai 92,98. Berdasarkan rentang interval dari 70 sampai 113,
angka 92,53 berada pada kelas interval baik (92-102); 3) Berdasarkan hasil analisis
secara deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara motivasi kerja guru
terhadap efektivitas pembelajaran. Hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,395.
Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,63, maka selanjutnya dikonsultasikan pada
tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40 – 0,70 yang masuk dalam kategori sedang
atau cukup. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara motivasi kerja guru terhadap efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79
Barebbo.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Motivasi kerja guru di SD Inpres 12/79 Barebbo dapat dikatakan baik, karena rata-
rata jawaban angket para responden di peroleh nilai 93,53. Angka 93,53 berada
pada kategori baik (91-103).
2. Proses pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo dapat dikatakan baik, karena
rata-rata jawaban angket para responden di peroleh nilai 92,98. Angka 92,98
berada pada kategori baik (92-102).
3. Dari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara motivasi
kerja guru (variabel X) terhadap efektivitas pembelajaran (variabel Y) dengan
kuat, hubungan antara dua variabel itu sebesar 0,63. Dari nilai Rxy yang diperoleh
sebanyak 0,63, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang
besarnya antara 0,40 – 0,70. Maka pengaruh motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo adalah sedang atau cukup.
Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Barebbo.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, hendaknya menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
sebagaimana yang telah diatur serta maningkatkan motivasi kerja dalam
proses pembelajaran sehingga terciptanya siswa yang berprestasi.
2. Untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal, hendaknya untuk pihak
sekolah agar lebih mengembangkan dan meningkatkan motivasi dalam
bekerja sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan motivasi kerja guru di SD
Inpres 12/79 Barebbo.
Ketersediaan
| STAR20160266 | 266/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
266/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
