Pentingnya Pengaruh pengelolaan Kelas Terhadap Peningkatan Minat Belajar dalam Pembelajaran Shorof pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah DDI Ponre
Ratnasari/02.12.2003 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk memahami pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap nilai pelajaran shorof pada siswa kelas dua pada Madrasah Aliyah DDI Ponre dan Untuk memahami pentingnya Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap peningkatan minat siswa dalam pembelajaran shorof pada kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan objek penelitian yaitu Pentingnya Pengaruh pengelolaan Kelas Terhadap Peningkatan Minat Belajar dalam Pembelajaran Shorof pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah DDI Ponre. Pengambilan data dilakukan dengan angket, metode tes dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Kuantitatif yang ditunjang dengan teknik persentase :
P=n/N x 100%
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh sangat penting untuk meningkatkan minat belajar dan nilai belajar siswa kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre. Sebelum melakukan pengelolaan kelas (perubahan tempat duduk) nilai belajar siswa secara individu dan klasikal hanya 42,9% dibawah nilai ketuntasan sama dengan atau lebih besar dari 85%. Setelah melakukan pengelolaan kelas (perubahan tempat duduk) nilai ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal meningkat menjadi 90,5%. Dengan meningkatnya minat belajar siswa juga mempengaruhi nilai belajar siswa.
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut :
1.Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Shorof pada kelas dua Madrasah aliyah DDI Ponre. Hal ini dapat dilhat bahwa setalah perubahan temapt duduk maka siswa dapat lebih jelas mendengar penjelasan dari guru, dapat melihat ke papan tulis dengan baik tanpa harus terhalang dengan siswa yang berada didepan. Interaksi antara guru dan siswa dapat dengan cepat terjadi karena guru dapat memperhatikan semua siswa tanpa harus meninggalkan tempat.
2.Pengelolaan kelas juga dapat meningkatkan nilai belajar siswa kelas dua pada Madrasah Aliyah DDI Ponre. Hal ini dapat dilihat bahwa sebelum perubahan tempat duduk nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal 42,9%. setalah perubahan tempat duduk nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal 90,5%. kenaikan nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal menandakan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh sangar besar terhadap nilai hasil belajar siswa kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre.
B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dulakukan maka peneliti menyarangkan kepada guru mata pelajaran Bahasa Arab untuk dapat menerapkan pengelolaan kelas terutama perubahan tempat duduk dengan huruf U karena lebih efektif dalam proses belajar mengajar pada kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre.
P=n/N x 100%
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh sangat penting untuk meningkatkan minat belajar dan nilai belajar siswa kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre. Sebelum melakukan pengelolaan kelas (perubahan tempat duduk) nilai belajar siswa secara individu dan klasikal hanya 42,9% dibawah nilai ketuntasan sama dengan atau lebih besar dari 85%. Setelah melakukan pengelolaan kelas (perubahan tempat duduk) nilai ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal meningkat menjadi 90,5%. Dengan meningkatnya minat belajar siswa juga mempengaruhi nilai belajar siswa.
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut :
1.Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Shorof pada kelas dua Madrasah aliyah DDI Ponre. Hal ini dapat dilhat bahwa setalah perubahan temapt duduk maka siswa dapat lebih jelas mendengar penjelasan dari guru, dapat melihat ke papan tulis dengan baik tanpa harus terhalang dengan siswa yang berada didepan. Interaksi antara guru dan siswa dapat dengan cepat terjadi karena guru dapat memperhatikan semua siswa tanpa harus meninggalkan tempat.
2.Pengelolaan kelas juga dapat meningkatkan nilai belajar siswa kelas dua pada Madrasah Aliyah DDI Ponre. Hal ini dapat dilihat bahwa sebelum perubahan tempat duduk nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal 42,9%. setalah perubahan tempat duduk nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal 90,5%. kenaikan nilai rata-rata belajar siswa secara individu dan secara klasikal menandakan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh sangar besar terhadap nilai hasil belajar siswa kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre.
B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dulakukan maka peneliti menyarangkan kepada guru mata pelajaran Bahasa Arab untuk dapat menerapkan pengelolaan kelas terutama perubahan tempat duduk dengan huruf U karena lebih efektif dalam proses belajar mengajar pada kelas dua Madrasah Aliyah DDI Ponre.
Ketersediaan
| ST20170138 | 138/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
138/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
