Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Index Kepuasan Masyarakat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone

No image available for this title
Pelayanan yang baik tercermin dari setiap efektivitas dan efisiensi
kegiatan yang dilakukan dengan lancar. Semakin cepat dan akurat pelayanan
yang diberikan maka kualitas pelayanan akan semakin baik. Masyarakat
menyatakan pelayanan sangat berkualitas atau quality surprise apabila
kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat lebih besar dari harapanya, kemudian
masyarakat menyatakan puas apabila harapan masyarakat sama dengan
kenyataannya yang diinginkan, dan selanjutnya masyarakat menyatakan tidak
puas apabila kenyatan yang dirasakan tidak sesuai dengan keinginan
masyarakat. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan publik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan
dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kantor menggunakan 14
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Namun dari 14 indikator
kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan petugas masih perlu
ditingkatkan begipula dengan fasilitas kantor yang masih kurang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan :
1. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggunakan standar
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Empat belas
indikator fasilitas pelayanan belum mampu terpenuhi karena kurangnya
perhatian pemerintah daerah mengenai pemenuhan kebutuha standar
pelayanan publik.
2. Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan
menggunakan pedoman penyusunan indikator index kepausan masyarakat,
diketahui bahwa masyarakat di nyatakan puas dengan pelayanan yang
diberikan petugas/pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
namun dalam keempat belas indikator tersebut, kesopanan pegawai masih
harus ditingkatkan begitupula dengan fasilitas pelayanan kantor.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian ini, maka penulis dapat menyarankan
beberapa hal untuk pengembangan pengembangan pelayanan Kantor Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Bone.
1. Dalam peningkatan mutu kinerja pelayanan publik maka dalam fasilitas
pelayanan harus dilengkapi, agar kenyamanan dirasakan baik petugas
maupun masyaraka sebagai pengguna pelayanan.
2. Dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan
petugas kepada masyarakat dengan menerapkan 3S( senyum, sapa, dan
salam) sehingga masyarakat merasa nyaman, begitupula fasilitas
pelayanan harus ditingkatkan dengan penambahan tempat duduk maupun
dan perluasan ruang tunggu atau loket antrian.
Ketersediaan
SS20170240240/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

240/2017

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top