Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Index Kepuasan Masyarakat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone
Misnawati/01.13.3138 - Personal Name
Pelayanan yang baik tercermin dari setiap efektivitas dan efisiensi
kegiatan yang dilakukan dengan lancar. Semakin cepat dan akurat pelayanan
yang diberikan maka kualitas pelayanan akan semakin baik. Masyarakat
menyatakan pelayanan sangat berkualitas atau quality surprise apabila
kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat lebih besar dari harapanya, kemudian
masyarakat menyatakan puas apabila harapan masyarakat sama dengan
kenyataannya yang diinginkan, dan selanjutnya masyarakat menyatakan tidak
puas apabila kenyatan yang dirasakan tidak sesuai dengan keinginan
masyarakat. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan publik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan
dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kantor menggunakan 14
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Namun dari 14 indikator
kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan petugas masih perlu
ditingkatkan begipula dengan fasilitas kantor yang masih kurang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan :
1. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggunakan standar
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Empat belas
indikator fasilitas pelayanan belum mampu terpenuhi karena kurangnya
perhatian pemerintah daerah mengenai pemenuhan kebutuha standar
pelayanan publik.
2. Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan
menggunakan pedoman penyusunan indikator index kepausan masyarakat,
diketahui bahwa masyarakat di nyatakan puas dengan pelayanan yang
diberikan petugas/pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
namun dalam keempat belas indikator tersebut, kesopanan pegawai masih
harus ditingkatkan begitupula dengan fasilitas pelayanan kantor.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian ini, maka penulis dapat menyarankan
beberapa hal untuk pengembangan pengembangan pelayanan Kantor Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Bone.
1. Dalam peningkatan mutu kinerja pelayanan publik maka dalam fasilitas
pelayanan harus dilengkapi, agar kenyamanan dirasakan baik petugas
maupun masyaraka sebagai pengguna pelayanan.
2. Dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan
petugas kepada masyarakat dengan menerapkan 3S( senyum, sapa, dan
salam) sehingga masyarakat merasa nyaman, begitupula fasilitas
pelayanan harus ditingkatkan dengan penambahan tempat duduk maupun
dan perluasan ruang tunggu atau loket antrian.
kegiatan yang dilakukan dengan lancar. Semakin cepat dan akurat pelayanan
yang diberikan maka kualitas pelayanan akan semakin baik. Masyarakat
menyatakan pelayanan sangat berkualitas atau quality surprise apabila
kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat lebih besar dari harapanya, kemudian
masyarakat menyatakan puas apabila harapan masyarakat sama dengan
kenyataannya yang diinginkan, dan selanjutnya masyarakat menyatakan tidak
puas apabila kenyatan yang dirasakan tidak sesuai dengan keinginan
masyarakat. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan publik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan
dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kantor menggunakan 14
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Namun dari 14 indikator
kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan petugas masih perlu
ditingkatkan begipula dengan fasilitas kantor yang masih kurang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan :
1. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggunakan standar
indikator index kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Empat belas
indikator fasilitas pelayanan belum mampu terpenuhi karena kurangnya
perhatian pemerintah daerah mengenai pemenuhan kebutuha standar
pelayanan publik.
2. Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan
menggunakan pedoman penyusunan indikator index kepausan masyarakat,
diketahui bahwa masyarakat di nyatakan puas dengan pelayanan yang
diberikan petugas/pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
namun dalam keempat belas indikator tersebut, kesopanan pegawai masih
harus ditingkatkan begitupula dengan fasilitas pelayanan kantor.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian ini, maka penulis dapat menyarankan
beberapa hal untuk pengembangan pengembangan pelayanan Kantor Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Bone.
1. Dalam peningkatan mutu kinerja pelayanan publik maka dalam fasilitas
pelayanan harus dilengkapi, agar kenyamanan dirasakan baik petugas
maupun masyaraka sebagai pengguna pelayanan.
2. Dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, kesopanan dan keramahan
petugas kepada masyarakat dengan menerapkan 3S( senyum, sapa, dan
salam) sehingga masyarakat merasa nyaman, begitupula fasilitas
pelayanan harus ditingkatkan dengan penambahan tempat duduk maupun
dan perluasan ruang tunggu atau loket antrian.
Ketersediaan
| SS20170240 | 240/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
240/2017
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
