Implikasi Bauran Pemasaran Jasa terhadap Respon Konsumen pada PT. Pegadaian ( Persero) Cabang Watampone
Mulianty/01.13.3118 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang implikasi bauran pemasaran jasa terhadap respon konsumen pada PT. Pegadaian (Persero) cabang Watampone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi bauran pemasaran jasa terhadap respon konsumen, serta untuk mengetahui efisiensi penerapan bauran pemasaran jasa dengan melihat respon masyarakat. bauran pemasaran jasa yang dimaksud menggunakan 4P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place).
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan keilmuan sosiologis. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data yang diperoleh data primer yaitu hasil obeservasi dari survei langsung pada objek penelitian dan dari karyawan serta nasabah PT. Pegadaian cabang Watampone dan data sekunder ialah penelusuran berbagai referensi dan dokumen tempat penelitian terkait dengan penelitian yang terkait. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis melalui dua tahap yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Bauran pemasaran jasa secara umum mendapatkan respon konsumen yang baik dan positif sebagai strategi pemasaran, hal ini mendapatkan apresiasi yang baik dari konsumen dan mampu mempengaruhi ketertarikan beli konsumen. Implikasi keempat bauran ini, yaitu mampu menarik konsumen baru dan memperluas pangsa pasar serta loyalitas konsumen yang terjaga menjadi salah satu bukti pegadaian mampu mempertahankan eksistensinya dalam menghadapi persaingan. Dengan hasil respon konsumen yang baik menunjukkan penerapan bauran pemasaran ini terbilang efisien, usaha pegadaian dalam melakukan inovasi produk, penyebaran informasi yang yang tepat, serta tingkat harga yang terjangkau dengan persyaratan yang mudah dipenuhi menjadi alternatif bagi konsumen untuk mengkonsumsi aneka jasa yang ditawarkan pegadaian.
Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.Bauran pemasaran jasa secara umum mendapatkan respon konsumen yang baik dan positif sebagai strategi pemasaran, hal ini mendapatkan apresiasi yang baik dari konsumen dan mampu memberikan dampak bagi konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Implikasi keempat bauran ini, yaitu mampu menarik konsumen baru dan memperluas pangsa pasar serta loyalitas konsumen yang terjaga menjadi salah satu bukti pegadaian mampu mempertahankan eksistensinya dalam menghadapi persaingan.
2.Berdasarkan hasil respon konsumen tersebut, menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran ini efektif dalam melakukan inovasi produk, dan penyebaran informasi yang tepat, serta tingkat harga yang terjangkau dengan persyaratan yang mudah dipenuhi menjadi alternatif bagi konsumen untuk mengkonsumsi aneka jasa yang ditawarkan pegadaian.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis mengemukakan saran-saran sebagai berikut:
a.Bagi PT. Pegadaian (Persero) Cabang Watampone, agar terus berusaha dalam mengembangkan usahanya, agar tetap bertahan dan mampu bersaing. Selain itu, kegiatan promosi terhadap akad mulia, tabungan emas dan MPO (multi pelayanan on-line) lebih ditingkatkan karena masyarakat cenderung hanya mengenal Produk KCA (kredit cepet aman), sehingga masyarakat lebih tahu pentingnya melakukan investasi.
b.Selain itu, sebagai perusahaan yang berperan untuk membantu pemerintah dalam memajukan perekonomian negara, hendaknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan membimbing masyarakat agar memanfaatkan fasilitas pegadaian sebagai sarana dalam meningkatkan kesejahteraan hidup.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan keilmuan sosiologis. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data yang diperoleh data primer yaitu hasil obeservasi dari survei langsung pada objek penelitian dan dari karyawan serta nasabah PT. Pegadaian cabang Watampone dan data sekunder ialah penelusuran berbagai referensi dan dokumen tempat penelitian terkait dengan penelitian yang terkait. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis melalui dua tahap yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Bauran pemasaran jasa secara umum mendapatkan respon konsumen yang baik dan positif sebagai strategi pemasaran, hal ini mendapatkan apresiasi yang baik dari konsumen dan mampu mempengaruhi ketertarikan beli konsumen. Implikasi keempat bauran ini, yaitu mampu menarik konsumen baru dan memperluas pangsa pasar serta loyalitas konsumen yang terjaga menjadi salah satu bukti pegadaian mampu mempertahankan eksistensinya dalam menghadapi persaingan. Dengan hasil respon konsumen yang baik menunjukkan penerapan bauran pemasaran ini terbilang efisien, usaha pegadaian dalam melakukan inovasi produk, penyebaran informasi yang yang tepat, serta tingkat harga yang terjangkau dengan persyaratan yang mudah dipenuhi menjadi alternatif bagi konsumen untuk mengkonsumsi aneka jasa yang ditawarkan pegadaian.
Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.Bauran pemasaran jasa secara umum mendapatkan respon konsumen yang baik dan positif sebagai strategi pemasaran, hal ini mendapatkan apresiasi yang baik dari konsumen dan mampu memberikan dampak bagi konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Implikasi keempat bauran ini, yaitu mampu menarik konsumen baru dan memperluas pangsa pasar serta loyalitas konsumen yang terjaga menjadi salah satu bukti pegadaian mampu mempertahankan eksistensinya dalam menghadapi persaingan.
2.Berdasarkan hasil respon konsumen tersebut, menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran ini efektif dalam melakukan inovasi produk, dan penyebaran informasi yang tepat, serta tingkat harga yang terjangkau dengan persyaratan yang mudah dipenuhi menjadi alternatif bagi konsumen untuk mengkonsumsi aneka jasa yang ditawarkan pegadaian.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis mengemukakan saran-saran sebagai berikut:
a.Bagi PT. Pegadaian (Persero) Cabang Watampone, agar terus berusaha dalam mengembangkan usahanya, agar tetap bertahan dan mampu bersaing. Selain itu, kegiatan promosi terhadap akad mulia, tabungan emas dan MPO (multi pelayanan on-line) lebih ditingkatkan karena masyarakat cenderung hanya mengenal Produk KCA (kredit cepet aman), sehingga masyarakat lebih tahu pentingnya melakukan investasi.
b.Selain itu, sebagai perusahaan yang berperan untuk membantu pemerintah dalam memajukan perekonomian negara, hendaknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan membimbing masyarakat agar memanfaatkan fasilitas pegadaian sebagai sarana dalam meningkatkan kesejahteraan hidup.
Ketersediaan
| SS20170055 | 55/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
55/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
