Strategi Pemasaran PT. Suzuki Watampone Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Di Kab. Bone
Sujarno/01.13.3166 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran PT. Suzuki dalam
meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) bagaimana strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan
pangsa pasar di Kab. Bone, (2) faktor-faktor apa saja yang menghambat PT. Suzuki
Watampone dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi ekonomi dan
sentuhan psokologi yang didukung dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi dalam mengumpulka data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan deskriptif, yaitu analisis deduktif dan
induktif, dalam mengetahui strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone dalam
meningkatkan pangsa pasar.
Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone
dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone yaitu. Dengan strategi pelayanan
meliputi: (1) layanan via telpon dan SMS untuk mempermudah pelanggannya (2)
memberikan garansi service dan gratis 6 kali ganti oil (3) transaksi dilayani dengan
cepat dan setiap kritik dan saran pelanggan ditanggapi dengan serius. Kemudian
strategi promosi yang meliputi: (1) penyelenggaraan event-event, (1) iklan melalui
media massa, (3 )menyelenggarakaan diskon dan hadiah menarik dan bekerja sama
dengan leasing yang ternama untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan
transaksi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Strategi yang dilakukan PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan pangsa
pasar di Kab. Bone yaitu bauran pemasaran (mengeluarkan produk baru),
dengan melakukan berbagai strategi pemasaran meliputi pelayanan yang
dilayani secara cepat, melakukan strategi promosi, dan bekerja sama dengan
leasing untuk mempermudah planggan dalam melakukan transaksi kredit.
2. Faktor-faktor yang menghambat PT. Suzuki dalam meningkatkan pangsa
pasar, adalah: faktor yang menghambat adalah hal pertama, faktor internal,
yaitu PT. Suzuki Watampone dalam mempromosikan produk sepeda motor di
Kab. Bone kurang meluas ke polosok-polosok, Informasi persediaan motor
sulit didapat oleh sales. Kedua, faktor ekternal, yaitu persaingan industry yang
semakin meningkat, produk dikenal memiliki nilai jual kembali rendah, harga
sparepart sangat tinggi.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone, hendaknya PT. Suzuki
Watampone melakukan strategi promosi dengan melakukan pameran-pameran
hingga di polosok-polosok karena promosi yang dilakukan oleh PT. Suzuki
Watampone masih kurang meluas.
2. PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone.
Hendaklah melakukan perbaikan dalam sistem pendukung kinerja devisi
marketing agar informasi yang diterima oleh sales tidak mengalami
keterlambatan.
meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) bagaimana strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan
pangsa pasar di Kab. Bone, (2) faktor-faktor apa saja yang menghambat PT. Suzuki
Watampone dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi ekonomi dan
sentuhan psokologi yang didukung dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi dalam mengumpulka data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan deskriptif, yaitu analisis deduktif dan
induktif, dalam mengetahui strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone dalam
meningkatkan pangsa pasar.
Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran PT. Suzuki Watampone
dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone yaitu. Dengan strategi pelayanan
meliputi: (1) layanan via telpon dan SMS untuk mempermudah pelanggannya (2)
memberikan garansi service dan gratis 6 kali ganti oil (3) transaksi dilayani dengan
cepat dan setiap kritik dan saran pelanggan ditanggapi dengan serius. Kemudian
strategi promosi yang meliputi: (1) penyelenggaraan event-event, (1) iklan melalui
media massa, (3 )menyelenggarakaan diskon dan hadiah menarik dan bekerja sama
dengan leasing yang ternama untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan
transaksi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Strategi yang dilakukan PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan pangsa
pasar di Kab. Bone yaitu bauran pemasaran (mengeluarkan produk baru),
dengan melakukan berbagai strategi pemasaran meliputi pelayanan yang
dilayani secara cepat, melakukan strategi promosi, dan bekerja sama dengan
leasing untuk mempermudah planggan dalam melakukan transaksi kredit.
2. Faktor-faktor yang menghambat PT. Suzuki dalam meningkatkan pangsa
pasar, adalah: faktor yang menghambat adalah hal pertama, faktor internal,
yaitu PT. Suzuki Watampone dalam mempromosikan produk sepeda motor di
Kab. Bone kurang meluas ke polosok-polosok, Informasi persediaan motor
sulit didapat oleh sales. Kedua, faktor ekternal, yaitu persaingan industry yang
semakin meningkat, produk dikenal memiliki nilai jual kembali rendah, harga
sparepart sangat tinggi.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone, hendaknya PT. Suzuki
Watampone melakukan strategi promosi dengan melakukan pameran-pameran
hingga di polosok-polosok karena promosi yang dilakukan oleh PT. Suzuki
Watampone masih kurang meluas.
2. PT. Suzuki Watampone dalam meningkatkan pangsa pasar di Kab. Bone.
Hendaklah melakukan perbaikan dalam sistem pendukung kinerja devisi
marketing agar informasi yang diterima oleh sales tidak mengalami
keterlambatan.
Ketersediaan
| SS20170096. | 96/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
96/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
