Strategi Peningkatan Pangsa Pasar Mobil Toyota Agya dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (PT. Toyota Hadji Kalla di Watampone)
Rika Dwi Puji Ratna Sari/01.13.3158 - Personal Name
Tujuan Penelitian ini dilakukan 1). mengetahui posisi pangsa pasar dari mobil
Toyota Agya di dalam matriks MPPP. 2. Untuk mengetahui Strategi apa yang harus
di rumuskan oleh PT Toyota Hadji Kalla jika di didasarkan pada matriks MPPP 3).
Untuk mengetahui Strategi yang dilakukan PT Toyota Hadji Kalla untuk
meningkatkan penjualan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Field reseacrh (Penelitian
Lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam
terhadap suatu obyek yang di lapangan untuk rmemperoleh informasi dan data sesuai
permasalahan penelitian dengan mengunakan pendekatan kualitatif, dalam
memperoleh data dalam penelitian ini. Maka penulis mengunakan tehnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tehnik Analisis
data menggunakan Matrik MPPP yang digunakan untuk mengetahui posisi tingkat
pertumbuhan pangsa pasar pada PT. Toyota Hadji Kalla.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pangsa pasar penjualan mobil
Toyota Agya pada PT Toyota Hadji Kalla mendapatkan tempat yang bagus dengan
kedudukan Star hal ini ditunjukkan dengan 56,03 % tercapainya prestasi penjualan
yang bagus tidak terlepas dari strategi yang digunakan berupa perumusan matriks
MPPP hasil dari situ lahirlah strategi pertumbuhan yang selalu memperhatikan dan
peningkatan penjualan mobil Agya, selain itu pula tidak terlepas peran karyawan
yang memberikan nuansa islami pada proses penjualan mobil Toyota Agya
mengedepankan kenyaman, keamanan, kualitas barang serta memberikan keuntungan
kepada Custemer baik yang calon maupunn purna jual.
Implikasi dari penelitian ini ialah 1) seyogyanya PT Toyota Hadji Kalla
mengambil strategi yang lebih baik untuk meningkatkan perjualan mobil Toyota
Agya agar produk ini bisa bersaing secara sehat dengan pesaing-pesaingnya. 2).
bahwa eksistensi etika dalam wacana bisnis merupakan keharusan yang tak
terbantahkan. Dalam situasi dunia bisnis membutuhkan etika Islam Mulai dari prinsip
dasar, pokok-pokok kerusakan dalamperdagangan, faktor-faktor produksi, tenaga
kerja, modal organisasi, distribusi kekayaan, masalah upah, barang dan jasa,
kualifikasi dalam bisnis, sampai kepada etika sosio ekonomik menyangkut hak milik
dan hubungan sosial.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan oleh penulis maka
dapat memberikan kesimpulan yaitu:
1. Posisi pangsa pasar menunjukkan bahwa penjualan mobil Agya PT Toyota
Hadji Kalla di Kab. Bone dalam matriks MPP mengalami peningkatan tinggi
dengan angka penjualan dari tahun 2013-2016 mampu menyapai 563 atau
56,03% terjual dan mampu mengantar keposisi tinggi (Star).
2. Strategi yang dirumuskan oleh PT Toyota Hadji Kalla untuk yang berdasarkan
dekan matrks MPPP adalah Strategi pertumbuhan (growth stratey) menjadi
pilihan pertama karena Jusaha peningkatan pangsa pasar juga dilakukan dengan
akuisisi horizontal.
3. Etika Bisnis yang diterapkan melakukan jual beli yaitu masih cenderung
mengunakan konsep konvensional ketimbang konsep syariah. seperti
berlebihan dalam mengambil keuntungan, cara berinteraksi dilakukan dengan
baik dan mencatat transaksi yang dilakukan. Pada saat melayani seorang
pembeli atau konsumen, dilain sisi perusahaan selalumemperhatikan sikap yang
baik kepada semua konsumen. Seperti sikap jujur, Penetapan harga produk
sudah sesuai dengan prinsip keadilan dalam Islam. Tidak ada unsur kedzaliman
terhadap konsumen, karena antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa
dirugikan. Penjual memperoleh keuntungan dan pembeli atau konsumen
memperoleh barang dengan harga yang wajar.
B. Saran
Berdasarkan analisa dan kesimpulan, maka penulis memberikan saran-saran
yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penjualan yang lebih
baik lagi. Adapun saran-saran yang penulis kemukakan terhadap penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang terdiri atas segmentasi, target dan posisi pasar secara
bersama-sama berpengaruh terhadap pangsa pasar PTToyota Hadji Kalla. Hal
ini menjelaskan bahwa berdasarkan permintaan dan volume tersebut
menunjukkan persentase MPPP yang fluktuatif, tidak terlepas dari penerapan
strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan mulai dari segmentasi, target
dan posisi pasar yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan pangsa pasar dan senantiasa mempertahankan dan sekaligus
meningkatkan pelayanan kepada konsumen maupun calon konsumen
khususnya pelayanan purna jual.
2. Terapkanlah sikap jujur, baik dalam melakukan sebuah usaha ataupun kegiatan
sehari-hari. Karena sifat jujur akan membawa kita pada keadaan yang lebih baik
dan apapun yang kita dapatkan akan selalu diberkahi oleh Allah swt.
3. Untuk memberikan nuangsa yang berbeda dalam berbisnis Islami hendaknya
menonjolkan sikap tablig yaitu mengajak orang lain melakukan hal-hal yang
sesuai dengan ajaran Islam ini merupakan salah satu strategi berjualan sambil
berdakwah.
Toyota Agya di dalam matriks MPPP. 2. Untuk mengetahui Strategi apa yang harus
di rumuskan oleh PT Toyota Hadji Kalla jika di didasarkan pada matriks MPPP 3).
Untuk mengetahui Strategi yang dilakukan PT Toyota Hadji Kalla untuk
meningkatkan penjualan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Field reseacrh (Penelitian
Lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam
terhadap suatu obyek yang di lapangan untuk rmemperoleh informasi dan data sesuai
permasalahan penelitian dengan mengunakan pendekatan kualitatif, dalam
memperoleh data dalam penelitian ini. Maka penulis mengunakan tehnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tehnik Analisis
data menggunakan Matrik MPPP yang digunakan untuk mengetahui posisi tingkat
pertumbuhan pangsa pasar pada PT. Toyota Hadji Kalla.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pangsa pasar penjualan mobil
Toyota Agya pada PT Toyota Hadji Kalla mendapatkan tempat yang bagus dengan
kedudukan Star hal ini ditunjukkan dengan 56,03 % tercapainya prestasi penjualan
yang bagus tidak terlepas dari strategi yang digunakan berupa perumusan matriks
MPPP hasil dari situ lahirlah strategi pertumbuhan yang selalu memperhatikan dan
peningkatan penjualan mobil Agya, selain itu pula tidak terlepas peran karyawan
yang memberikan nuansa islami pada proses penjualan mobil Toyota Agya
mengedepankan kenyaman, keamanan, kualitas barang serta memberikan keuntungan
kepada Custemer baik yang calon maupunn purna jual.
Implikasi dari penelitian ini ialah 1) seyogyanya PT Toyota Hadji Kalla
mengambil strategi yang lebih baik untuk meningkatkan perjualan mobil Toyota
Agya agar produk ini bisa bersaing secara sehat dengan pesaing-pesaingnya. 2).
bahwa eksistensi etika dalam wacana bisnis merupakan keharusan yang tak
terbantahkan. Dalam situasi dunia bisnis membutuhkan etika Islam Mulai dari prinsip
dasar, pokok-pokok kerusakan dalamperdagangan, faktor-faktor produksi, tenaga
kerja, modal organisasi, distribusi kekayaan, masalah upah, barang dan jasa,
kualifikasi dalam bisnis, sampai kepada etika sosio ekonomik menyangkut hak milik
dan hubungan sosial.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan oleh penulis maka
dapat memberikan kesimpulan yaitu:
1. Posisi pangsa pasar menunjukkan bahwa penjualan mobil Agya PT Toyota
Hadji Kalla di Kab. Bone dalam matriks MPP mengalami peningkatan tinggi
dengan angka penjualan dari tahun 2013-2016 mampu menyapai 563 atau
56,03% terjual dan mampu mengantar keposisi tinggi (Star).
2. Strategi yang dirumuskan oleh PT Toyota Hadji Kalla untuk yang berdasarkan
dekan matrks MPPP adalah Strategi pertumbuhan (growth stratey) menjadi
pilihan pertama karena Jusaha peningkatan pangsa pasar juga dilakukan dengan
akuisisi horizontal.
3. Etika Bisnis yang diterapkan melakukan jual beli yaitu masih cenderung
mengunakan konsep konvensional ketimbang konsep syariah. seperti
berlebihan dalam mengambil keuntungan, cara berinteraksi dilakukan dengan
baik dan mencatat transaksi yang dilakukan. Pada saat melayani seorang
pembeli atau konsumen, dilain sisi perusahaan selalumemperhatikan sikap yang
baik kepada semua konsumen. Seperti sikap jujur, Penetapan harga produk
sudah sesuai dengan prinsip keadilan dalam Islam. Tidak ada unsur kedzaliman
terhadap konsumen, karena antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa
dirugikan. Penjual memperoleh keuntungan dan pembeli atau konsumen
memperoleh barang dengan harga yang wajar.
B. Saran
Berdasarkan analisa dan kesimpulan, maka penulis memberikan saran-saran
yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penjualan yang lebih
baik lagi. Adapun saran-saran yang penulis kemukakan terhadap penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang terdiri atas segmentasi, target dan posisi pasar secara
bersama-sama berpengaruh terhadap pangsa pasar PTToyota Hadji Kalla. Hal
ini menjelaskan bahwa berdasarkan permintaan dan volume tersebut
menunjukkan persentase MPPP yang fluktuatif, tidak terlepas dari penerapan
strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan mulai dari segmentasi, target
dan posisi pasar yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan pangsa pasar dan senantiasa mempertahankan dan sekaligus
meningkatkan pelayanan kepada konsumen maupun calon konsumen
khususnya pelayanan purna jual.
2. Terapkanlah sikap jujur, baik dalam melakukan sebuah usaha ataupun kegiatan
sehari-hari. Karena sifat jujur akan membawa kita pada keadaan yang lebih baik
dan apapun yang kita dapatkan akan selalu diberkahi oleh Allah swt.
3. Untuk memberikan nuangsa yang berbeda dalam berbisnis Islami hendaknya
menonjolkan sikap tablig yaitu mengajak orang lain melakukan hal-hal yang
sesuai dengan ajaran Islam ini merupakan salah satu strategi berjualan sambil
berdakwah.
Ketersediaan
| SS20170182 | 182/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
182/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
