Analisis Kepuasan Pelanggan pada PT. Adira Finance Cabang Bone
Junaidi/01.13.3102 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang tingkat kepuasan pelanggan PT. Adira Finance. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan pada PT. Adira Finance Cabang Bone, dan 2) Mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pada PT. Adira Finance Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber data yaitu primer, sekunder, populasi dan sampel, serta beberapa metode yaitu antara lain : metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Alat ukur yang digunakan berupa uji validitas dan reliabilitas selanjutnya menggunakan analisis data dengan menggunakan metode analisis penilaian dan deskriptif dari item parameter pengaruh kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan PT. Adira Finance berada pada kategori puas. Sedangkan faktor pengaruh tingkat kepuasan pelanngan PT. Adira Finance adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan.
A.Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan yang sesuai dengan perumusan dan tujuan penelitian. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan antara lain :
1.Tingkat kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur untuk menilai seberapa puasnya pelanggan atas pelayanan yang didapatkan. Hasil pengukuran tingkat kepuasan pelanggan pada PT. Adira Finance Cabang Bone mencapai skor 6020. Berdasarakan nilai tersebut, kelas tingkat kepuasan pelanggan PT. Adira Finance berada pada kategori “puas” yang berarti baik. Hal ini di karenakan skor 6020 terdapat pada interval 5574 – 6885, yang berarti puas, sehingga kinerjanya dapat dikatakan baik.
2.Kepuasan pelanggan sangat ditentukan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain : kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi, harga dan biaya. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dari hasil penilaian wawancara yang memiliki muatan faktor pengaruh tingkat kepuasan pelanggan, maka dapat disimpulkan tingkat kepuasan PT. Adira Finance dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan. Hal ini dikarenakan, hasil analisa dari lima indikator pelayanan PT. Adira Finance, 4 Indikator pelayanan yang menggambarkan kualitas pelayanan dan 1 indikator lainnya mengambarkan kualitas produk.
B. Implikasi
Berdasarakan hasil pengamatan dan temuan pada saat penelitian berlangsung, terdapat permasalahan yang kiranya perlu menjadi saran kepada PT. Adira Finance terkait dengan tingkat kepuasan pelanggan, antara lain :
1.Berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan PT. Adira Finance terdapat beberapa item parameter tingkat kepuasan pelanggan yang memiliki penilaian yang rendah, antara lain : 1) tersedianya pos di beberapa daerah guna mempermudah pengajuan kredit, dan 2) konfirmasi penagihan jika terjadi penunggakan atau belum membayarkan angsuran 1-2 bulan. Dalam hal tersebut disarankan PT. Adira Finance kiranya dapat memperbaiki sistem tersebut untuk memudahkan dan lebih konfirmatif.
2.Strategi dalam peningkatan kepuasan pelanggan PT. Adira Finance perlu memperhatikan elemen faktor emosi, harga dan biaya. Sebagai contoh untuk elemen faktor emosi yaitu pelanggan merasa bangga di lingkungan sekitarnya ketika menjadi salah satu bagian pelanggan dari PT. Adira Finance dibandingkan dengan pembiayaan lainnya. Maka dari itu perlu sebuah perumusan yang brilian terkait dengan elemen faktor emosi, biaya dan harga, agar peningkatan jumlah pelanggan PT. Adira Finance semakin meningkat dan dapat menjadi pembiayaan yang unggul dan terpercaya.
Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber data yaitu primer, sekunder, populasi dan sampel, serta beberapa metode yaitu antara lain : metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Alat ukur yang digunakan berupa uji validitas dan reliabilitas selanjutnya menggunakan analisis data dengan menggunakan metode analisis penilaian dan deskriptif dari item parameter pengaruh kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan PT. Adira Finance berada pada kategori puas. Sedangkan faktor pengaruh tingkat kepuasan pelanngan PT. Adira Finance adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan.
A.Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan yang sesuai dengan perumusan dan tujuan penelitian. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan antara lain :
1.Tingkat kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur untuk menilai seberapa puasnya pelanggan atas pelayanan yang didapatkan. Hasil pengukuran tingkat kepuasan pelanggan pada PT. Adira Finance Cabang Bone mencapai skor 6020. Berdasarakan nilai tersebut, kelas tingkat kepuasan pelanggan PT. Adira Finance berada pada kategori “puas” yang berarti baik. Hal ini di karenakan skor 6020 terdapat pada interval 5574 – 6885, yang berarti puas, sehingga kinerjanya dapat dikatakan baik.
2.Kepuasan pelanggan sangat ditentukan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain : kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi, harga dan biaya. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dari hasil penilaian wawancara yang memiliki muatan faktor pengaruh tingkat kepuasan pelanggan, maka dapat disimpulkan tingkat kepuasan PT. Adira Finance dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan. Hal ini dikarenakan, hasil analisa dari lima indikator pelayanan PT. Adira Finance, 4 Indikator pelayanan yang menggambarkan kualitas pelayanan dan 1 indikator lainnya mengambarkan kualitas produk.
B. Implikasi
Berdasarakan hasil pengamatan dan temuan pada saat penelitian berlangsung, terdapat permasalahan yang kiranya perlu menjadi saran kepada PT. Adira Finance terkait dengan tingkat kepuasan pelanggan, antara lain :
1.Berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan PT. Adira Finance terdapat beberapa item parameter tingkat kepuasan pelanggan yang memiliki penilaian yang rendah, antara lain : 1) tersedianya pos di beberapa daerah guna mempermudah pengajuan kredit, dan 2) konfirmasi penagihan jika terjadi penunggakan atau belum membayarkan angsuran 1-2 bulan. Dalam hal tersebut disarankan PT. Adira Finance kiranya dapat memperbaiki sistem tersebut untuk memudahkan dan lebih konfirmatif.
2.Strategi dalam peningkatan kepuasan pelanggan PT. Adira Finance perlu memperhatikan elemen faktor emosi, harga dan biaya. Sebagai contoh untuk elemen faktor emosi yaitu pelanggan merasa bangga di lingkungan sekitarnya ketika menjadi salah satu bagian pelanggan dari PT. Adira Finance dibandingkan dengan pembiayaan lainnya. Maka dari itu perlu sebuah perumusan yang brilian terkait dengan elemen faktor emosi, biaya dan harga, agar peningkatan jumlah pelanggan PT. Adira Finance semakin meningkat dan dapat menjadi pembiayaan yang unggul dan terpercaya.
Ketersediaan
| SS20170082 | 82/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
82/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
