Peran Guru PAI dalam Menanamkan Sifat Husn al-ẓanni bagi Siswa SMP Pesantren Putri Al-Manawwarah Desa Panyili kec. Palakka Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas Peran Guru PAI dalam Menanamkan sifat Husn al-ẓanni bagi Siswa SMP Pesantren Putri al-Manawwarah Desa Panyili Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Tujuan skripsi tersebut yaitu untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menanamkan sifat husn al-ẓanni bagi siswa dan mendeskripsikan penerapan sifat husn al-ẓanni siswa karena masih ada sebagian siswa yang belum mampu memahami dan menerapkan sifat husn al-ẓanni dalam kesehariannya. Karena itu skripsi ini dibuat agar siswa dapat memahami husn al-ẓanni.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang telah dilakukan guru PAI sangat baik, karena guru memberikan teladan yang baik terhadap siswa, sehingga siswa mampu menjadikan seorang guru PAI sebagai teladan yang baik. Upaya yang telah dilakukan guru PAI yaitu memberikan nasehat pada setiap siswa agar saat proses pembelajaran diharapkan dapat memperhatikan materi yang disampaikan agar siswa mampu memahaminya secara cepat dan tepat. Strategi dan metode yang digunakan guru PAI sudah tepat karena siswa mampu memahami materi yang disampaikan melalui metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan yang paling berhasil adalah metode demonstrasi. Guru pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam menanamkan sifat husn al-ẓanni dalam diri siswa, guru pendidikan Islam senantiasa memberikan teladan terhadap siswa agar mampu menanamkan sifat husn al-ẓanni dalam kesehariannya dengan cara mengajarkan siswa atau membiasakan siswa untuk melakukan shalat dhuha dan shalat duhur sebelum pulang sekolah. Dalam proses belajar mengajar siswa juga diajarkan senantiasa untuk bekerja sama agar terjadi saling percaya terhadap siswa, yang mampu membuat siswa untuk memiliki sifat husn al-ẓanni.
Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1.Upaya yang telah dilakukan guru PAI sangat baik, karena guru memberikan teladan yang baik terhadap siswa, sehingga siswa mampu menjadikan seorang guru PAI sebagai teladan yang baik. Upaya yang telah dilakukan guru PAI yaitu memberikan nasehat pada setiap siswa agar saat proses pembelajaran diharapkan dapat memperhatikan materi yang disampaikan agar siswa mampu memahaminya secara cepat dan tepat. Strategi dan metode yang digunakan guru PAI sudah tepat karena siswa mampu memahami materi yang disampaikan melalui metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan yang paling berhasil adalah metode demonstrasi.
2.Guru pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam menanamkan sifat husn al-ẓanni dalam diri siswa, guru pendidikan Islam senantiasa memberikan teladan terhadap siswa agar mampu menanamkan sifat husn al-ẓanni dalam kesehariannya dengan cara mengajarkan siswa atau membiasakan siswa untuk melakukan shalat dhuha dan shalat duhur sebelum pulang sekolah. Dalam proses belajar mengajar siswa juga diajarkan senantiasa untuk bekerja sama agar terjadi saling percaya terhadap siswa, yang mampu membuat siswa untuk memiliki sifat husn al-ẓanni.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Setiap guru harus selalu memperhatikan akhlak peserta didik dan terus mengupayakan yang terbaik, agar terbentuk sosok pribadi peserta didik yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Rasulullah saw.,
2.Hendaknya dalam pelaksanaan pendidikan, guru PAI tidak hanya menjadi pusat penanaman dan pembinaan akhlak, akan tetapi dari guru yang lain juga mampu menjadi pusat penanaman dan pembinaan akhlak.
3.Sebagai seorang guru sekaligus figur central, agar kiranya mempertahankan sikap dan tetap menjadi teladan yang baik bagi siswa dalam menanamkan nilai-nilai ajara Islam.
4.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada semua pihak khususnya para guru dan siswa agar tertanam akhlak mulia (akhlak yang baik atau terpuji).

Ketersediaan
ST20170128128/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

128/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top