Urgensi Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Semangat Nasionalisme Di SMPN 3 Sibulue
Ahmad Rusyaid Rapi/02.13.1062 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pendidikan Islam dalam pembinaan
semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana implementasi pendidikan Islam dalam pembinaan semangat
nasionalisme di SMPN 3 Sibulue dan bagaimana urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian library research dan field research dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan jenis data yang terkumpul,
maka teknik yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan menggunakan teknik
pengolahan dan analisis data kualitatif. Kemudian data yang terkumpul diolah lalu di
analisis melalui dua tahap yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme terhadap siswa yaitu mengajarkan kepada
pendidik dan peserta didik agar menerapkan sikap nasionalis dalam proses
pembelajaran agar tertanam nilai-nilai kecintaan terhadap bangsa dan negara namun
sesuai dengan koridor Islam. Sedangkan implementasi pendidikan Islam sudah di
laksanakan dengan baik, walaupun masih perlu adanya kerjasama antara pendidik
dengan peserta didik, dan suasana belajar yang nasionalis sangat menggembirakan
dan menyenangkan siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue, maka simpulan yang dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Nasionalisme dapat diartikan sebagai kesadaran keanggotaan dalam suatu
bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai,
mempertahankan dan mengabdikanidentitas, integritas, kemakmuran dan
kekuatan bangsa itu.
2. Nilai-nilai nasionalisme perlu ditanamkan pada generasi muda agar terbentuk
generasi yang nasionalis.
B. Saran
Berdasarkan hasil pengamatan dalam hasil penelitian ini, maka berikut ini
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan dan mengambil
kebijakan yang sesuai dengan nilai-nilai nasionalisme.
2. Diharapkan nilai-nilai nasionalisme dapat ditanamkan pada generasi muda
agar terbentuk generasi yang nasionalis.
3. Diharapkan pengembangan nilai-nilai nasionalisme di sekolah dapat dipahami
oleh semua elemen, baik pendidik maupaun peserta didik, agar tercipta proses
pembelajaran yang baik.
semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana implementasi pendidikan Islam dalam pembinaan semangat
nasionalisme di SMPN 3 Sibulue dan bagaimana urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian library research dan field research dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan jenis data yang terkumpul,
maka teknik yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan menggunakan teknik
pengolahan dan analisis data kualitatif. Kemudian data yang terkumpul diolah lalu di
analisis melalui dua tahap yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme terhadap siswa yaitu mengajarkan kepada
pendidik dan peserta didik agar menerapkan sikap nasionalis dalam proses
pembelajaran agar tertanam nilai-nilai kecintaan terhadap bangsa dan negara namun
sesuai dengan koridor Islam. Sedangkan implementasi pendidikan Islam sudah di
laksanakan dengan baik, walaupun masih perlu adanya kerjasama antara pendidik
dengan peserta didik, dan suasana belajar yang nasionalis sangat menggembirakan
dan menyenangkan siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi pendidikan Islam dalam
pembinaan semangat nasionalisme di SMPN 3 Sibulue, maka simpulan yang dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Nasionalisme dapat diartikan sebagai kesadaran keanggotaan dalam suatu
bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai,
mempertahankan dan mengabdikanidentitas, integritas, kemakmuran dan
kekuatan bangsa itu.
2. Nilai-nilai nasionalisme perlu ditanamkan pada generasi muda agar terbentuk
generasi yang nasionalis.
B. Saran
Berdasarkan hasil pengamatan dalam hasil penelitian ini, maka berikut ini
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan dan mengambil
kebijakan yang sesuai dengan nilai-nilai nasionalisme.
2. Diharapkan nilai-nilai nasionalisme dapat ditanamkan pada generasi muda
agar terbentuk generasi yang nasionalis.
3. Diharapkan pengembangan nilai-nilai nasionalisme di sekolah dapat dipahami
oleh semua elemen, baik pendidik maupaun peserta didik, agar tercipta proses
pembelajaran yang baik.
Ketersediaan
| ST20170282 | 282/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
282/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
