Urgensi Pembelajaran Makhārijul Al-Huruf Dalam Peningkatan Kualitas Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Di SD Inpres 4/82 Arasoe Kec. Cina
Andi Khaerun Ramadhan/ 02.13.1119 - Personal Name
Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pentingnya
pembelajaran makhārijul al-huruf dalam peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis
al-Qur’an bagi peserta didik di SD Inpres 4/82 Arasoe Kec. Cina melalui metode
Iqro’.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan data
yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian
dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis. Hasil belajar yang dicapai peserta
didik adalah mengalami peningkatan secara signifikan setelah menggunakan metode
Iqro dalam pembelajaran meskipun dari beberapa penturan siswa menyebutkan
bahwa materi makhārijul al-huruf cukup sulit.
Penelitian ini akan memberikan sumbangsi terhadap dunia pendidikan agam
Islam dalam kaitannya peningkatkan kualitas baca tulis al-Quran bagi peserta didik
melalui pembelajaran makhārijul al-huruf. Oleh karena itu, pelajaran baca tulis al-
Qur’an mengajarkan tentang penyebutan huruf hijaiyah serta mengetahui tempat
keluarnya huruf atau biasa disebut dengan makhārijul al-huruf. Untuk pembelajaran
materi makhārijul al-huruf, guru menggunakan metode Iqro’ karena menekankan
langsung pada latihan membaca.
A. Kesimpulan
1. Pembelajaran makhārijul al-huruf sangat penting untuk dipelajari karena
dalam pembelajarannya, peserta didik akan mengetahui tempat keluarnya
huruf tersebut serta dapat melafalkan huruf dengan baik dan benar. Sebab, jika
penyebutan huruf salah, maka akan menimbulkan arti yang berbeda pula. Oleh
karena itu, guru Baca Tulis Al-Quran berupaya menerapkan pembelajaran
makhārijul al-huruf untuk peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis Al-
Quran bagi peserta didik. Metode Iqro adalah metode yang digunakan dalam
menerapkan materi makhārijul al-huruf. Selain itu untuk membuat suasana
kelas lebih aktif, guru menggunakan metode PAIKEM.
2. Peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis Al-Quran digunakan metode
Iqro’ karena tindak lanjut dari metode Iqro’ adalah bacaan langsung tanpa
dieja, artinya tidak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyyah. Jadi, sebagai
langkah awal, pendidik Baca Tulis Al-Qur’an melatih penyebutan huruf
hijaiyyah berdasarkan makhārijul al-huruf.Sedangkan hasil belajar yang
dicapai peserta didik adalah mengalami peningkatan secara signifikan setelah
menggunakan metode Iqro dalam pembelajaran meskipun dari beberapa
penturan siswa menyebutkan bahwa materi makhārijul al-huruf cukup sulit.
3. Materi makhārijul al-huruf yang diberikan mampu menarik perhatian peserta
didik dengan inovasi pembelajaran menggunakan strategi PAIKEM.Selain itu,
metode Iqro dalam memahami makhārijul al-huruf lebih mudah untuk
dipahami peserta didik, baik dari segi pengucapan maupun saat membaca
suatu kalimat.Proses pembelajaran yang intense dan latihan yang terus-
menerus dilakukan akan mampu meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik
tersebut.
B. Saran
Dengan melihat hasil penelitian terkait dengan urgensi pembelajaran
makhārijul al-huruf dalam peningkatan kualitas kemampuan baca tulis al-qur’an bagi
peserta didik di SD Inpres 4/82 Arasoe Kec.Cina melalui metode Iqro’, maka sangat
disarankan kepada pendidik untuk menekankan pembelajaran makhārijul al-huruf
terutama tentang penyebutan huruf dengan baik dan benar untuk menghindari
kesalahan-kesalahan. Oleh karena itu, pentingnya pembelajaran makhārijul al-huruf
melalui metode Iqro’ adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan guna
meningkatkan hasil belajar siswa sejak dini.Tidak hanya pada pembelajaran saja
tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
pembelajaran makhārijul al-huruf dalam peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis
al-Qur’an bagi peserta didik di SD Inpres 4/82 Arasoe Kec. Cina melalui metode
Iqro’.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan data
yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian
dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis. Hasil belajar yang dicapai peserta
didik adalah mengalami peningkatan secara signifikan setelah menggunakan metode
Iqro dalam pembelajaran meskipun dari beberapa penturan siswa menyebutkan
bahwa materi makhārijul al-huruf cukup sulit.
Penelitian ini akan memberikan sumbangsi terhadap dunia pendidikan agam
Islam dalam kaitannya peningkatkan kualitas baca tulis al-Quran bagi peserta didik
melalui pembelajaran makhārijul al-huruf. Oleh karena itu, pelajaran baca tulis al-
Qur’an mengajarkan tentang penyebutan huruf hijaiyah serta mengetahui tempat
keluarnya huruf atau biasa disebut dengan makhārijul al-huruf. Untuk pembelajaran
materi makhārijul al-huruf, guru menggunakan metode Iqro’ karena menekankan
langsung pada latihan membaca.
A. Kesimpulan
1. Pembelajaran makhārijul al-huruf sangat penting untuk dipelajari karena
dalam pembelajarannya, peserta didik akan mengetahui tempat keluarnya
huruf tersebut serta dapat melafalkan huruf dengan baik dan benar. Sebab, jika
penyebutan huruf salah, maka akan menimbulkan arti yang berbeda pula. Oleh
karena itu, guru Baca Tulis Al-Quran berupaya menerapkan pembelajaran
makhārijul al-huruf untuk peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis Al-
Quran bagi peserta didik. Metode Iqro adalah metode yang digunakan dalam
menerapkan materi makhārijul al-huruf. Selain itu untuk membuat suasana
kelas lebih aktif, guru menggunakan metode PAIKEM.
2. Peningkatan kualitas kemampuan Baca Tulis Al-Quran digunakan metode
Iqro’ karena tindak lanjut dari metode Iqro’ adalah bacaan langsung tanpa
dieja, artinya tidak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyyah. Jadi, sebagai
langkah awal, pendidik Baca Tulis Al-Qur’an melatih penyebutan huruf
hijaiyyah berdasarkan makhārijul al-huruf.Sedangkan hasil belajar yang
dicapai peserta didik adalah mengalami peningkatan secara signifikan setelah
menggunakan metode Iqro dalam pembelajaran meskipun dari beberapa
penturan siswa menyebutkan bahwa materi makhārijul al-huruf cukup sulit.
3. Materi makhārijul al-huruf yang diberikan mampu menarik perhatian peserta
didik dengan inovasi pembelajaran menggunakan strategi PAIKEM.Selain itu,
metode Iqro dalam memahami makhārijul al-huruf lebih mudah untuk
dipahami peserta didik, baik dari segi pengucapan maupun saat membaca
suatu kalimat.Proses pembelajaran yang intense dan latihan yang terus-
menerus dilakukan akan mampu meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik
tersebut.
B. Saran
Dengan melihat hasil penelitian terkait dengan urgensi pembelajaran
makhārijul al-huruf dalam peningkatan kualitas kemampuan baca tulis al-qur’an bagi
peserta didik di SD Inpres 4/82 Arasoe Kec.Cina melalui metode Iqro’, maka sangat
disarankan kepada pendidik untuk menekankan pembelajaran makhārijul al-huruf
terutama tentang penyebutan huruf dengan baik dan benar untuk menghindari
kesalahan-kesalahan. Oleh karena itu, pentingnya pembelajaran makhārijul al-huruf
melalui metode Iqro’ adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan guna
meningkatkan hasil belajar siswa sejak dini.Tidak hanya pada pembelajaran saja
tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ketersediaan
| SSYA20180301 | 301/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
301/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
