Urgensi Keterampilan Menjelaskan bagi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Watampone
Hertina/ 02.14.1045 - Personal Name
Skripsi ini membahas salah satu aspek metode pengajaran yaitu aspek keterampilan menjelaskan dengan masalah pokok yaitu urgensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar PAI pada siswa SMP Negeri 1 Watampone dan untuk mendeskripsikan eksistensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Watampone. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi dan observasi. Sehingga memudahkan dalam pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa urgensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Watampone yakni: 1) Motivasi siswa dalam belajar PAI dapat dilihat dari berbagai hal seperti: Kesungguhan siswa untuk belajar PAI, perhatian siswa terhadap materi PAI, kerajinan siswa belajar PAI, kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI dan keinginan siswa untuk belajar PAI. 2) Eksistensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat diketahui dengan beberapa hal sebagai berikut: Kejelasan materi PAI, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan dan penggunaan balikan. Keempat hal tersebut harus diperhatikan oleh guru PAI ketika mengajar di kelas karena mempunyai sumbangsi yang besar dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PAI. Dengan demikian, keterampilan menjelaskan bagi guru PAI, sangat penting diterapkan dalam proses belajar mengajar di kelas, karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga siswa yang awalnya memiliki motivasi belajar yang kurang, bisa menjadi semakin termotivasi untuk belajar PAI. Sebab siswa dapat mengetahui adanya manfaat yang bisa dirasakan baik di dalam kehidupan dunia maupun akhirat.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi keterampilan menjelaskan
guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, maka simpulan yang dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Motivasi siswa dalam belajar PAI dapat diketahui dari berbagai hal seperti:
Kesungguhan siswa untuk belajar PAI, perhatian siswa terhadap materi PAI,
kerajinan siswa belajar PAI, kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI
dan keinginan siswa untuk belajar PAI. Oleh karena itu, dilihat dari kelima hal
tersebut bahwa motivasi siswa itu berbeda-beda. Namun semangat dalam diri
siswa untuk belajar PAI cukup baik atau memiliki motivasi yang tinggi.
2. Eksistensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa dapat diketahui dengan beberapa hal sebagai berikut:
Kejelasan materi PAI, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan dan
penggunaan balikan. Keempat hal tersebut harus diperhatikan oleh guru PAI
ketika mengajar di kelas karena mempunyai sumbangsi yang besar dalam
meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PAI. Akan tetapi, seorang guru PAI
harus memperhatikan penjelasan yang diberikan kepada siswa karena
penjelasan yang terlalu lama atau banyak akan membuat siswa bosan terdapat
penjelasan yang diberikan, sehingga untuk menghindari hal tersebut maka
guru PAI harus membuat pembelajaran tersebut menjadi efektif.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada para siswa penulis menyarankan adanya perhatian penuh pada saat
pelajaran sedang disampaikan oleh guru, mengikuti dengan penuh semangat dan
bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti. Disamping itu siswa hendaknya
mempertahankan dan meningkatkan motivasi positif tentang harapan di masa
depan dan menjadikan hal tersebut sebagai pendorong dan penyemangat dalam
belajar.
2. Kepada guru PAI hendaknya selalu berupaya menumbuhkan motivasi belajar pada
siswa agar lebih menghayati dan memahami pelajaran PAI. Namun untuk
melaksanakan hal tersebut perlu adanya peningkatkan kinerja dalam mengajar,
menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang cara mengajar yang baik dan
tidak membosan bagi siswa. Sehingga nantinya siswa akan lebih bersemangat dan
termotivasi untuk belajar dan dapat berprestasi di sekolah.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi keterampilan menjelaskan
guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, maka simpulan yang dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Motivasi siswa dalam belajar PAI dapat diketahui dari berbagai hal seperti:
Kesungguhan siswa untuk belajar PAI, perhatian siswa terhadap materi PAI,
kerajinan siswa belajar PAI, kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI
dan keinginan siswa untuk belajar PAI. Oleh karena itu, dilihat dari kelima hal
tersebut bahwa motivasi siswa itu berbeda-beda. Namun semangat dalam diri
siswa untuk belajar PAI cukup baik atau memiliki motivasi yang tinggi.
2. Eksistensi keterampilan menjelaskan bagi guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa dapat diketahui dengan beberapa hal sebagai berikut:
Kejelasan materi PAI, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan dan
penggunaan balikan. Keempat hal tersebut harus diperhatikan oleh guru PAI
ketika mengajar di kelas karena mempunyai sumbangsi yang besar dalam
meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PAI. Akan tetapi, seorang guru PAI
harus memperhatikan penjelasan yang diberikan kepada siswa karena
penjelasan yang terlalu lama atau banyak akan membuat siswa bosan terdapat
penjelasan yang diberikan, sehingga untuk menghindari hal tersebut maka
guru PAI harus membuat pembelajaran tersebut menjadi efektif.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada para siswa penulis menyarankan adanya perhatian penuh pada saat
pelajaran sedang disampaikan oleh guru, mengikuti dengan penuh semangat dan
bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti. Disamping itu siswa hendaknya
mempertahankan dan meningkatkan motivasi positif tentang harapan di masa
depan dan menjadikan hal tersebut sebagai pendorong dan penyemangat dalam
belajar.
2. Kepada guru PAI hendaknya selalu berupaya menumbuhkan motivasi belajar pada
siswa agar lebih menghayati dan memahami pelajaran PAI. Namun untuk
melaksanakan hal tersebut perlu adanya peningkatkan kinerja dalam mengajar,
menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang cara mengajar yang baik dan
tidak membosan bagi siswa. Sehingga nantinya siswa akan lebih bersemangat dan
termotivasi untuk belajar dan dapat berprestasi di sekolah.
Ketersediaan
| 02.14.1045 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
