Strategi Penetapan Harga Pupuk Non Subsidi Pada Pengecer Terhadap Penimgkatan Penjualan (Studi Cv Mega Tani)
Syahrizal E.P/01.13.3160 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Strategi Penetapan Harga Pupuk Non Subsidi
Pada Pengecer Terhadap Penimgkatan Penjualan (Studi Cv Mega Tani) Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Apakah strategi pemasaran pupuk pada Cv Mega tani
dapat meningkatkan penjualan ? dan bagaimana strategi pentapan haroa pupuk pada
Cv mega tani? Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
berdasarkan aspek tempat penelitian adalah penelitian lapangan dan jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif, yang
didukung dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka
dalam mengumpulka data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian
diolah dengan menggunakan analisis deskriftif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan
oleh perusahaan Cv mega tani dalam meningkatkan penjualannya terdiri dari
beberapa strategi yaitu mensosialisasikan produk pupuk ke petani, memasang banner-
banner dikawasan pertanian, bermitra dengan toko pertanian dan memasang baliho
didaerah pertanian. dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan
Cv Mega tani mampu membawa perusahaan bersaing dengan perusahaaan yang lain
termasuk mampu meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun.
Sementara itu dalam menetapkan harga pupuk non subsidi pada perusahaan
cv mega tani yaitu ditetapak berdasarkan kemauan penjual atau pengecer. Dari
hasil penjualan pupuk pada Cv Mega tani pada tahun 2015 sebanyak 17 ton, 2016
sebanyak 26 ton, 2017 sebanyak 37 ton, 2018 sebanyak 46 ton dan 2019 sebanyak
68 ton. Berdasarkan hasil penjualannya maka dapat disimpulkan bahwa penjualan
pupuk pada Cv Mega tani mulai dari tahun 2015 sampai 2019 selalu mengalami
peningkatan penjualan, walaupun tidak sesuai dengan jumlah rancangan penjualan
yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pupuk pada Cv Mega
tani Ada beberapa strategi yang dilakukan diantaranya adalah
Mensosialisasikan produk pupuk ke petani, Memasang Banner-banner di
kawasan pertanian, Bermitra dengan Toko Pertanian dan Memasang Baliho /
Billboard di daerah Pertanian.
dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan Cv
Mega tani mampu membawa perusahaan bersaing dengan perusahaaan yang
lain termasuk mampu meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun.
2. Strategi penetapan harga pupuk pada Cv Mega tani dalam meningkatkan
penjualan
Ada beberapa hal yang di pertimbangkan dalam menetapkan harga
diantaranya adalah sebagai berikut Penetapan harga berdasar biaya, Penetapan
harga berdasarkan harga kompetitor, Penetapan harga berdasarkan permintaan
Dari hasil penjualan pupuk pada Cv Mega tani pada tahun 2015
sebanyak 17 ton, 2016 sebanyak 26 ton, 2017 sebanyak 37 ton, 2018 sebanyak
46 ton dan 2019 sebanyak 68 ton.
Berdasarkan hasil penjualannya maka dapat disimpulkan bahwa penjualan
pupuk pada Cv Mega tani mulai dari tahun 2015 sampai 2019 selalu mengalami
peningkatan penjualan, walaupun tidak sesuai dengan jumlah rancangan penjualan
yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas serta apa yang penulis dapatkan selama
penelitian, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Menyediakan layanan pelanggan yang baik. Konsistensi dalam pelayanan
adalah kunci untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Ciptakan sebuah
layanan pelanggan untuk mempertahankan kualitas yang baik untuk setiap
pelanggan. Ini adalah kunci memahami apa yang pelanggan butuhkan,
sehingga pelanggan terlayani dengan baik. Lakukan survei terhadap
pelanggan untuk mengetahui di mana terdapat ketidakpuasan. Buat rencana
untuk mengakomodir feedback dari pelanggan.
2. Mengembangkan program–program loyalitas yang memotivasi pelanggan
untuk membuat pelanggan datang kembali. Memberikan discount atau
reward kepada pelanggan yang setia. Strategi ini penting untuk mengurangi
kecenderungan pelanggan membandingkan dengan kompetitor lain.
3. Mendukung tumbuh kembangnya jiwa wirausaha dapat memfokuskan pada
pengembangan diri sesuai dengan faktor-faktor dalam penelitian ini dengan
mengadakan kursus atau pelatihan.
Pada Pengecer Terhadap Penimgkatan Penjualan (Studi Cv Mega Tani) Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Apakah strategi pemasaran pupuk pada Cv Mega tani
dapat meningkatkan penjualan ? dan bagaimana strategi pentapan haroa pupuk pada
Cv mega tani? Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
berdasarkan aspek tempat penelitian adalah penelitian lapangan dan jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif, yang
didukung dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka
dalam mengumpulka data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian
diolah dengan menggunakan analisis deskriftif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan
oleh perusahaan Cv mega tani dalam meningkatkan penjualannya terdiri dari
beberapa strategi yaitu mensosialisasikan produk pupuk ke petani, memasang banner-
banner dikawasan pertanian, bermitra dengan toko pertanian dan memasang baliho
didaerah pertanian. dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan
Cv Mega tani mampu membawa perusahaan bersaing dengan perusahaaan yang lain
termasuk mampu meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun.
Sementara itu dalam menetapkan harga pupuk non subsidi pada perusahaan
cv mega tani yaitu ditetapak berdasarkan kemauan penjual atau pengecer. Dari
hasil penjualan pupuk pada Cv Mega tani pada tahun 2015 sebanyak 17 ton, 2016
sebanyak 26 ton, 2017 sebanyak 37 ton, 2018 sebanyak 46 ton dan 2019 sebanyak
68 ton. Berdasarkan hasil penjualannya maka dapat disimpulkan bahwa penjualan
pupuk pada Cv Mega tani mulai dari tahun 2015 sampai 2019 selalu mengalami
peningkatan penjualan, walaupun tidak sesuai dengan jumlah rancangan penjualan
yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pupuk pada Cv Mega
tani Ada beberapa strategi yang dilakukan diantaranya adalah
Mensosialisasikan produk pupuk ke petani, Memasang Banner-banner di
kawasan pertanian, Bermitra dengan Toko Pertanian dan Memasang Baliho /
Billboard di daerah Pertanian.
dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan Cv
Mega tani mampu membawa perusahaan bersaing dengan perusahaaan yang
lain termasuk mampu meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun.
2. Strategi penetapan harga pupuk pada Cv Mega tani dalam meningkatkan
penjualan
Ada beberapa hal yang di pertimbangkan dalam menetapkan harga
diantaranya adalah sebagai berikut Penetapan harga berdasar biaya, Penetapan
harga berdasarkan harga kompetitor, Penetapan harga berdasarkan permintaan
Dari hasil penjualan pupuk pada Cv Mega tani pada tahun 2015
sebanyak 17 ton, 2016 sebanyak 26 ton, 2017 sebanyak 37 ton, 2018 sebanyak
46 ton dan 2019 sebanyak 68 ton.
Berdasarkan hasil penjualannya maka dapat disimpulkan bahwa penjualan
pupuk pada Cv Mega tani mulai dari tahun 2015 sampai 2019 selalu mengalami
peningkatan penjualan, walaupun tidak sesuai dengan jumlah rancangan penjualan
yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas serta apa yang penulis dapatkan selama
penelitian, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Menyediakan layanan pelanggan yang baik. Konsistensi dalam pelayanan
adalah kunci untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Ciptakan sebuah
layanan pelanggan untuk mempertahankan kualitas yang baik untuk setiap
pelanggan. Ini adalah kunci memahami apa yang pelanggan butuhkan,
sehingga pelanggan terlayani dengan baik. Lakukan survei terhadap
pelanggan untuk mengetahui di mana terdapat ketidakpuasan. Buat rencana
untuk mengakomodir feedback dari pelanggan.
2. Mengembangkan program–program loyalitas yang memotivasi pelanggan
untuk membuat pelanggan datang kembali. Memberikan discount atau
reward kepada pelanggan yang setia. Strategi ini penting untuk mengurangi
kecenderungan pelanggan membandingkan dengan kompetitor lain.
3. Mendukung tumbuh kembangnya jiwa wirausaha dapat memfokuskan pada
pengembangan diri sesuai dengan faktor-faktor dalam penelitian ini dengan
mengadakan kursus atau pelatihan.
Ketersediaan
| SFEBI20200117 | 117/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
117/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
