Urgensi Pemanfaatan Tampilan Animasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menurut Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam( Studi kasus SD Negeri 198 Cinennung Kec. Cina )
Hamdana/02.12.3097 - Personal Name
Skripsi ini membahas masalah Urgensi Pemanfaatan Tampilan Animasi
dalam Meningkatkan Kualitas pembelajaran Menurut Tinjauan Manajemen
Pendidikan Islam (Studi kasus SD 198 cinennung), bertujuan untuk mengetahui
kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri 198
Cinennung, untuk mengetahui dampak pemanfaatan tampilan animasi dalam
meningkatkan Kualitas Pembelajaran menurut tinjauan manajemen pendidikan
Islam di SD Negeri 198 Cinennung.
Untuk memudahkan memperoleh data tentang masalah ini, penulis
menggunakan pendekatan, sosiologis dan psikologis dan penulis juga melakukan
penelitian lapangan yang menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan
observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
qualitatif dengan menggunakan metode deduktif dan induktif.
Kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri
198 Cinennung adalah beberapa guru di SD Negeri 198 Cinennung sudah
menguasai media ini dan mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar, dan
beberapa guru belum mampu memanfaatkan media animasi dalam proses belajar
mengajar karena guru belum menguasai Media animasi. Dampak pemanfaatan
media animasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu membawa
dampak positif dalam proses belajar mengajar, siswa termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran, memudahkan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, serta
meningkatkan kehadiran siswa di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, maka
dapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut:
1. Kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri 198
Cinennung adalah tidak semua guru mampu memanfaatkan media animasi
dalam proses belajar mengajar karena tidak semua guru menguasai Media
animasi, namun ada beberapa guru yang sudah menguasai media ini dan
mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar.
2. Dampak pemanfaatan media animasi dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran yaitu membawa dampak positif dalam proses belajar mengajar,
siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, memudahkan guru dalam
menjelaskan materi pembelajara, serta meningkatkan kehadiran siswa di
sekolah.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Guru SD Negeri 198 Cinennung diharapkan mampu menguasai media
pembelajaran termasuk tampilan animasi.
2. Guru SD 198 Cinennung diharapkan memanfaatkan media pembelajaran
termasuk tampilan Animasi dalam Proses belajar mengajar.
dalam Meningkatkan Kualitas pembelajaran Menurut Tinjauan Manajemen
Pendidikan Islam (Studi kasus SD 198 cinennung), bertujuan untuk mengetahui
kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri 198
Cinennung, untuk mengetahui dampak pemanfaatan tampilan animasi dalam
meningkatkan Kualitas Pembelajaran menurut tinjauan manajemen pendidikan
Islam di SD Negeri 198 Cinennung.
Untuk memudahkan memperoleh data tentang masalah ini, penulis
menggunakan pendekatan, sosiologis dan psikologis dan penulis juga melakukan
penelitian lapangan yang menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan
observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
qualitatif dengan menggunakan metode deduktif dan induktif.
Kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri
198 Cinennung adalah beberapa guru di SD Negeri 198 Cinennung sudah
menguasai media ini dan mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar, dan
beberapa guru belum mampu memanfaatkan media animasi dalam proses belajar
mengajar karena guru belum menguasai Media animasi. Dampak pemanfaatan
media animasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu membawa
dampak positif dalam proses belajar mengajar, siswa termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran, memudahkan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, serta
meningkatkan kehadiran siswa di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, maka
dapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut:
1. Kemampuan guru dalam memanfaatkan tampilan animasi di SD Negeri 198
Cinennung adalah tidak semua guru mampu memanfaatkan media animasi
dalam proses belajar mengajar karena tidak semua guru menguasai Media
animasi, namun ada beberapa guru yang sudah menguasai media ini dan
mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar.
2. Dampak pemanfaatan media animasi dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran yaitu membawa dampak positif dalam proses belajar mengajar,
siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, memudahkan guru dalam
menjelaskan materi pembelajara, serta meningkatkan kehadiran siswa di
sekolah.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Guru SD Negeri 198 Cinennung diharapkan mampu menguasai media
pembelajaran termasuk tampilan animasi.
2. Guru SD 198 Cinennung diharapkan memanfaatkan media pembelajaran
termasuk tampilan Animasi dalam Proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| ST20170296 | 296/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
296/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
