Peranan Fungsi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Sekolah Pada MTs Al-Faizun Watang Palakka Kec.Tanete Riattang Barat Kab.Bone
Mujahidil/02.12.3022 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Peranan Fungsi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Sekolah pada MTs Al-Faizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab.Bone. Argumen yang mendasarinya, yaitu MTs Al-Faizun Palakka sebagai lembaga pendidikan yang bernuansa Islam, harus pula menyadari dan mengawal peranan dari fungsi manajemen dalam pencapaian visi misi madrasah.rnBerdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode library research (riset perpustakaan) dan field research (riset lapangan) yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peranan perencanaan visi dan misi MTs Al-Faizun Watang Palakka sangat strategis dalam perumusannya yang melibatkan seluruh kalangan yang mempunyai kepentingan di madrasah yang diharapkan memudahkan tercapainya tujuan secara efektif dan efisien dengan nilai normatif dan reliqius, (2) peranan pengorganisasian yang dilakukan tidak terlepas dari tujuan madrasah itu sendiri dan sistem yang diterapkan sesuai dengan pembagian kerja terstruktur, (3) peranan penggerakkan mencapai visi dan misi saling memotivasi dalam kerja yang dilakukan secara kelompok maupun perorangan begitupun dengan pembinaan kepada siswa yang berhaluan Islami seperti keseharian yang dilakukan dengan shalat berjamaah, (4) peranan pengawasan visi dan misi dengan bentuk penilaian standar madrasah dan melihat kegiatan atau tugas yang belum tercapai dan kemudian sebagai acuan untuk memperbaiki di kemudian hari, dan juga sebagai tolak ukur kejujuran kepada guru dan semua pihak yang terdapat di dalamnya.rnSimpulanrnBerdasarkan uraian yang dikemukakan pada hasil penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut:rnPeranan perencanaan visi dan misi MTs Al-Faizun Watang Palakka merupakan peletak dasar ketetapan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam pencapaian tujuan madrasah . Perencanaan visi dan misi merangkum langkah-langkah strategis yang diharapkan memudahkan tercapainya tujuan secara efektif dan efisien sehingga sangat objektif dan saling kerjasama dalam perumusan visi dan misi yang mendahulukan sekolah yang berkarakter sesuai dengan nilai normatif dan reliqius.rnPeranan pengorganisasian visi dan misi di MTs Al-Faizun yang dilakukan tentunya tidak terlepas dari tujuan madrasah itu sendiri dan juga dalam pembagian kerjanya pula melibatkan banyak orang termasuk para guru-guru, dan memandang perlu mengenai penentuan tugas-tugas dan tanggung jawab.rnPeranan penggerakkan visi dan misi MTs Al-Faizun tidak terlepas dari RKT dan RKTS dan masuk dalam pengembangan madrasah kerja 4 tahun kedepan, dan juga masuk dalam kurikulum yang merupakan operasional yang disusun madrasah dan mendorong untuk mencapai visi dan misi madrasah.rnPeranan pengawasan visi dan misi MTs Al-Faizun yang merupakan standar penilaian dari hasil yang dicapai, dan sebagai bahan evaluasi untuk madrasah dalam peningkatan pencapaian visi dan misi.rnSaran rnSetelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rnDiharapkan kepada kepala sekolah dan guru tetap mengawal tingkat pencapaian visi dan misi di MTs Al-Faizun Watang Palakka dalam bentuk mencapai tujuan madrasah.rnDiharapkan kepada kepala sekolah dan guru turut bekerja sama dalam mengawal pencapaian visi dan misi madrasah mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan.
Ketersediaan
| ST20160178 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
178/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
