Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Persaudaraan Antar Siswa (Studi pada Siswa SMPN 4 Sibulue Kab. Bone
Fatmawati/ 02.11.1038 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Pembinaan Sikap Persaudaraan Antar Siswa (Studi pada Siswa SMPN 4 Sibulue”
Desa Pakkasalo, Kab Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan sikap persaudaraan antar siswa SMPN
4 Sibulue, serta kendala- kendala dalam pembinaan sikap persaudaraan antar siswa
SMPN 4 Sibulue.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. bertujuan untuk memperoleh data primer dan skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang besifat umum dan
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPN
4 Sibulue, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawncara, dokumentasi,
analisis data Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiakn dan menganalisis secara
kritis, peran guru PAI dalam membina sikap persaudaraan antar siswa di SMPN 4
Sibulue.hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan
bagi guru maupun kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan siswa yang
memiliki rasa persaudaraan yang tinggi antar sesama. .
Hasil penelitian menunjukkan, peran guru dalam usahanya menerapkan
persaudaraan telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan. Hal ini berdasarkan
pada hubungan dan interaksi sosial siswa dengan warga sekolah yang berjalan dengan
baik dan toleran. serta kendala-kendala seperti pembangkangan dikalangan siswa, dan
ketidakdisiplinan siswa yang dihadapi guru PAI dalam membina persaudaraan antar
siswa, dapat di atasi dengan baik.
A. Simpulan
Persaudaraan mengajarkan kepada umat Islam untuk saling tolong
menolong, saling menghargai, tidak membeda-bedakan sesama muslim. Umat Islam
satu dengan yang lainnya ibarat bagunan yang saling menguatkan. Tidak dibenarkan
menyinggung maupun menyakiti perasaan mereka, itu merupakan kefasikan.
Kewajiban saudara sesama muslim, diantaranya adalah menjawab salam, memenuhi
undangan, mendoakan kebaikan.
Dalam melakukan persaudaraan, muslim yang baik maka umat Islam akan
menjadi insan yang lebih beriman, bertaqwa, mulia dihadapan Allah swt. dan
mendapat banyak keutamaan dari Ukhuwah Islamiyah.
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kontribusi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan
sikap persaudaraan antar siswa di SMPN 4 Sibulue dapat kita lihat melalui
perencanaan yang dibuat, salah satu perencanaannya yaitu peningkatan mutu
guru melalui kerja sama guru dalam memberikan motivasi, pembinaan dan
bimbingan bagi siswa. dengan didukung oleh metode yang tepat seperti
metode pembelajaran berkelompok, melakukan komunikasi yang baik
terhadap siswa, dan meningkatkan aktifitas organisasi sekolah. Konsep
persaudaraan diterapkan memiliki andil yang sangat besar dalam membina
sikap persaudaraan antar siswa SMPN 4 Sibulue, mengingat siswa
menunjukkan perkembangan yang baik, diantaranya hampir tidak pernah
terjadi tawuran maupun perkelahian- perkelahian keci antar siswa.
2. Kendala- kendala yang dihadapi dalam pembinaan sikap persaudaraan antar
siswa SMPN 4 Sibulue, hanya terkait pada ketidak disiplinan siswa dalam
belajar maupun dalam bergaul dengan teman sebayanya dan sifat sombong
dan angkuh siswa, yang ditakukan akan memicu permusuhan dikalangan
siswa.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah sebaiknya mempertahankan model kepemimpinan
yang digunakan agar mutu sekolah jauh lebih baik lagi. Dan guru dan pegawai
betul-betul antusias dan punya semangat yang tinggi untuk bersama sama
mewujudkan sekolah yang bermutu. Demi menciptakan lingkungan sekolah
yang damai akan persaudaraan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak (kepala sekolah, guru, pegawai, siswa, orang tua siswa,
masyarakat dan pengguna jasa pendidikan) agar tercipta suatu kerja sama
yang baik, tercipta sinergitas dalam mencapai visi dan misi sekolah menuju
sekolah yang bermutu.
Pembinaan Sikap Persaudaraan Antar Siswa (Studi pada Siswa SMPN 4 Sibulue”
Desa Pakkasalo, Kab Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan sikap persaudaraan antar siswa SMPN
4 Sibulue, serta kendala- kendala dalam pembinaan sikap persaudaraan antar siswa
SMPN 4 Sibulue.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. bertujuan untuk memperoleh data primer dan skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang besifat umum dan
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPN
4 Sibulue, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawncara, dokumentasi,
analisis data Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiakn dan menganalisis secara
kritis, peran guru PAI dalam membina sikap persaudaraan antar siswa di SMPN 4
Sibulue.hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan
bagi guru maupun kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan siswa yang
memiliki rasa persaudaraan yang tinggi antar sesama. .
Hasil penelitian menunjukkan, peran guru dalam usahanya menerapkan
persaudaraan telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan. Hal ini berdasarkan
pada hubungan dan interaksi sosial siswa dengan warga sekolah yang berjalan dengan
baik dan toleran. serta kendala-kendala seperti pembangkangan dikalangan siswa, dan
ketidakdisiplinan siswa yang dihadapi guru PAI dalam membina persaudaraan antar
siswa, dapat di atasi dengan baik.
A. Simpulan
Persaudaraan mengajarkan kepada umat Islam untuk saling tolong
menolong, saling menghargai, tidak membeda-bedakan sesama muslim. Umat Islam
satu dengan yang lainnya ibarat bagunan yang saling menguatkan. Tidak dibenarkan
menyinggung maupun menyakiti perasaan mereka, itu merupakan kefasikan.
Kewajiban saudara sesama muslim, diantaranya adalah menjawab salam, memenuhi
undangan, mendoakan kebaikan.
Dalam melakukan persaudaraan, muslim yang baik maka umat Islam akan
menjadi insan yang lebih beriman, bertaqwa, mulia dihadapan Allah swt. dan
mendapat banyak keutamaan dari Ukhuwah Islamiyah.
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kontribusi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan
sikap persaudaraan antar siswa di SMPN 4 Sibulue dapat kita lihat melalui
perencanaan yang dibuat, salah satu perencanaannya yaitu peningkatan mutu
guru melalui kerja sama guru dalam memberikan motivasi, pembinaan dan
bimbingan bagi siswa. dengan didukung oleh metode yang tepat seperti
metode pembelajaran berkelompok, melakukan komunikasi yang baik
terhadap siswa, dan meningkatkan aktifitas organisasi sekolah. Konsep
persaudaraan diterapkan memiliki andil yang sangat besar dalam membina
sikap persaudaraan antar siswa SMPN 4 Sibulue, mengingat siswa
menunjukkan perkembangan yang baik, diantaranya hampir tidak pernah
terjadi tawuran maupun perkelahian- perkelahian keci antar siswa.
2. Kendala- kendala yang dihadapi dalam pembinaan sikap persaudaraan antar
siswa SMPN 4 Sibulue, hanya terkait pada ketidak disiplinan siswa dalam
belajar maupun dalam bergaul dengan teman sebayanya dan sifat sombong
dan angkuh siswa, yang ditakukan akan memicu permusuhan dikalangan
siswa.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah sebaiknya mempertahankan model kepemimpinan
yang digunakan agar mutu sekolah jauh lebih baik lagi. Dan guru dan pegawai
betul-betul antusias dan punya semangat yang tinggi untuk bersama sama
mewujudkan sekolah yang bermutu. Demi menciptakan lingkungan sekolah
yang damai akan persaudaraan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak (kepala sekolah, guru, pegawai, siswa, orang tua siswa,
masyarakat dan pengguna jasa pendidikan) agar tercipta suatu kerja sama
yang baik, tercipta sinergitas dalam mencapai visi dan misi sekolah menuju
sekolah yang bermutu.
Ketersediaan
| 02.11.1038 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
215/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
