Urgensi Pembinaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru Di SD Inpres 12/79 Tajong

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang urgensi pembinaan kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi kerja guru di SD Inpres 12/79 Tajong. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, maka penulis
menggunakan metode riset lapangan (field research) yang meliputi teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penulis juga menggunakan pendekatan sosiologis,
psikologis, dan pendekatan teologis-normatif. Untuk memperoleh data yang lebih
akurat, peneliti menggunakan instrument penelitian sebagai alat bantu untuk
mengumpulkan data seperti observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh kemudian diolah secara kualitatif dengan teknik analisis deskriptif
agar memperoleh data yang konkrit.
Hasil penelitian ini mengenai urgensi pembinaan kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi kerja guru yaitu melakukan pembinaan dalam tiga bentuk
yakni dalam bentuk kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan rapat guru. Dalam
pembinaan tersebut kepala sekolah memberikan nasehat-nasehat, bimbingan mental
rohani, dan membahas tentang tujuan pengajaran yang ingin dicapai, serta kepala
sekolah selalu bekerja sama dengan guru untuk menyelesaikan setiap masalah yang
ada. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu memberikan
motivasi berupa pujian, ucapan terima kasih terhadap guru yang berhasil
melaksanakan tugasnya dengan baik, dan mendorong guru untuk mengikuti
pelatihan-pelatihan seperti KKG dan seminar-seminar serta melakukan pembinaan
disiplin yaitu memberikan teguran kepada guru yang kurang disiplin secara lisan,
karena dengan hal tersebut dapat meningkatkan prestasi kerja guru dan faktor yang
menjadi pendukung kepala sekolah dalam melakukan pembinaan yaitu tingkat
pendidikan, kemampuan yang dimiliki oleh guru dan sikap yang baik, sehingga dapat
melakukan kerja sama dengan kepala sekolah juga sesama guru dan yang menjadi
penghambat adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut:
1. Bentuk pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi guru di SD
Inpres 12/79 Tajong yaitu pembinaan melalui kunjungan, pembinaan melalui
pembicaraan individual, dan pembinaan melalui rapat guru
2. Usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru yaitu
memberikan motivasi, dan pembinaan kedisiplinan terhadap guru.
3. Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru
yaitu tingkat pendidikan yang dimiliki oleh guru rata-rata S1, kemampuan
yang dimiliki oleh guru, dan sikap guru yang baik sehingga dapat terjalin
kerjasama yang baik antar guru dan kepala sekolah serta dukungan dari semua
guru-guru yang lain yaitu rasa kekeluargaan antarwarga sekolah. Dan faktor
penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru yaitu
kurang lengkapnya sarana dan prasarana seperti minimnya buku paket dan
tidak adanya gedung perpustakaan, serata faktor dana atau biaya, menghambat
untuk memberikan insentif bagi guru yang berhasil.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah SD Inpres 12/79 Tajong agar lebih
mempertegas pembinaannya terhadap guru, terutama pembinaan
kedisiplinannya supaya guru tepat waktu datang disekolah dan lebih disiplin
dalam bekerja.
2. Diharapkan kepada kepala sekolah SD Inpres 12/79 Tajong agar lebih
meningkatkan pembinaannya terhadap guru-guru.
3. Diharapkan kepada kepala sekolah SD Inpres 12/79 Tajong untuk
memperbanyak buku-buku pelajaran supaya guru dapat mengajar dengan
baik.
4. Diharapkan kepada kepala sekolah SD Inpres 12/79 Tajong agar memberikan
insentif kepada guru-guru meskipun sedikit supaya mereka lebih semangat
dalam bekerja, karena dengan insentif tersebut otomatis guru-guru lebih
semangant dalam bekerja.
Ketersediaan
ST20160235235/2016Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

235/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top