Urgensi Sistem Pelayanan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan (Studi pada SMA Negeri 1 Watampone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Sistem Pelayanan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan (Studi Pada SMA Negeri 1 Watampone)”.Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui sistem pelayanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone dan kontribusi sistem pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Watampone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk mendapatkan data dilapangan digunakan pendekatan teologis normatif, sosiologis dan psikologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah unsur yang terkait dalam perpustakaan sekolah, yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, pegawai perpustakaan dan siswa.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode induktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang urgensi sistem pelayanan dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan studi pada SMA Negeri 1 Watampone) melaksankan pelayanan teknis mulai dari perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, pengadaan bahan pustaka dengan bantuan dari alumni, permintaan kepada penerbit serta biaya dari dana BOS, pengolahan bahan pustaka yang dilakukan dengan menempatkan koleksi sesuai dengan klasifikasinya sampai pada administrasi bahan pustaka pada saat siswa melakukan kunjungan perpustakaan. Perpustakaan juga melaksanakan pelayanan pembaca meliputi pelayanan sirkulasi dan referensi. Adapun Kontribusi sistem pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa adalah: 1) melakukan pengecekan rak koleksi buku secara berkala, 2) melayani pengunjung sesuai dengan kebutuhannya, 3) membangun rasa nyaman bagi pengunjung saat berada di perpustakaan, 4) menyediakan fasilitas bagi pengunjung perpustakaan. Keempat hal tersebut, jika dilakukan secara maksimal maka akan menjadi faktor yang menentukan dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan.rnA.SIMPULANrn1.Sistem pelayanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone adalah pelayanan teknis mulai dari perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, pengadaan bahan pustaka dengan bantuan dari alumni, permintaan kepada penerbit serta biaya dari dana BOS, pengolahan bahan pustaka yang dilakukan dengan menempatkan koleksi sesuai dengan klasifikasinya sampai pada administrasi bahan pustaka pada saat siswa melakukan kunjungan perpustakaan. Perpustakaan juga melaksanakan pelayanan pembaca meliputi pelayanan sirkulasi dan referensi. Tetapi layanan ini masih belum maksimal dilakukan karena koleksi bahan pustaka belum bisa memenuhi semua kebutuhan siswa. Faktornya adalah kurangnya dana untuk membeli bahan pustaka, siswa yang belum mematuhi tata tertib perpustakaan. Fokus utama perpustakaan adalah mengajak siswa terlebih dahulu masuk perpustakaan, setelah itu barulah peraturan diaplikasikan.rn2.Kontribusi sistem pelayanan dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan SMA Negeri 1 Watampone adalah melakukan pengecekan rak koleksi buku secara berkala, melayani pengunjung sesuai dengan kebutuhannya, memberikan rasa nyaman bagi pengunjung saat berada di perpustakaan. Meskipun hal tersebut sudah dilakukan oleh pengelola perpustakaan siswa masih merasa koleksi perpustakaan belum lengkap dan siswa juga menginginkan agar fasilitas perpustakaan ditambah sehingga siswa lebih nyaman dan mempunyai keinginan untuk berkunjung ke perpustakaan, dengan begitu minat baca siswa bisa lebih meningkat. rnB.SARANrnBerdasarkan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan, maka penulis memberikan saran demi terlaksananya system pelayanan perpustakaan yang lebih baik untuk peningkatan minat baca siswa. Saran-saran yang dimaksud antara lain:rn1.Bagi kepala sekolah, hendaknya memperhatikan kondisi perpustakan sekolah, karena perpustakaan merupakan tempat siswa untuk belajar mandiri dengan sejumlah koleksi yang tersedia. Keberhasilan perpustakaan juga menjadi tanggung jawab kepala sekolah.rn2.Bagi pengelola perpustakaan, hendaknya melaksanakan proses perencanaan, pengadaan, pengolahan, serta mengembangkan koleksi perpustakaan. Begitupun dengan sistem pelayanan perpustakaan hendaknya dilakukan dengan baik karena salah satu yang mendorong siswa ke perpustakaan adalah pelayanan yang diberikan oleh pengelola perpustakaan.rn3.Bagi siswa, hendaknya senantiasa untuk membaca buku karena buku juga merupakan sumber ilmu yang bisa kita dapatkan kapanpun dan dimanapun.rnrnrn
Ketersediaan
ST20160180Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

180/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top