Hubungan Manajemen Laboratorium Terhadap Mutu Sekolah (Studi pada SMA Negeri 1 Watampone)
Indra Ariadi/02.12. 3018 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar hubugan manajemen laboratorium terhadap mutu sekolah di SMA Negeri 1 Watampone. SMA Negeri 1 Watampone merupakan salah satu institusi pendidikan di Kab. Bone yang bertitel sekolah unggulan, Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM), dan Sekolah Cerdas Indonesia (SCI) yang mendapat akreditasi A dan sertifikat ISO 9001:2000. Berbagai kejuaraan telah diraih baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Manajemen laboratorium dimaksudkan adalah pengelolaan laboratorium secara efektif untuk mencapai tujuan pendidikan. Manajemen laboratorium dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian. Sedangkan mutu sekolah yang dimaksudkan dalam penelitian ini mencakup mutu input, proses dan output.rnUntuk memperoleh data di atas, penulis menggunakan metode Field research dengan melakukan observasi awal, menyebarkan angket, dokumentasi, dan melakukan wawancara untuk menguatkan hasil angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif (statistik). Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laboratorium SMA Negeri 1 Watampone dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 69,05. Berdasarkan rentang interval dari 49 sampai 80, angka 69,05 berada pada kelas interval baik (65-72). Sedangkan mutu sekolah di SMA Negeri 1 Watampone juga dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 68,90. Berdasarkan rentang interval dari 53 sampai 80, angka 68,90 berada pada kelas interval baik (67-73).rnBerdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai constant (a) sebesar 31,122 dan nilai manajemen laboratorium sebesar 0,547 yang pengertian bahwa jika tidak ada nilai manajemen laboratorium, maka nilai mutu sekolah sebesar 31,122, dan setiap penambahan 1 (satu) nilai manajemen laboratorium, maka nilai mutu sekolah bertambah sebesar 0,547. Selanjutnya, berdasarkan dari hasil uji Thitung, didapatkan nilai Thitung sebesar 4,945 > Ttabel sebesar 2.70118 dengan nilai signifikansi 0,000Ttabel sebesar 2.70118 dengan nilai signifikansi 0,000
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
111/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
