Urgensi Manajemen Kelas dalam Kelancaran Proses Belajar Mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili Kec. Palakka Kab. Bone
Nuraeni/02.13.3056 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi manajemen kelas dalam kelancaran proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili Kec. Palakka Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas, kelancaran proses belajar mengajar, dan dampak manajemen kelas terhadap kelancaran proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili.rnUntuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang urgensi manajemen kelas dalam kelancaran proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili Kec. Palakka Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis induktif, yaitu berawal dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian disimpulkan ke dalam hal-hal yang bersifat umum.rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas di SD Inpres 3/77 Panyili telah dilaksanakan oleh setiap guru kelas baik yang menyangkut: (1) pengaturan lingkungan fisik kelas; (2) penegakan dalam kedisiplinan pembelajaran, (3) penegakan tingkah laku yang baik, (4) menjalin komunikasi dengan siswa, serta (5) menumbuhkan organisasi kelas yang efektif. Kelancaran proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili ditunjukkan melalui kemampuan guru dalam mengorganisasikan materi, menjalin komunikasi yang efektif, sikap positif terhadap siswa, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, serta kemampuan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di SD Inpres 3/77 Panyili memiliki dampak terhadap kelancaran proses belajar mengajar. Dengan demikian, manajemen kelas sangat penting diterapkan oleh setiap guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:rn1.Manajemen kelas di SD Inpres 3/77 Panyili telah dilaksanakan oleh setiap guru kelas baik yang menyangkut pengaturan lingkungan fisik kelas, penegakan dalam kedisiplinan pembelajaran, penegakan tingkah laku yang baik, menjalin komunikasi dengan siswa, serta menumbuhkan organisasi kelas yang efektif.rn2.Kelancaran proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili ditunjukkan melalui kemampuan guru melalui kemampuannya dalam mengorganisasikan materi, menjalin komunikasi yang efektif, sikap positif terhadap siswa, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, serta kemampuan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemampuan tersebut telah diterapkan oleh guru sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar di SD Inpres 3/77 Panyili. rn3.Manajemen kelas yang diterapkan oleh guru di SD Inpres 3/77 Panyili memberikan dampak yang positif terhadap kelancaran proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan melalui efektivitas pembelajaran yang meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Dengan demikian, manajemen kelas sangat penting diterapkan oleh setiap guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar serta dapat membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SD Inpres 3/77 Panyili. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:rn1.Kepada guru di SD Inpres 3/77 Panyili, terutama guru kelas diharapkan agar mengembangkan kemampuannya dalam mengelola kelas agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.rn2.Pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di SD Inpres 3/77 Panyili diharapkan juga melibatkan siswa agar secara tidak langsung guru menanamkan kepada siswa semangat kebersamaan dan kerja sama dalam melaksanakan suatu pekerjaan, yaitu mengelola kelas secara efektif. rn
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
30/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
