Penerapan Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akreditasi MI Al-Kadaria Congko Kab. Bone
Sukarni/02.12.3102 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Keterampilan ManajerialrnKepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akreditasi MI Al-Kadaria Congko Kab.rnBone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahuirnketerampilan konseptual kepala madrasah dalam meningkatkan akreditasi MI Al-rnKadaria Congko Kab. Bone, keterampilan hubungan manusia kepala madrasah dalamrnmeningkatkan akreditasi MI Al-Kadaria Congko Kab. Bone dan keterampilan tehnikrnkepala madrasah dalam meningkatkan akreditasi MI Al-Kadaria Congko Kab. Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metodernpenelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lainrnwawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis denganrnmenggunakan metode reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis denganrnmenggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing).rnBerdasarkan hasil penelitian tentang Penerapan Keterampilan ManajerialrnKepala Madrasah dalam Meningkatkan Akreditasi MI Al-Kadaria Congko Kab. Bonernbahwa dengan adanya keterampilan manajerial kepala madrasah dengan menerapkanrnkerjasama yang baik dengan semua komponen yang terkait dan menjabarkan kernDelapan Standar Nasional Pendidikan maka MI Al-Kadaria Congko dapat mencapairnakreditasi A dengan nilai 88.rnUntuk mendapatkan Akreditasi yang baik maka kepala madrasah harusrnmempunyai memiliki keterampilan manajerial yang baik yaitu keterampilanrnkonseptual, keterampilan hubungan manusia dan keterampilan tekhnis. Keterampilanrnkonseptual yaitu kemampuan kepala madrasah untuk melihat suatu madrasah secararnkeseluruhan, kemampuan kepala madrasah berpikir secara abstrak, sistematis yangrnmeliputi kemampuan mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah dalam situasirnyang berbeda-beda, bahkan kemampuan untuk memprediksi masa yang akan datang.rnKeterampilan hubungan manusia yaitu kemampuan kepala madrasah dalamrnberkomunikasi, keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan personilrnmadrasah, siswa, dan masyarakat lingkungan madrasah.rnKeterampilan teknis yaitu kemampuan yang dimiliki oleh kepala madrasahrndalam menanggapi dan memahami serta cakap menggunakan metode-metoderntermasuk yang bukan pengajaran, yaitu pengetahuan keuangan, pelaporan,rnpenjadwalan dan pemeliharaan.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapatrnmengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rn1. Keterampilan konseptual kepala madrasah dalam meningkatkan akreditasirnseorang kepala madrasah harus memiliki kemampuan berpikir secara abstrakrndan sistematis dan memiliki komunikasi yang baik dengan personil sekolah danrnmemiliki kemampuan mendiagnosa dan menganalisis masalah dalam situasirnyang berbeda-beda di dalam madrasah.rn2. Keterampilan hubungan manusia kepala madrasah dalam meningkatkanrnakreditasi yaitu Keterampilan hubungan manusia yaitu kemampuan kepalarnmadrasah dalam berkomunikasi, keahlian dalam memahami dan melakukanrninteraksi dengan personil madrasah, siswa, dan masyarakat lingkunganrnmadrasah.rn3. Keterampilan tekhnik kepala madrasah dalam meningkatkan akreditasi kepalarnmadrasah harus memiliki kemampuan dalam menanggapi dan memahami sertarncakap menggunakan metode-metode termasuk yang bukan pengajaran, yaiturnpengetahuan keuangan, pelaporan, penjadwalan dan pemeliharaan.rnB. SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akanrndiuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalamrnpembahasan skripsi ini adalah:rn1. Sebagai pimpinan, kepala madrasah hendaknya mempunyai keterampilanrnmanajerial yang baik karna dengan adanya keterampilan kepala madrasahrnyang baik maka mampu meningkatkan akreditasi.rn2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusirnkepada semua pihak (kepala madrasah , wakil kepala madrasah, staf, komiternsekolah, masyarakat dan pengguna jasa pendidikan) agar tercipta kerja samarnyang baik dan tercipta sinergitas dalam keberhasilan madrasah.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
122/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
