Korelasi antara Kompetensi Guru dengan Mutu Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang korelasi antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru, mutu pembelajaran, dan korelasi antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang.rnUntuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang korelasi antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis korelasi product moment kemudian melakukan interpretasi secara sederhana dan menggunakan Tabel Nilai “r” product moment.rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 0,537,. Dengan melakukan interpretasi secara sederhana, angka 0,537 terletak di antara 0,40 – 0,70 yang membuktikan bahwa terdapat korelasi positif yang sedang antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran, begitu pula hasil interpretasi dengan menggunakan Tabel Nilai “r” product moment dapat diketahui bahwa dengan df sebesar 24, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,388 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel sebesar 0,537. Nilai rxy pada taraf signifikansi 5% jauh lebih besar daripada rtabel (0,537 > 0,388) dan pada taraf signifikansi 1% rxy juga lebih besar daripada rtabel (0,537 > 0,496). Hal tersebut menandakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi guru, maka semakin baik pula mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:rn1.Kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 86,92. Angka 86,92 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 86-89.rn2.Mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 84,81. Angka 84,81berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 84 – 87.rn3.Berdasarkan analisis korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 0,537. Dengan melakukan interpretasi secara sederhana, dapat diketahui bahwa besarnya rxy = 0,537 terletak di antara 0,40 – 0,70 yang membuktikan bahwa terdapat korelasi positif yang sedang antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran. Begitu pula hasil interpretasi dengan menggunakan Tabel Nilai “r” product moment, dapat diketahui bahwa dengan df sebesar 24 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,388 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel sebesar 0,496. Nilai rxy pada taraf signifikansi 5% jauh lebih besar daripada rtabel (0,537 > 0,388) dan pada taraf signifikansi 1% nilai rxy juga lebih besar daripada rtabel (0,537 > 0,496). Hal ini menandakan bahwa pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi guru, semakin baik pula mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:rn1.Kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang hendaknya lebih berupaya meningkatkan kompetensi guru dengan cara mengikutkan guru-guru dalam pelatihan atau seminar pendidikan.rn2.Kepada guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang agar selalu meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing.rn3.Kepada warga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Macanang agar bekerja sama dalam meningkatkan mutu pembelajaran sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai secara efektif dan efisien.rnrnrn
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

36/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top