Urgensi penerapan sistem moving class dalam menumbuhkan minat belajar murid TK IT (Islam Terpadu) Assiddiq
Sumrah/02.12.1050 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang urgensi penerapan sistem moving class dalam memumbuhkan minat belajar murid TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq.rnPermasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan sistem moving class dalam menumbuhkan minat belajar murid TK IT(Islam Terpadu) Asshiddiq, dan bagaimana kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem Moving Class di TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi atau menarik simpulan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanan sistem moving class dalam menumbuhkan minat belajar murid dilakukan dengan baik di TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq berupa adanya pembelajaran dengan empat sentra yaitu sentra persiapan, pembangunan, seni, dan main peran, dan sentra Agama. Dengan demikian murid tidak jenuh dan bosan dalam belajar, murid juga menjadi lebih semangat dan minat belajarnya lebih meningkat dan kendala-kendala yang dihadapi para guru TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq dalam penerapan sistem moving class adalah mengenai media, waktu moving yang terkadang mengurangi waktu pembelajaran, dan pengontrolan terhadap sebagian anak didik yang terkadang menangis ketika pindah kelas.rnA.Simpulan rnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu :rn1.Penerapanan Sistem Moving Class dalam Menumbuhkan Minat Belajar Murid dilakukan dengan baik di TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq berupa adanya pembelajaran dengan empat sentra yaitu sentra persiapan, pembangunan, seni, dan main peran, dan sentra Agama. Dengan demikian murid tidak jenuh dan bosan dalam belajar, murid juga menjadi lebih semangat dan minat belajarnya lebih meningkat.rn2.Kendala-kendala yang dihadapi para guru TK IT (Islam Terpadu) Asshiddiq dalam penerapan sistem moving class adalah mengenai media, waktu moving yang terkadang mengurangi waktu pembelajaran, dan pengontrolan terhadap sebagian anak didik yang terkadang menangis ketika pindah kelas. rnB.Saran rnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Sebagai seorang guru di sekolah, agar kiranya mempertahankan sikap dalam pelaksanaan pembelajaran dengan tetap menerapkan sistem moving class sehingga memberi dampak yang lebih baik kepada peserta didik dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi belajarnya.rn2.Kepada para peserta didik diharapkan agar lebih meningkatkan semangat belajar dan cara belajarnya.rnrnrnrn
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
142/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
