Implementasi strategi sinergetic teaching dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pada MTs Ibadurrahman Muttahidah Desa Pattiro Riolo Kec. Sibulue Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini bertemakan tentang strategi sinergetic teaching serta minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Yang menjadi masalahnya yaitu bagaimana implementasi strategi sinergetic teaching pada mata pelajaran akidah akhlak, bagaimana peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya strategi sinergetic teaching serta bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi guru dalam penerapan strategi sinergetic teaching pada MTs Ibadurrahman Muttahidah Desa Pattiro Riolo Kec. Sibulue Kab. Bone. Yang bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran yang dapat memperkaya teori dan kepustakaan pengembangan ilmu pendidikan.rnTehnik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik pengolahan data secara kualitatif yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat dilapangan maupun yang terdapat pada kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu riset kepustakaan (library research) dan riset lapangan (field research). Sedangkan instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi serta alat dokumentasi.rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi sinergetic teaching berjalan sesuai dengan langkah yang sesungguhnya, karena dengan strategi ini guru dapat melihat peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi sinergetic teaching pada mata pelajaran akidah akhlak. 2) Dengan strategi tersebut minat belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan guru sebelum menerapkan strategi sinergetic teaching dan strategi ini sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran akidah akhlak sebagai salah satu strategi pembelajaran aktif. 3) Adanya peluang dan tantangan yang dihadapi guru dalam penerapan strategi sinergetic teaching seperti memperkenalakan strategi pembelajaran baru,lebih mudahmengontrol siswa, dan memberikan arahan kepada siswa, terdapat perbedaan kemampuan siswa, terdapat siswa yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran, banyak waktu yang dibutuhkan, ada siswa yang tidak senang dengan strategi sinergetic teaching.rnKepada guru MTs Ibadurrahman Muttahidah agar menggunakan strategi pembelajaran agar siswa terlibat aktif, berminat dalam belajar dan mengatur waktu dengan baik serta memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang sulit bertukar pikiran dengan temannya.rnA. SimpulanrnBerdasarkan hasil penelitian penulis di MTs Ibadurrahman Muttahidah Desa Pattiro Riolo Kec. Sibulue Kab. Bone tentang “implementasi strategi sinergetic teaching dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pada MTs Ibadurrahman Muttahidah Desa Pattiro Riolo Kec. Sibulue Kab. Bone” dapat diberikan simpulan sebagai berikut:rn1. Penerapan strategi sinergetic teaching yaitu membagi kelas menjadi dua kelompok dengan penerimaan materi yang sama tetapi cara yang berbeda kemudian mendiskusikan hasil materi yang diterima tersebut, karena dengan menggunakan strategi pembelajaran sinergetic teaching maka siswa akan dengan mudah mengerti serta memahami materi yang diajarkan, hal tersebut tidak terlepas dari cara guru memanfaatkan situasi dan kondisi siswa yang ada. Tetapi dengan menggunakan atau mengimplementasikan strategi sinergetic teaching banyak siswa yang merasakan manfaat penggunaannya karena bisa berperan aktif di dalam proses pembelajaran meskipun ada yang tidak merasakan manfaatnya tapi itu hanya sebagian kecil saja.rn2. Minat belajar sangat perlu dimiliki oleh tiap siswa, untuk meningkatkan minat siswa, guru tidak hanya monoton berfokus pada materi yang diajarkan serta strategi yang di gunakan melainkan melihat juga dari sisi keadaan siswa yang membutuhkan candaan agar tidak bosan dalam belajar serta menarik perhatian siswa agar berminat dalam belajar dengan menggunakan strategi sinergetic teaching. Hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa dan merasakanrnsendiri manfaatnya ketika menerima materi dengan membandingkan minat pada pembelajaran sebelumnya.rn3. Strategi pembelajaran sinergetic teaching memiliki peluang dan tantangan serta sudah bisa dikatakan aktif dan diterapkan dengan baik namun masih terdapat hal-hal yang masih perlu diperbaiki di antaranya masih ada siswa yang tidak serius dalam menerima pelajaran. Selain itu juga ada sebagian siswa yang tidak bersemangat karena harus berpisah kelas dengan teman akrabnya. Pada pelaksanaan strategi ini, waktu banyak terbuang sehingga guru harus benar-benar mampu menggunakan strategi dengan baik agar semua kegiatan selama proses pembelajaran bisa berjalan dengan sebagaiman mestinya. Selain itu penerapan strategi sinergetic teaching ini memiliki kelebihan tersendiri dalam proses pembelajaran seperti guru dengan mudah mengontrol siswa yang kurang berminat dalam belajar, selain itu juga pengetahuan siswa menjadi bertambah karena adanya saling tukar pikiran antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dari cara penerimaan materi yang berbeda.rnB. SaranrnBerdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka diberikan beberapa saran yang berhubungan dengan penerapan strategi pembelajaran Sinergetic Teaching dalam proses pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa, yaitu:rn1. Sinergetic Teaching merupakan salah satu strategi pembelajarn aktif, untuk itu guru harus selalu memberikan motivasi agar siswa terlibat aktif dan berminat selama proses pembelajaran.rn2. Guru harus bisa mengatur waktu agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai alokasi yang ditentukanrn3. Guru harus memberikan penjelasan agar seluruh siswa setuju dengan setiap kegiatan yang dilakukan.rn4. Guru harus memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang sulit berbagi atau bertukar pengetahuan dengan temannya.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

48/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top