Peranan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP egeri 2 dua boccoe
Ida mayanti/02. 13. 3074 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Peranan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Dua Boccoe ”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe..rn Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan penelitian asosiatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.rnBerdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peranan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe tidak terlepas dari 1). penguasaan terhadap landasan kependidikan yang meliputi kegiatan: memahami tujuan pendidikan, mengetahui fungsi sekolah dalam masyarakat dan mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan. 2). Menguasai bahan pelajaran yang meliputi kegiatan: penguasaan terhadap materi pokok yang ada pada kurikulum pendidikan menengah. 3). Kemampuan menyusun program pengajaran yang meliputi kegiatan: kemampuan menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan bahan pelajaran dan strategi pembelajaran. 4). Kemampuan menyusun perangkat penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran.rnHasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Dua Boccoe yaitu: 1). Kognitif meliputi; pengetahuan tentang materi yang dipelajari, memahami materi pelajaran, menganalisa materi pelajaran, menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan. 2). Afektif meliputi; penerimaan, apresiasi (sikap saling menghargai), internalisasi (pendalaman), karakterisasi. 3). Psiomotorik meliputi; keterampilan bergerak dan bertindak, kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal.rnA.Simpulanrn1.Peran kompetensi profesionalisme guru di SMP Negeri 2 Dua Boccoe dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat pada: 1). penguasaan terhadap landasan kependidikan yang meliputi kegiatan: memahami tujuan pendidikan, mengetahui fungsi sekolah dalam masyarakat dan mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan; 2). Menguasai bahan pelajaran yang meliputi kegiatan: penguasaan terhadap materi pokok yang ada pada kurikulum pendidikan menengah; 3). Kemampuan menyusun program pengajaran yang meliputi kegiatan: kemampuan menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan bahan pelajaran dan strategi pembelajaran; 4). Kemampuan menyusun perangkat penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran.rn2.Hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Dua Boccoe yaitu: 1). Kognitif meliputi; pengetahuan tentang materi yang dipelajari, memahami materi pelajaran, menganalisa materi pelajaran, menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan; 2). Afektif meliputi; penerimaan, apresiasi (sikap saling menghargai), internalisasi (pendalaman), karakterisasi; 3). Psiomotorik meliputi; keterampilan bergerak dan bertindak, kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal.rn B.Implikasirn1.Kepala sekolah agar mendorong dan mendukung dengan kuat agar para guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan sehingga pembelajaran dilaksanakan sesuai prinsip yang dipersyaratkan.rn2.Guru harus terus meningkatkan keprofesionalannya dalam melaksakanakan tugas pembelajaran yaitu melayani kebutuhan belajar peserta didik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran.rnrnrnrn
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
73/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
