Peranan Pendidikan Islam Dalam Mencegah Masalah Sosial Masyarakat (Studi Kasus Pemondokan Mahasiswa Jl. Hoscokroaminoto, Lr. 1, Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone)
Iman Ashari/02.11.1112 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Pendidikan Agama Islam dalam
Mencegah Masalah Sosial Masyarakat (studi kasus pemondokan mahasiswa Jl.
Hoscokroaminoto, Lr. 1, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kelurahan Macanang,
Kabupaten Bone), yang bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan Islam
dalam mengatasi masalah sosial ,dan eksistensi pendidikan Agama Islam dalam
mecegah masalah sosial di perumahan kost mahasiswa di jl. Hoscokroaminoto, lr. 1
kecamatan tanete riattang barat kelurahan macanang kabupaten bone.
Penelitian ini dilakukan dengan dua metode pengumpulan data yaitu metode
library research melalui karya ilmiah seperti skripsi, buku-buku, majalah maupun
karya ilmiah lainnya dan field research melalui observasi, wawancara serta
dokumentasi dalam analisis data, digunakan metode kualitatif deskriptif yang dibagi
menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data. Data yang
telah direduksi akan disajikan dalam bentuk narasi kemudian ditarik sebuah
kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peranan pendidikan Agama
Islam dalam mecegah masalah sosial di pemondokan mahasiswa bukan hanya dalam
pembalajaran akan tetapi di aplikasikan juga dalam kehidupannyata terutama bagi
mahasiswa yang tinggal di pemondokan. 2) Eksistensi pendidikan Agama Islam
dalam mecegah masalah sosial pemondokan mahasiswa, kebaradaan Pendidikan
Agama Islam di pemondokan memberi pengaruh positif bagi mahasiswa yang
tentunya merka lebih menerapkan nilai-nilai ajaran Pendidkan Islam dalam
kehidupan sehari-hari terutama ditempat mereka melakukan pemondokan.
A. Kesimpulan
1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pendidikan Islam dalam
mencegah masalah sosial di daerah pemondokan masih bisa kita tanggulangi
dengan melakukan pendekatan yang bersifat religius dengan bekerja sama
dengan pemilik pemondokan, teman sepondok, dan masyarakat yang ada di
sekitar lokasi. Untuk perilaku mahasiswa yang ada didalam pemondokan, hasil
dari interview dan angket menunjukkan bahwa perilaku pemondokan yang
paling banyak dilakukan mahasiswa, yakni: tidak saling bercampur antara laki-
laki dan perempuan,saling memperingati dalam kebaikan, selalu mengerjakan
kewajiban, selalu mengingat tujuan utama kuliah, orang tua dan takut dosa. Hal
ini menunjukkan bahwasanya peranan pendidikan Islam di pemondokan di jl.hos
cokroaminoto berhasil.
2. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadi perilaku menyimpang
mahasiswa antara lain: Masih lemahnya saling menyampaikan kebaikan. Adapun
peran pendidikan Islam disini sebagai pendidikan yang menanamkan nilai-nilai
Islam dan selalu menekankan pada pembentukan hati nurani, untuk mewujudkan
masyarakat yang berjiwa Islami yang selalu menjalankan perintah Allah swt
dan menajuhilarangannya.
B. Saran
Adapun saran-saran yang dapat penulis uraikan didalam pembahasan skripsi
ini mengenai peran pendidikan islam dalam mengatsi masalah social masyarakat
(studi kasus pemeondokan mahasiswa di jl hoscokro aminoto, kecamatan Tanete
Riattang Barat, kelurahan Macanag, kabupaten Bone) adalah sebagai berikut:
1. Kepada semua Pemilik Pemondokan memberikan peraturan dimana antara
laki-laki dan perempuan dibedakan sesuai yang ada di lingkungan masyarakat
yang terletak di lorong 1, kec. Tanete riattang barat, kelurahan macanang,
sebagian dari lingkungan ini terdapat banyak sekali pemondokan mahasiswa,
ada yang bercampur antara laki-laki dan perempuan akan tetapi lebih banyak
di temukan pemondokan mahasiswa yang tidak bercampur antara laki-laki dan
perempuan. penulis mengharapkan kepada pemilik pondok, harus sangat
memperhatikan dan selalu mengotrol setiap mahasiswa yang ingin memondok
2. Sebagai saran terakhir,kepada pemerintah tekait agar kiranya lebih
memperhatikan wilayahnya terutama kepada rumah pemondokan karena jika
pemerintah tidak melakukan pengontrolan mungkin akan lebih abnyak lagi
mucul pemondokan yang bermasalah.
Mencegah Masalah Sosial Masyarakat (studi kasus pemondokan mahasiswa Jl.
Hoscokroaminoto, Lr. 1, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kelurahan Macanang,
Kabupaten Bone), yang bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan Islam
dalam mengatasi masalah sosial ,dan eksistensi pendidikan Agama Islam dalam
mecegah masalah sosial di perumahan kost mahasiswa di jl. Hoscokroaminoto, lr. 1
kecamatan tanete riattang barat kelurahan macanang kabupaten bone.
Penelitian ini dilakukan dengan dua metode pengumpulan data yaitu metode
library research melalui karya ilmiah seperti skripsi, buku-buku, majalah maupun
karya ilmiah lainnya dan field research melalui observasi, wawancara serta
dokumentasi dalam analisis data, digunakan metode kualitatif deskriptif yang dibagi
menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data. Data yang
telah direduksi akan disajikan dalam bentuk narasi kemudian ditarik sebuah
kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peranan pendidikan Agama
Islam dalam mecegah masalah sosial di pemondokan mahasiswa bukan hanya dalam
pembalajaran akan tetapi di aplikasikan juga dalam kehidupannyata terutama bagi
mahasiswa yang tinggal di pemondokan. 2) Eksistensi pendidikan Agama Islam
dalam mecegah masalah sosial pemondokan mahasiswa, kebaradaan Pendidikan
Agama Islam di pemondokan memberi pengaruh positif bagi mahasiswa yang
tentunya merka lebih menerapkan nilai-nilai ajaran Pendidkan Islam dalam
kehidupan sehari-hari terutama ditempat mereka melakukan pemondokan.
A. Kesimpulan
1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pendidikan Islam dalam
mencegah masalah sosial di daerah pemondokan masih bisa kita tanggulangi
dengan melakukan pendekatan yang bersifat religius dengan bekerja sama
dengan pemilik pemondokan, teman sepondok, dan masyarakat yang ada di
sekitar lokasi. Untuk perilaku mahasiswa yang ada didalam pemondokan, hasil
dari interview dan angket menunjukkan bahwa perilaku pemondokan yang
paling banyak dilakukan mahasiswa, yakni: tidak saling bercampur antara laki-
laki dan perempuan,saling memperingati dalam kebaikan, selalu mengerjakan
kewajiban, selalu mengingat tujuan utama kuliah, orang tua dan takut dosa. Hal
ini menunjukkan bahwasanya peranan pendidikan Islam di pemondokan di jl.hos
cokroaminoto berhasil.
2. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadi perilaku menyimpang
mahasiswa antara lain: Masih lemahnya saling menyampaikan kebaikan. Adapun
peran pendidikan Islam disini sebagai pendidikan yang menanamkan nilai-nilai
Islam dan selalu menekankan pada pembentukan hati nurani, untuk mewujudkan
masyarakat yang berjiwa Islami yang selalu menjalankan perintah Allah swt
dan menajuhilarangannya.
B. Saran
Adapun saran-saran yang dapat penulis uraikan didalam pembahasan skripsi
ini mengenai peran pendidikan islam dalam mengatsi masalah social masyarakat
(studi kasus pemeondokan mahasiswa di jl hoscokro aminoto, kecamatan Tanete
Riattang Barat, kelurahan Macanag, kabupaten Bone) adalah sebagai berikut:
1. Kepada semua Pemilik Pemondokan memberikan peraturan dimana antara
laki-laki dan perempuan dibedakan sesuai yang ada di lingkungan masyarakat
yang terletak di lorong 1, kec. Tanete riattang barat, kelurahan macanang,
sebagian dari lingkungan ini terdapat banyak sekali pemondokan mahasiswa,
ada yang bercampur antara laki-laki dan perempuan akan tetapi lebih banyak
di temukan pemondokan mahasiswa yang tidak bercampur antara laki-laki dan
perempuan. penulis mengharapkan kepada pemilik pondok, harus sangat
memperhatikan dan selalu mengotrol setiap mahasiswa yang ingin memondok
2. Sebagai saran terakhir,kepada pemerintah tekait agar kiranya lebih
memperhatikan wilayahnya terutama kepada rumah pemondokan karena jika
pemerintah tidak melakukan pengontrolan mungkin akan lebih abnyak lagi
mucul pemondokan yang bermasalah.
Ketersediaan
| STAR202190350 | 350/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
350/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
