Pengaruh manajemen kurikulum terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN Macanang Kabupaten Bone
Akram/02.13.3142 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh manajemen kurikulum terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN Macanang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum, hasil belajar siswa, dan pengaruh manajemen kurikulum terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN Macanang.rnUntuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh manajemen kurikulum terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN Macanang. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau persentase, korelasi product moment, melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linear sederhana dan melakukan uji statistik berdistribusi F dan T berdasarkan anava.rnHasil penelitian ini menunjukkan manajemen kurikulum di MIN Macanang adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 26 responden manajemen kurikulum. Rata-rata dari jawaban responden adalah 87. Angka 87 berada pada kategori baik (87-93), sedangkan hasil belajar siswa di MIN Macanang adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagian kepada 26 responden mengenai hasil belajar siswa. Rata-rata jawaban responden adalah adalah 85,308. Angka 85,308 berada pada kategori baik (85-91).rnBerdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 7,78499 > Ftabel sebesar 4,25968, serta uji Thitung sebesar 2,79069 > Ttabel sebesar 2,39095. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kurikulum terhadap hasil belajar siswa di MIN Macanang.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:rn1.Manajemen kurikulum di MIN Macanang baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 87. Angka 87 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 87-93.rn2.Hasil belajar siswa di MIN Macanang baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 85,308. Angka 85,308 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 85-91.rn3.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen kurikulum terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN Macanang. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 7,78499 > Ftabel sebesar 4,25968, serta uji Thitung sebesar 2,79069 > Ttabel sebesar 2,39095. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kurikulum terhadap hasil belajar siswa di MIN Macanang.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:rn1.Untuk mencapai suatu kesuksesan pendidikan, pihak sekolah hendaknya lebih mengembangkan dan meningkatkan manajemen kurikulum. Karena manajemen kurikulum yang baik akan berdampak pada hasil belajar siswa di sekolah.rn2.Manajemen kurikulum yang mencakup perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi kurikulum hendaknya di implementasikan dengan baik.rn3.Sebaiknya pihak sekolah dapat mempertahankan dan meningkatkan manajemen kurikulum yang telah ditetapkan di sekolah. rn rn
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
85/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
