Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Ghibah pada Peserta Didik (Studi Pada MTs Al-Mubarak Tacipi)
Alpirawati/02.12.1101 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Ghibah pada Peserta Didik ( Studi Pada MTs Al-Mubarak Tacipi). Ada 2 masalah yang dikaji dalam skripsi ini yakni bentuk-bentuk ghibah pada peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi, dan upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku ghibah pada peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi.
Memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui library research dan field research. Library research menggunakan kutipan langsung dan tidak langsung, sedangkan field research menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan metode induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Bentuk-bentuk ghibah yang terkadang dilakukan peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu a. Membicarakan keburukan sifat dan akhlak seseorang dengan maksud agar diketahui oleh orang banyak. b. Perilaku ghibah dengan menceritakan keburukan amal dan perbuatan seseorang dengan maksud agar dicemohkan oleh orang banyak. c.Perilaku ghibah dengan membicarakan cacat anggota tubuh seseorang dengan maksud merendahkan derajat dan martabanya. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah atau mengatasi perilaku ghibah bagi peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi, yaitu memberikan pemahaman kepada peserta didik. Pemahaman yang diberikan seperti, mengajarkan agar peserta didik untuk senantiasa menjaga lisan dengan baik. Memberi pemahaman kepada peserta didik untuk tidak membenarkan suatu kabar baik itu ada pada orang yang digunjing, serta mengajarkan doa kepada peserta didik agar terhindar dari perilaku-perilaku tercela utamanya ghibah. Setelah peserta didik mendapat pemahaman dari guru mengenai pencegahan perilaku ghibah, peserta didik mulai mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari dengan merubah perilakunya secara perlahan-lahan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan sebelumnya, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan, diantaranya sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk ghibah yang terkadang dilakukan oleh peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu: a) Membicarakan keburukan sifat dan akhlak seseorang dengan maksud agar diketahui oleh orang banyak. b). Perilaku ghibah dengan menceritakan keburukan amal dan perbuatan seseorang dengan maksud agar dicemohkan oleh orang banyak. c).Perilaku ghibah dengan membicarakan cacat anggota tubuh seseorang dengan maksud merendahkan derajat dan martabatnya.
2. Upaya pendidik dalam mencegah atau mengatasi perilaku ghibah bagi peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu memberikan pemahaman kepada peserta didik. Pemahaman yang diberikan seperti, mengajarkan agar peserta didik senanantiasa menjaga lisannya dari perkataan yang senantiasa akan merusak persaudaraan sesama peserta didik, memiliki teman yang baik serta senantiasa selalu berdoa kepada Allah swt agar terhindar dari perilaku-perilaku tercela. Setelah peserta didik mendapat pemahaman dari guru mengenai pencegahan perilaku ghibah, peserta didik mulai
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari dengan merubah perilaku tersebut secara perlahan-lahan
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan hasil-hasilnya maka penulis menyarankan:
1. Diharapkan dapat terus meningkatkan pemahaman tentang bentuk-bentuk ghibah, sehingga dengan adanya pemahaman yang baik diharapkan dapat menghindari perilaku ghibah.
2. Untuk semua guru hendaknya selalu memberikan pemahaman kepada peserta didik agar terhidar dari akhlak tercela terutama ghibah, untuk semua peserta didik diharapkan agar senantiasa tidak menceritakan kekurangan seseorang.
Memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui library research dan field research. Library research menggunakan kutipan langsung dan tidak langsung, sedangkan field research menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan metode induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Bentuk-bentuk ghibah yang terkadang dilakukan peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu a. Membicarakan keburukan sifat dan akhlak seseorang dengan maksud agar diketahui oleh orang banyak. b. Perilaku ghibah dengan menceritakan keburukan amal dan perbuatan seseorang dengan maksud agar dicemohkan oleh orang banyak. c.Perilaku ghibah dengan membicarakan cacat anggota tubuh seseorang dengan maksud merendahkan derajat dan martabanya. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah atau mengatasi perilaku ghibah bagi peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi, yaitu memberikan pemahaman kepada peserta didik. Pemahaman yang diberikan seperti, mengajarkan agar peserta didik untuk senantiasa menjaga lisan dengan baik. Memberi pemahaman kepada peserta didik untuk tidak membenarkan suatu kabar baik itu ada pada orang yang digunjing, serta mengajarkan doa kepada peserta didik agar terhindar dari perilaku-perilaku tercela utamanya ghibah. Setelah peserta didik mendapat pemahaman dari guru mengenai pencegahan perilaku ghibah, peserta didik mulai mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari dengan merubah perilakunya secara perlahan-lahan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan sebelumnya, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan, diantaranya sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk ghibah yang terkadang dilakukan oleh peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu: a) Membicarakan keburukan sifat dan akhlak seseorang dengan maksud agar diketahui oleh orang banyak. b). Perilaku ghibah dengan menceritakan keburukan amal dan perbuatan seseorang dengan maksud agar dicemohkan oleh orang banyak. c).Perilaku ghibah dengan membicarakan cacat anggota tubuh seseorang dengan maksud merendahkan derajat dan martabatnya.
2. Upaya pendidik dalam mencegah atau mengatasi perilaku ghibah bagi peserta didik di MTs Al-Mubarak Tacipi yaitu memberikan pemahaman kepada peserta didik. Pemahaman yang diberikan seperti, mengajarkan agar peserta didik senanantiasa menjaga lisannya dari perkataan yang senantiasa akan merusak persaudaraan sesama peserta didik, memiliki teman yang baik serta senantiasa selalu berdoa kepada Allah swt agar terhindar dari perilaku-perilaku tercela. Setelah peserta didik mendapat pemahaman dari guru mengenai pencegahan perilaku ghibah, peserta didik mulai
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari dengan merubah perilaku tersebut secara perlahan-lahan
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan hasil-hasilnya maka penulis menyarankan:
1. Diharapkan dapat terus meningkatkan pemahaman tentang bentuk-bentuk ghibah, sehingga dengan adanya pemahaman yang baik diharapkan dapat menghindari perilaku ghibah.
2. Untuk semua guru hendaknya selalu memberikan pemahaman kepada peserta didik agar terhidar dari akhlak tercela terutama ghibah, untuk semua peserta didik diharapkan agar senantiasa tidak menceritakan kekurangan seseorang.
Ketersediaan
| ST20160211 | 211/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
211/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
