Implementasi metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTS Al-Hidayah Bakke Desa Kajoalaliddong Kec.Barebbo Kab.Bone
Refyani/02.12.1094 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone dan untuk mengetahui dampak metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone.
Untuk memperoleh jawaban terhadap masalah tersebut maka, penulis menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Sosiologis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologis normatif. Pengolahan data secara kualitatif serta teknik analisis data yang penulis gunakan dengan teknik analisis yang terstruktur. Adapun data yang bersifat kualitatif untuk sampel penelitian agar didapatkan data yang kongkrit.
Dengan metode tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) membiasakan para siswa untuk datang lebih awal di sekolah, 2) membiasakan kepada siswa untuk berpakaian rapi dan bersih, 3) membiasakan kepada siswa untuk melakukan shalat secara berjamaah, dan 4) membiasakan siswa untuk memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin dan kerja keras. Dampak metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi, 2) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kreativitas yang tinggi, 3) dengan metode pembiasaan siswa memiliki sikap kemandirian yang baik, dan 4) dengan metode pembiasaan siswa memiliki tingkat kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi.
Metode pembiasaan sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone.Karena dengan adanya metode pembiasaan ini mampu membentuk karakter peserta didik.
A.Simpulan
Dari uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) membiasakan para siswa untuk datang lebih awal di sekolah, 2) membiasakan kepada siswa untuk berpakaian rapi dan bersih, 3) membiasakan kepada siswa untuk melakukan shalat secara berjamaah, dan 4) membiasakan siswa untuk memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin dan kerja keras.
2.Dampak metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi, 2) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kreativitas yang tinggi, 3) dengan metode pembiasaan siswa memiliki sikap kemandirian yang baik, dan 4) dengan metode pembiasaan siswa memiliki tingkat kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi.
B.Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada para pendidik khususnya guru yang ada di MTs agar senantiasa menerapkan metode pembiasaan dalam proses belajar mengajar karena metode ini sangat cocok diterapkan untuk anak SMP/MTs ke atas.
2.Diharapkan para peserta didik agar dapat memetik hikma pembiasaan yang diterapkan oleh guru dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Untuk memperoleh jawaban terhadap masalah tersebut maka, penulis menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Sosiologis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologis normatif. Pengolahan data secara kualitatif serta teknik analisis data yang penulis gunakan dengan teknik analisis yang terstruktur. Adapun data yang bersifat kualitatif untuk sampel penelitian agar didapatkan data yang kongkrit.
Dengan metode tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) membiasakan para siswa untuk datang lebih awal di sekolah, 2) membiasakan kepada siswa untuk berpakaian rapi dan bersih, 3) membiasakan kepada siswa untuk melakukan shalat secara berjamaah, dan 4) membiasakan siswa untuk memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin dan kerja keras. Dampak metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi, 2) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kreativitas yang tinggi, 3) dengan metode pembiasaan siswa memiliki sikap kemandirian yang baik, dan 4) dengan metode pembiasaan siswa memiliki tingkat kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi.
Metode pembiasaan sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone.Karena dengan adanya metode pembiasaan ini mampu membentuk karakter peserta didik.
A.Simpulan
Dari uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) membiasakan para siswa untuk datang lebih awal di sekolah, 2) membiasakan kepada siswa untuk berpakaian rapi dan bersih, 3) membiasakan kepada siswa untuk melakukan shalat secara berjamaah, dan 4) membiasakan siswa untuk memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin dan kerja keras.
2.Dampak metode pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs. Al-Hidayah Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi, 2) dengan metode pembiasaan siswa memiliki kreativitas yang tinggi, 3) dengan metode pembiasaan siswa memiliki sikap kemandirian yang baik, dan 4) dengan metode pembiasaan siswa memiliki tingkat kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi.
B.Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada para pendidik khususnya guru yang ada di MTs agar senantiasa menerapkan metode pembiasaan dalam proses belajar mengajar karena metode ini sangat cocok diterapkan untuk anak SMP/MTs ke atas.
2.Diharapkan para peserta didik agar dapat memetik hikma pembiasaan yang diterapkan oleh guru dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20160190 | 190/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
190/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
