Penerapan metode problem based learning dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat
Rismawati Umar/02.12.1126 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Penerapan metode problem based learning dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI di MI Darul Hikmah Kel. Macege Kec. T. Riattang Barat. Permasalahan Skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran SKI pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah Kel. Macege Kec. T.Riattang Barat dan bagaimana kontribusi penerapan metode problem based learning dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada kelas V di MI Darul Hikmah Kel.Macege Kec. T. Riattang Barat.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), yang menggunakan pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologis normatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan teknik deskriktif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pelajaran SKI pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah sudah dilaksanakan. Guru berperan sebagai fasilitator, penyedia sumber belajar siswa, pembimbing siswa, pemberi motivasi siswa dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan.Metode problem based learning di MI Darul Hikmah. dengan sistem pemecahan masalah oleh siswa telah dapat diterapkan pada siswa kelas V pada mata pelajaran SKI karena siswa kelas V dinilai telah memiliki kemampuan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Penerapan metode problem based learning telah mampu meningkatkan kualitas belajar siswa pada kelas V di MI Darul Hikmah kelurahan Kec. T. Riattang Bara.Jika siswa menginginkan agar kelompoknya memperoleh penghargaan maka mereka harus saling membantu dalam mempelajari bahan yang sudah disajikan oleh guru.
A.Simpulan
1.Penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran SKI pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecematan Tanete Riattang Barat, dapat dipahami bahwa metode problem based learing sudah dilaksanakan di MI Darul Hikmah dimana guru berperan sebagai fasilitator, pemberi motivasi siswa dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan, dan sebagai pelatih siswa agar memiliki keterampilan pemecahan masalah. Dalam penerapan metode problem based learning di MI Darul Hikmah Metode problem based learning ini dengan sistem pemecahan masalah oleh siswa telah dapat diterapkan pada siswa kelas V pada mata pelajaran SKI karena siswa kelas V dinilai telah memilih kemampuan dan kecakapan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru sehinggga mampu merespon dan mengkritisi.
2.Penerapan metode problem based learningtelah berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada kelas V di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat. Hal tersebut di peningkatan hasil belajar pada kelas V yang menerapkan metode problem based learning. Manfaat metode problem based learning juga dapat memotivasi siswauntuk saling membantu dengan siswa lainnya dalam meguasai keterampilan atau pengetahuan yang disajikan oleh guru. Jika siswamenginginkan agar kelompoknya memperoleh penghargaan maka mereka harus saling membantu dalam mempelajari bahan yang sudah disajikan oleh guru.
B.Saran
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis meberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Dalam proses pembelajaran, diharapkan guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik minat bagi siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diharapkan mampu menerapkan metode problem based learning pada kelas lain.
3.Langkah-langkah pelaksanaan metode problem based learning hendak terlebih dahulu dijelaskan oleh pendidik dengan jelas agar siswa tidak kebingungan saat proses pembelajaran metode problem based learning berlangsung.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), yang menggunakan pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologis normatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan teknik deskriktif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pelajaran SKI pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah sudah dilaksanakan. Guru berperan sebagai fasilitator, penyedia sumber belajar siswa, pembimbing siswa, pemberi motivasi siswa dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan.Metode problem based learning di MI Darul Hikmah. dengan sistem pemecahan masalah oleh siswa telah dapat diterapkan pada siswa kelas V pada mata pelajaran SKI karena siswa kelas V dinilai telah memiliki kemampuan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Penerapan metode problem based learning telah mampu meningkatkan kualitas belajar siswa pada kelas V di MI Darul Hikmah kelurahan Kec. T. Riattang Bara.Jika siswa menginginkan agar kelompoknya memperoleh penghargaan maka mereka harus saling membantu dalam mempelajari bahan yang sudah disajikan oleh guru.
A.Simpulan
1.Penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran SKI pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecematan Tanete Riattang Barat, dapat dipahami bahwa metode problem based learing sudah dilaksanakan di MI Darul Hikmah dimana guru berperan sebagai fasilitator, pemberi motivasi siswa dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan, dan sebagai pelatih siswa agar memiliki keterampilan pemecahan masalah. Dalam penerapan metode problem based learning di MI Darul Hikmah Metode problem based learning ini dengan sistem pemecahan masalah oleh siswa telah dapat diterapkan pada siswa kelas V pada mata pelajaran SKI karena siswa kelas V dinilai telah memilih kemampuan dan kecakapan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru sehinggga mampu merespon dan mengkritisi.
2.Penerapan metode problem based learningtelah berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada kelas V di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat. Hal tersebut di peningkatan hasil belajar pada kelas V yang menerapkan metode problem based learning. Manfaat metode problem based learning juga dapat memotivasi siswauntuk saling membantu dengan siswa lainnya dalam meguasai keterampilan atau pengetahuan yang disajikan oleh guru. Jika siswamenginginkan agar kelompoknya memperoleh penghargaan maka mereka harus saling membantu dalam mempelajari bahan yang sudah disajikan oleh guru.
B.Saran
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis meberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Dalam proses pembelajaran, diharapkan guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik minat bagi siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diharapkan mampu menerapkan metode problem based learning pada kelas lain.
3.Langkah-langkah pelaksanaan metode problem based learning hendak terlebih dahulu dijelaskan oleh pendidik dengan jelas agar siswa tidak kebingungan saat proses pembelajaran metode problem based learning berlangsung.
Ketersediaan
| ST20170148 | 148/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
148/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
