Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat
Haerani/02.12.1145 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Implementasi Pembelajaraan Kontekstual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kel Macege Kec Tanete Riattang Barat. Adapun yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kel Macege Kec Tanete Riattang Barat dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual serta kendala dan upaya mengatasi pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kel Macege Kec Tanete Riattang Barat.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis menggunakan penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini diantaranya adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan pendekatan teologis normatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kel Macege Kec Tanete Riattang Barat dapat di pahami bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah pendidik menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata pesera didik. Adapun tujuan diterapkan pembelajaran ini yaitu agar peserta didik tidak memahami materi hanya sekedar konsep saja, membentuk sikap kerja sama yang baik antar individu maupun kelompok. Langkah pelaksanaan pembelajaran kontekstual diantaranya meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengembangkan pemikiran akan makna pelajaran, mengembangkan sifat ingin tahu, membuat kelompok belajar, menghadirkan model sebagai contoh belajar, melakukan refleksi dan penilaian. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam proses belajar mengajar. Adapun upaya yang dilakukan adalah menugaskan peserta didik mencari informasi penting yang baru yang berhubungan dengan konsep pembelajaran.
A.Simpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa:
1.Penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah pendidik menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Adapun tujuan diterapkannya pembelajaran ini yaitu agar peserta didik tidak memahami materi hanya sekedar konsep saja, membentuk sikap kerja sama yang baik antar individu maupun kelompok, dan demi menciptakan peserta didik yang kehidupannya bermasyarakat. Langkah pelaksanaan pembelajaran kontekstual diantaranya meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengembangkan pemikiran akan makna pelajaran, mengembangkan sifat ingin tahu, membuat kelompok belajar, menghadirkan model sebagai contoh belajar, melakukan refleksi dan penilaian. Selain itu penerapannya juga cocok di kelas IV, V dan VI, karena peserta didik sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan masyarakat.
2.Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam proses belajar mengajar, dan dipengaruhi oleh latar belakang dan lingkungan peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan adalah menugaskan peserta didik mencari informasi penting yang baru yang berhubungan dengan konsep pembelajaran. Sedangkan strategi yang digunakan adalah mendorong dan menggambarkan proses belajar dengan konteks pengalaman kehidupan nyata. Adapun tingkat keberhasilan yang dicapai adalah peserta didik sudah mampu menggunakan pengetahuan akademisnya dalam kehidupan bermasyarakat.
B.Saran
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Pendidik diharapkan mampu menerapkan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran lain.
2.Dalam proses pembelajaran diharapkan pedidik mampu menciptakan pembelajarn yang menyenangkan dan menarik minat peserta didik sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang baik.
3.Pendidik diharapkan mampu menguasai kelas bagaimanapun keadaannya.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis menggunakan penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini diantaranya adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan pendekatan teologis normatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kel Macege Kec Tanete Riattang Barat dapat di pahami bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah pendidik menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata pesera didik. Adapun tujuan diterapkan pembelajaran ini yaitu agar peserta didik tidak memahami materi hanya sekedar konsep saja, membentuk sikap kerja sama yang baik antar individu maupun kelompok. Langkah pelaksanaan pembelajaran kontekstual diantaranya meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengembangkan pemikiran akan makna pelajaran, mengembangkan sifat ingin tahu, membuat kelompok belajar, menghadirkan model sebagai contoh belajar, melakukan refleksi dan penilaian. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam proses belajar mengajar. Adapun upaya yang dilakukan adalah menugaskan peserta didik mencari informasi penting yang baru yang berhubungan dengan konsep pembelajaran.
A.Simpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa:
1.Penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah pendidik menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Adapun tujuan diterapkannya pembelajaran ini yaitu agar peserta didik tidak memahami materi hanya sekedar konsep saja, membentuk sikap kerja sama yang baik antar individu maupun kelompok, dan demi menciptakan peserta didik yang kehidupannya bermasyarakat. Langkah pelaksanaan pembelajaran kontekstual diantaranya meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengembangkan pemikiran akan makna pelajaran, mengembangkan sifat ingin tahu, membuat kelompok belajar, menghadirkan model sebagai contoh belajar, melakukan refleksi dan penilaian. Selain itu penerapannya juga cocok di kelas IV, V dan VI, karena peserta didik sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan masyarakat.
2.Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam proses belajar mengajar, dan dipengaruhi oleh latar belakang dan lingkungan peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan adalah menugaskan peserta didik mencari informasi penting yang baru yang berhubungan dengan konsep pembelajaran. Sedangkan strategi yang digunakan adalah mendorong dan menggambarkan proses belajar dengan konteks pengalaman kehidupan nyata. Adapun tingkat keberhasilan yang dicapai adalah peserta didik sudah mampu menggunakan pengetahuan akademisnya dalam kehidupan bermasyarakat.
B.Saran
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.Pendidik diharapkan mampu menerapkan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran lain.
2.Dalam proses pembelajaran diharapkan pedidik mampu menciptakan pembelajarn yang menyenangkan dan menarik minat peserta didik sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang baik.
3.Pendidik diharapkan mampu menguasai kelas bagaimanapun keadaannya.
Ketersediaan
| ST20170149 | 149/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
149/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
