Efektivitas Penggunaan Media Kartu Gambar dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTs Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penggunaan media kartu gambar yang
difokuskan pada kosakata dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab pada
siswa kelas VII di MTs Al-Mubarak Tacipi. Masalah pokoknya adalah bagaimana
penggunaan media kartu gambar dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab?
Adapun sub masalahnya adalah (1) bagaimana penggunaan media kartu gambar
dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Mubarak Tacipi? (2) bagaimana
tingkat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Mubarak Tacipi? (3)
bagaimana efektivitas penggunaan media kartu gambar dalam meningkatkan hafalan
kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Mubarak Tacipi?
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif, dengan
menggunakan pendekatan penelitian yakni pendekatan pedagogic dan pendekatan
psikologis. Dalam pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan
tes (pre tes dan post tes), observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul maka
menggunakan rumus statistik uji to.
Data yang diperoleh dari skor melihat dan menyimak gambar dari pre tes dan
post tes. Data dianalisis menggunakan deskriftif rata-rata mean. Hasil penelitian
pengaruh media kartu gambar mencapai 9% yang sebelumnya hanya 6%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media kartu gambar dalam
pembelajaran bahasa Arab kelas VII sangat efektif dalam meningkatkan hafalan
kosakata bahasa Arab MTs Al-Mubarak Tacipi Kecamata Ulaweng Kabupaten Bone.
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian dan observasi yang telah dilakukan
yaitu:
1. Penerapan media kartu gambar yang peneliti lakukan yaitu
memperkenalkan media kartu gambar terlebih dahulu, lalu menyebutkan
kosakata gambar yang ada dalam kartu, lalu memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengulang kembali kosakata gambar tersebut. Selain
itu, peneliti juga membagi tiga kelompok, peneliti memberikan kosakata
dan gambar pada setiap kelompok, lalu siswa bekerjasama untuk
mencocokkan kosakata yang ada dalam gambar. Selanjutnya, siswa
melafalkan kosakata bahasa Arab yang terdapat dalam kartu gambar
tersebut.
2. Hasil pre tes yang didapat untuk kelas yang di berikan perlakuan skor
tertinggi 60 dan skor terendah 10 sedangkan hasil pre tes untuk siswa yang
tidak diberikan perlakuan adapun skor tertinngi yaitu 60 dan skor terendah
adalah 10. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa hasil yang didapat melalui pre
tes ini baik siswa yang diberikan perlakuan maupun siswa yang tidak
diberikan perlakuan mendapat skor tetinggi dan terendah dengar skor yang
sama. Setelah penerapan media kartu gambar kepada siswa kelas VII MTs.
Al-Mubarak Tacipi, adapun hasil yang didapat melalui tes (pos tes). Untuk
siswa yang diberikan perlakuan skor tertinggi adalah 90 adapun skor
terendah 40. Sedangkan, untuk siswa yang tidak diberikan perlakuan
adapun skor tertinggi yaitu 80 dan skor terendah 30.
3. Media kartu gambar efektif di terapkan dalam pembelajaran bahasa Arab
pada kelas VII MTs. Al-Mubarak Tacipi. Karena, media ini dapat
meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di MTs. Al-
Mubarak Tacipi.
B. IMPLIKASI
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disampaikan
saran sebagai berikut:
1. Guru disarankan untuk menggunakan media kartu gambar sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk
meningkatkan hapalan kosakata. Untuk menerapkan Media ini diperlukan
persiapan yang matang, agar pembelajaran berjalan maksimal.
2. Peserta didik disarankan untuk senantiasa menambah kosakata bahasa
Arabnya dengan menggunakan media kartu gambar karena media ini
terbukti dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hafalan
kosakata bahasa Arabnya.
3. Peneliti lain dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai pertimbangan dan
referensi apabila melakukan penelitian yang serupa maupun penelitian
lanjutan.
Ketersediaan
ST20170304304/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

304/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top