Kontribusi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membangun Karakter Islami Terhadap Siwa MI Ar- Rahman Pajekko Kec. Barebbo Kab. Bone
Agunawan S/02.13.1030 - Personal Name
Masalah pokok yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni, tentang proses pembelajaran Aqidah Akhlak dan implikasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko Kec.Barebbo Kab.Bone. Untuk mengetahui proses yang di lakukan dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI AR Rahman Pajekko Kec.barebbo Kab.Bone dan untuk mengetahui implikasi yang diberikan oleh pembelajaran akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko Kec.Barebbo Kab.Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam skripsi ini adalah bahwa proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MI AR Rahman pajekko adalah menggunakan sistem pembelajaran kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan muatan materi pembelajaran akidah akhlak yaitu mengenai keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Pembelajaran akidah akhlak menggunakan berbagai metode yang meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Menggunakan media yang meliputi media visual dan media audio visual. Implikasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko adalah pada karakter keagamaan melalui perhitungan sesuai dengan data yang ada dibuat dua kategori yaitu karakter “keagamaan rendah” dan “karakter keagamaan tinggi”. Karakter peduli sosial dan peduli lingkungan hidup senantiasa dibiasakan pada diri siswa, agar siswa dapat memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sosial di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, setiap karakter harus konsisten untuk diimplementasikan oleh siswa atas bimbingan dari para guru.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1.Proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MI AR Rahman pajekko adalah menggunakan sistem pembelajaran kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan muatan materi pembelajaran akidah akhlak yaitu mengenai keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Pembelajaran akidah akhlak menggunakan berbagai metode yang meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Menggunakan media yang meliputi media visual dan media audio visual.
2.Implikasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko adalah pada karakter keagamaan melalui perhitungan sesuai dengan data yang ada dibuat dua kategori yaitu karakter “keagamaan rendah” dan “karakter keagamaan tinggi”. Karakter peduli sosial dan peduli lingkungan hidup senantiasa dibiasakan pada diri siswa, agar siswa dapat memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sosial di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, setiap karakter harus konsisten untuk diimplementasikan oleh siswa atas bimbingan dari para guru.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada guru umumnya dan guru PAI yaitu guru aqidah akhlak pada khususnya untuk selalu meningkatkan kompetensinya.
2.Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru.
3.Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasa mengarahkan dan membimbing agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
4.Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam skripsi ini adalah bahwa proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MI AR Rahman pajekko adalah menggunakan sistem pembelajaran kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan muatan materi pembelajaran akidah akhlak yaitu mengenai keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Pembelajaran akidah akhlak menggunakan berbagai metode yang meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Menggunakan media yang meliputi media visual dan media audio visual. Implikasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko adalah pada karakter keagamaan melalui perhitungan sesuai dengan data yang ada dibuat dua kategori yaitu karakter “keagamaan rendah” dan “karakter keagamaan tinggi”. Karakter peduli sosial dan peduli lingkungan hidup senantiasa dibiasakan pada diri siswa, agar siswa dapat memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sosial di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, setiap karakter harus konsisten untuk diimplementasikan oleh siswa atas bimbingan dari para guru.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1.Proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MI AR Rahman pajekko adalah menggunakan sistem pembelajaran kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan muatan materi pembelajaran akidah akhlak yaitu mengenai keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Pembelajaran akidah akhlak menggunakan berbagai metode yang meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Menggunakan media yang meliputi media visual dan media audio visual.
2.Implikasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa di MI AR Rahman Pajekko adalah pada karakter keagamaan melalui perhitungan sesuai dengan data yang ada dibuat dua kategori yaitu karakter “keagamaan rendah” dan “karakter keagamaan tinggi”. Karakter peduli sosial dan peduli lingkungan hidup senantiasa dibiasakan pada diri siswa, agar siswa dapat memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sosial di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, setiap karakter harus konsisten untuk diimplementasikan oleh siswa atas bimbingan dari para guru.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada guru umumnya dan guru PAI yaitu guru aqidah akhlak pada khususnya untuk selalu meningkatkan kompetensinya.
2.Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru.
3.Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasa mengarahkan dan membimbing agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
4.Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20170268 | 268/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
268/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
