Peranan Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Kinerja Guru di MAN 2 Bone
Laras Monika/02.13.3190 - Personal Name
Penelitian ini berjudul “Peranan Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Prestasi Kinerja Guru di MAN 2 BONE”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peranan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan untuk mengetahui
peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif dalam melakukan
pengelolaan data penelitian.
Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu jenis penelitian bermaksud
untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya
perilaku, persepsi dan tindakan laku dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa
dengan mengunakan pendekatan sosiologis dan paedagogik, kemudian pengumpulan
data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk
menganalisis data digunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah di
MAN 2 Bone yaitu tipe kepemimpinan Demokrasi dengan indikator kepala sekolah
memberikan bimbingan yang efisien kepada para pengikutnya, adanya koordinasi
pekerjaan pada bawahan, dengan penekanan pada rasa tanggung jawab internal (pada
diri sendiri) dengan kerja sama yang baik, partisipasi aktif dari setiap kelompok,
menghargai potensi setiap individu dan mampu mendengarkan nasehat dan sugesti
bawahan dan mengakui keahlian para spesialis dengan bidangnya masing-masing
mampu memanfaatkan kapasitas setiap anpggota seefektif mungkin pada saat-saat
dan kondisi yang tepat. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja
guru di MAN 2 Bone, sebagai berikut: kepala sekolah sebagai educator/pendidik,
kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader/pemimpin, kepala
sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah
sebagai motivator dan kepala sekolah sebagai inovator.
Implikasi penelitian ini 1. seyogyanya kepala sekolah bukan hanya
mengunakan tipe kepemimpinan di sekolah yang dipimpinya, hendaknya
mengunakan tipe kepemimpinan yang lain juga mengingat situasi dan kondisi berubah-
ubah. 2. Perihal peran kepimpinan kepala sekolah MAN 2 Bone mesti berperan
aktif untuk melakukan supervisor dalam rangka meningkatkan kinerja guru di MAN
2 Bone.
A. Simpulan
1. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari bab III yang didapat dari hasil
observasi atau pengamatan dan wawancara dan dapat disimpulkan bahwa tipe
kepemimpinan kepala sekolah di MAN 2 Bone yaitu tipe kepemimpinan
Demokrasi dengan indikator kepala Sekolah memberikan bimbingan yang
efisien kepada para pengikutnya, adanya koordinasi pekerjaan pada bawahan,
dengan penekanan pada rasa tanggung jawab internal (pada diri sendiri)
dengan kerja sama yang baik, partisipasi aktif dari setiap kelompok,
menghargai potensi setiap individu dan mampu mendengarkan nasehat dan
sugesti bawahan dan mengakui keahian para spesialis dengan bidangnya
masing-masing mampu memanfaatkan kapasitas setiap anggota seefektif
mungkin pada saat-saat dan kondisi yang tepat.
2. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru di MAN 2
Bone, sebagai berikut: Kepala sekolah sebagai educator/pendidik, kepala
sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader/pemimpin, kepala
sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala
sekolah sebagai motivator, kepala sekolah sebagai innovator.
B. Saran
1. Kepada kepala MAN 2 Bone dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk
terus menggembangkan lembaga yang dipimpinnya. Disarankan agar prestasi
yang sudah dicapai sekarang ini dapat di dedikasikan kepada sekolah ini,
sehingga kehadiran MAN 2 Bone ini dapat memberikan kontribusi yang
positif bagi kemajuan lingkungan disekitarnya.
2. Untuk guru-guru MAN 2 Bone, agar lebih menghargai pemberian motivasi
dari kepala sekolah, karena bagaimanapun kepala sekolah banyak berjasa
dalam meningkatkan kinerja guru walaupun masih ada hambatan-hambatan
yang dihadapinya.
Meningkatkan Prestasi Kinerja Guru di MAN 2 BONE”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peranan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan untuk mengetahui
peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif dalam melakukan
pengelolaan data penelitian.
Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu jenis penelitian bermaksud
untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya
perilaku, persepsi dan tindakan laku dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa
dengan mengunakan pendekatan sosiologis dan paedagogik, kemudian pengumpulan
data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk
menganalisis data digunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah di
MAN 2 Bone yaitu tipe kepemimpinan Demokrasi dengan indikator kepala sekolah
memberikan bimbingan yang efisien kepada para pengikutnya, adanya koordinasi
pekerjaan pada bawahan, dengan penekanan pada rasa tanggung jawab internal (pada
diri sendiri) dengan kerja sama yang baik, partisipasi aktif dari setiap kelompok,
menghargai potensi setiap individu dan mampu mendengarkan nasehat dan sugesti
bawahan dan mengakui keahlian para spesialis dengan bidangnya masing-masing
mampu memanfaatkan kapasitas setiap anpggota seefektif mungkin pada saat-saat
dan kondisi yang tepat. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja
guru di MAN 2 Bone, sebagai berikut: kepala sekolah sebagai educator/pendidik,
kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader/pemimpin, kepala
sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah
sebagai motivator dan kepala sekolah sebagai inovator.
Implikasi penelitian ini 1. seyogyanya kepala sekolah bukan hanya
mengunakan tipe kepemimpinan di sekolah yang dipimpinya, hendaknya
mengunakan tipe kepemimpinan yang lain juga mengingat situasi dan kondisi berubah-
ubah. 2. Perihal peran kepimpinan kepala sekolah MAN 2 Bone mesti berperan
aktif untuk melakukan supervisor dalam rangka meningkatkan kinerja guru di MAN
2 Bone.
A. Simpulan
1. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari bab III yang didapat dari hasil
observasi atau pengamatan dan wawancara dan dapat disimpulkan bahwa tipe
kepemimpinan kepala sekolah di MAN 2 Bone yaitu tipe kepemimpinan
Demokrasi dengan indikator kepala Sekolah memberikan bimbingan yang
efisien kepada para pengikutnya, adanya koordinasi pekerjaan pada bawahan,
dengan penekanan pada rasa tanggung jawab internal (pada diri sendiri)
dengan kerja sama yang baik, partisipasi aktif dari setiap kelompok,
menghargai potensi setiap individu dan mampu mendengarkan nasehat dan
sugesti bawahan dan mengakui keahian para spesialis dengan bidangnya
masing-masing mampu memanfaatkan kapasitas setiap anggota seefektif
mungkin pada saat-saat dan kondisi yang tepat.
2. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru di MAN 2
Bone, sebagai berikut: Kepala sekolah sebagai educator/pendidik, kepala
sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader/pemimpin, kepala
sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala
sekolah sebagai motivator, kepala sekolah sebagai innovator.
B. Saran
1. Kepada kepala MAN 2 Bone dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk
terus menggembangkan lembaga yang dipimpinnya. Disarankan agar prestasi
yang sudah dicapai sekarang ini dapat di dedikasikan kepada sekolah ini,
sehingga kehadiran MAN 2 Bone ini dapat memberikan kontribusi yang
positif bagi kemajuan lingkungan disekitarnya.
2. Untuk guru-guru MAN 2 Bone, agar lebih menghargai pemberian motivasi
dari kepala sekolah, karena bagaimanapun kepala sekolah banyak berjasa
dalam meningkatkan kinerja guru walaupun masih ada hambatan-hambatan
yang dihadapinya.
Ketersediaan
| ST20170272 | 272/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
272/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
