Urgensi Metode Every One Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMAN 14 Bone
RAPIKA/02.13.1067 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Urgensi Metode Every One Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMAN 14 Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan metode every one is a teacher here pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 14 Bone. Untuk menjabarkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 14 Bone dengan menggunakan metode every one is a teacher here efektif meningkatkan motivasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memaham fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, psikologis, sosiologis, dan pedagogis maka menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berharap agar guru dapat memberikan pengajaran langsung kepada siswa karena tanpa pengarahan yang baik dan efektif, hasil yang diharapkan dalam metode every one is a teacher here tidak bisa tercapai karena seorang guru harus mampu menjaga rasa optimisme siswa agar siswa tetap dan lebih semangat dan termotivasi jika keliru dalam melontarkan argumen dan guru harus jeli pula dalam pemberian tahapan materi untuk menghindari titik jenuh siswa dan menerapkan bentuk-bentuk motivasi agar siswa lebih giat dan bersemangat.
Oleh karena itu, sebaiknya guru PAI di SMA Negeri 14 Bone menerapkan metode every one is a teacher here agar motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dapat meningkat
Simpulan
1.Bentuk pelaksanaan metode every one is a teacher here, peserta didik akan lebih bertanggung jawab untuk memahami setiap materi yang disampaikan, karena setiap peserta didik dituntut untuk dapat bertanya dan menjelaskan setiap materi yang disampaikan. Pada saat seorang peserta didik menjawab dan menjelaskan sebuah pertanyaan di depan kelas, peserta didik yang lainnya bisa memberi atau menambahkan tanggapan terhadap penjelasan temannya, sehingga akan tercipta suasana pembelajaran yang aktif serta bisa melatih mental peserta didik. Di dalam proses pembelajaran tersebut guru berperan sebagai fasilitator dan motivator, agar peserta didik lebih berani dan percaya diri dalam menjelaskan pertanyaan yang mereka peroleh didepan kelas.
2.Dengan adanya penerapan metode every one is a teacher here di SMA Negeri 14 Bone dalam meningkatkan motivasi siswa, mereka terlihat senang terhadap metode every one is a teacher here dengan adanya bentuk motivasi yaitu memberikan angka,hadiah,kompetisi,ego-Involment,memberikan ulangan, mengetahui hasil, pujian, hasrat untuk belajar, minat, dan tujuan yang diakui. Dengan adanya metode every one is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dulunya pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik merasa membosankan.
B. Implikasi
1.Dalam metode every one is a teacher here guru (pendidik) memiliki peran yang penting dalam memberikan materi ajar yang berkompeten kepada siswa karena siswa akan menjadikan tolak ukur pada menerima pembelajaran dan apa yang telah disampaikan. Strategi pembelajaran ini akan menggeser siswa saling membelajarkan. Oleh karena itu, pengajaran langsung dari guru akan jauh lebih efektif karena jika tanpa pengarahan yang baik, bisa terjadi cara belajar yang diharapkan dalam metode every one is a teacher here dan apa yang harus dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.
2.Seorang guru harus mampu menjaga rasa optimisme siswa agar siswa tetap semangat dan lebih termotivasi lagi jika salah dalam menyampaikan atau melontarkan argumen karena optimisme adalah Suatu sikap yang gigih dalam mengejar tujuan tanpa peduli adanya kegagalan dan kemunduran. Melalui metode every one is a teacher here seorang tenaga pendidik (guru) harus jeli pula untuk memberikan tahapan-tahapan untuk menhingdari titik jenuh siswa dan pula menerapkan bentuk-bentuk motivasi agar senantiasa siswa lebih giat dan bersemangat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memaham fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, psikologis, sosiologis, dan pedagogis maka menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berharap agar guru dapat memberikan pengajaran langsung kepada siswa karena tanpa pengarahan yang baik dan efektif, hasil yang diharapkan dalam metode every one is a teacher here tidak bisa tercapai karena seorang guru harus mampu menjaga rasa optimisme siswa agar siswa tetap dan lebih semangat dan termotivasi jika keliru dalam melontarkan argumen dan guru harus jeli pula dalam pemberian tahapan materi untuk menghindari titik jenuh siswa dan menerapkan bentuk-bentuk motivasi agar siswa lebih giat dan bersemangat.
Oleh karena itu, sebaiknya guru PAI di SMA Negeri 14 Bone menerapkan metode every one is a teacher here agar motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dapat meningkat
Simpulan
1.Bentuk pelaksanaan metode every one is a teacher here, peserta didik akan lebih bertanggung jawab untuk memahami setiap materi yang disampaikan, karena setiap peserta didik dituntut untuk dapat bertanya dan menjelaskan setiap materi yang disampaikan. Pada saat seorang peserta didik menjawab dan menjelaskan sebuah pertanyaan di depan kelas, peserta didik yang lainnya bisa memberi atau menambahkan tanggapan terhadap penjelasan temannya, sehingga akan tercipta suasana pembelajaran yang aktif serta bisa melatih mental peserta didik. Di dalam proses pembelajaran tersebut guru berperan sebagai fasilitator dan motivator, agar peserta didik lebih berani dan percaya diri dalam menjelaskan pertanyaan yang mereka peroleh didepan kelas.
2.Dengan adanya penerapan metode every one is a teacher here di SMA Negeri 14 Bone dalam meningkatkan motivasi siswa, mereka terlihat senang terhadap metode every one is a teacher here dengan adanya bentuk motivasi yaitu memberikan angka,hadiah,kompetisi,ego-Involment,memberikan ulangan, mengetahui hasil, pujian, hasrat untuk belajar, minat, dan tujuan yang diakui. Dengan adanya metode every one is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dulunya pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik merasa membosankan.
B. Implikasi
1.Dalam metode every one is a teacher here guru (pendidik) memiliki peran yang penting dalam memberikan materi ajar yang berkompeten kepada siswa karena siswa akan menjadikan tolak ukur pada menerima pembelajaran dan apa yang telah disampaikan. Strategi pembelajaran ini akan menggeser siswa saling membelajarkan. Oleh karena itu, pengajaran langsung dari guru akan jauh lebih efektif karena jika tanpa pengarahan yang baik, bisa terjadi cara belajar yang diharapkan dalam metode every one is a teacher here dan apa yang harus dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.
2.Seorang guru harus mampu menjaga rasa optimisme siswa agar siswa tetap semangat dan lebih termotivasi lagi jika salah dalam menyampaikan atau melontarkan argumen karena optimisme adalah Suatu sikap yang gigih dalam mengejar tujuan tanpa peduli adanya kegagalan dan kemunduran. Melalui metode every one is a teacher here seorang tenaga pendidik (guru) harus jeli pula untuk memberikan tahapan-tahapan untuk menhingdari titik jenuh siswa dan pula menerapkan bentuk-bentuk motivasi agar senantiasa siswa lebih giat dan bersemangat.
Ketersediaan
| ST20170291 | 291/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
291/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
